free page hit counter

Mengenal sertifikasi CCSP (Cisco Certified Security Professional)

Pencurian tak hanya terjadi di dunia nyata tetapi juga di dunia maya. Lalu, apakah yang dicuri dari dunia maya? Jawabannya tentu saja adalah data. Di zaman yang serba digital seperti sekarang ini, data dibutuhkan oleh siapa saja yang memanfaatkan teknologi informasi untuk aktivitas mereka. Untuk itu, keberadaan data harus dilindungi dengan keamanan data.

Keamanan data menjadi masalah yang cukup serius ketika kita berbicara mengenai pusat data. Bagaimana tidak, pusat data adalah pusat beribu atau berjuta macam data. Apa jadinya jika data ini dibobol? Siapa pun tidak ingin hal ini terjadi. Apalagi bagi para penyedia layanan pusat data. Sebagai penyedia layanan pusat data, sudah menjadi tugas mereka untuk memberikan keamanan bagi para klien yang telah mempercayakan data mereka.

Dengan reputasi yang baik dalam menjaga keamanan data mereka, tentu hal ini akan menjadi nilai plus tersendiri bagi sebuah vendor layanan pusat data. Lalu, bagaimana dengan Anda sebagai calon klien yang ingin menitipkan data ke pusat data tersebut? Anda bisa melihat apakah pusat data tersebut layak dipilih atau tidak dengan melihatnya dari sertifikat. Dalam hal ini sertifikat terkait keamanan. Sertifikat tersebut bernama Cisco Certified Security Professional. Lalu, apa sebenarnya sertifikasi ini?

Pengertian Cisco Certified Security Professional

Cisco Certified Security Professional merupakan sertifikat yang diberikan oleh para ahli di bidang teknologi informasi setelah mereka mengikuti serangkaian Training yang diperlukan untuk bisa mendapatkan sertifikat tersebut. Sertifikat ini dikeluarkan oleh Cisco, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi. Perusahaan ini sudah diakui reputasinya secara global sehingga dengan mendapatkan sertifikat dari perusahaan ini, maka kemampuan yang bersangkutan sudah tak perlu diragukan lagi.

Apa yang Dinilai Selama Training

Untuk berhasil mendapatkan sertifikat ini, seorang profesional harus melalui sebuah pelatihan yang berkaitan dengan software komputer, terutama yang berhubungan dengan keamanan. Tak hanya software, tapi juga perangkat keras dan juga aktivitas administrasi terkait masalah keamanan.

Pada umumnya, dalam pelatihan tersebut para peserta akan dibekali pengetahuan mengenai program-program anti malware. Malware menjadi masalah yang cukup serius dalam dunia teknologi informasi sehingga harus segera ditindaklanjuti. Walaupun tingkat bahaya setiap malware berbeda-beda, namun risiko suat pusat data terjangkit malware juga harus diminimalisir. Oleh sebab itu, dibutuhkanlah tenaga ahli sudah memiliki sertifikat ini.

Selain program anti malware, para peserta juga akan dibekali pengetahuan mengenai Firewall yang juga tak kalah penting. Tak hanya itu, ada beberapa hal lain yang akan diberikan pada program pelatihan tersebut termasuk masalah pemberian otorisasi, otentikasi, manajemen identitas, dan yang tak kalah penting adalah pengembangan kebijakan keamanan.

Untuk melengkapi pengetahuan para peserta, mereka juga akan dibekali tentang tata cara me-manage keamanan jaringan lokal atau LAN dan juga WAN. Kemampuan ini sangat diperlukan oleh perusahaan mana pun untuk menjaga data mereka. Tak heran jika seorang pemegang sertifikat ini memiliki kemampuan profesional dan tahu tentang tata cara bagaimana menjaga keamanan jaringan.

 

Namun, sejak tahun 2011 lalu, pihak Cisco telah mengeluarkan kebijakan mengenai penggantian nama sertifikat ini. Kini, namanya bukan lagi Cisco Certified Security Professional tetapi menjadi Cisco Certified Network Professional Security atau CCNP Security. CCNP sendiri tak hanya terdiri dari sertifikat terkait masalah keamanan, tapi juga CCNP Service Provider maupun CCNP Wireless. Jadi, jangan salah dalam menilai sertifikat sebuah layanan data yang ingin Anda pilih.

 

Photo credit: Tumisu (pixabay.com)