free page hit counter

Mengenal sertifikasi CDCP (Certified Data Center Professional)

Berbicara mengenai perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih kita pasti tidak lepas dari yang namanya data. Di zaman sekarang, data memainkan peranan yang sangat penting. Hampir di berbagai bidang. Terutama bidang teknologi informasi. Oleh sebab itu, data harus dijaga agar tidak hilang. Zaman sekarang bukan waktunya lagi menyimpan data dalam perangkat keras karena sudah ada teknologi cloud. Data yang Anda cadangkan pada cloud akan ditampung pada suat pusat data atau data center.

Bagi perusahaan besar, keberadaan pusat data sangatlah penting oleh sebab itu tak sedikit dari mereka yang memakai layanan pusat data atau bahkan membangun infrastruktur untuk pusat data mereka sendiri. Jika Anda salah satu pebisnis yang ingin mempercayakan data Anda pada suat layanan pusat data, maka ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Misalnya mengenai sertifikasi. Sertifikat yang dimiliki oleh suatu pusat data sangat penting untuk diperhatikan. Ada banyak macam sertifikat pusat data, salah satunya Certified Data Center Professional. Apa yang perlu Anda ketahui mengenai sertifikasi CDCP yang satu ini?

Apa Tujuan Pengadaan Sertifikat CDCP?

Setiap penyedia layanan pusat data harus memiliki sertifikat yang satu ini untuk membuktikan bahwa pusat datanya layak untuk dipakai. Adapun sertifikat ini akan diberikan pada manajer ataupun karyawan yang ada di pusat data tersebut. Jika berbicara mengenai layanan pusat data, kita harus kembali pada prinsip utama pusat data, yakni menyediakan data sewaktu-waktu sehingga pemilik data bisa mengaksesnya kapan saja. Oleh sebab itu, availability atau ketersediaan data menjadi sangat penting. Inilah tujuan utama pengadaan training untuk mendapatkan sertifikat tersebut.

Sebuah layanan pusat data harus mampu menjamin ketersediaan data mereka untuk klien semaksimal mungkin. Sertifikat CDCP ini bertujuan untuk memastikan bahwa layanan pusat data tersebut mampu memberikan ketersediaan dalam tingkat tinggi untuk klien mereka. Untuk bisa mendapatkan sertifikat ini, para peserta akan mengikuti sebuah training dan juga ujian selama duau hingga tiga hari.

Bagaimana Cara Mendapatkan Sertifikat Ini

Dalam training tersebut,  para peserta akan diberi pengetahuan mengenai komponen yang ada pada sebuah pusat data. Dengan komponen-komponen yang ada, peserta diharapkan mampu mengoptimalkan fungsi pusat data termasuk bagaimana mengatur power, sistem pendingin, perakitan kabel, dan bahkan sistem keamanan untuk pusat data. Selain untuk mendidik para peserta bagaimana mengoperasikan sebuah layanan pusat data, mereka juga akan diberi tahu bagaimana melakukan maintenance pada infrastruktur pusat data.

Apa Saja yang Dinilai dalam Sertifikat Ini

Ada banyak faktor yang membuat keberhasilan suat pusat data dalam memberikan ketersediaan maksimal. Selain menjelaskan tentang sistem pendingin maupun perakitan kabel seperti yang disebutkan dia atas, masih ada banyak aspek lain yang ikut mempengaruhi kelangsungan suat pusat data. Misalnya mengenai teknologi UPS atau Uninterruptible Power Supply. Karena “kehidupan” pusat data bergantung pada aliran energi listrik, maka akan terjadi masalah baru jika sumber listrik mengalami gangguan oleh sebab itu, di Training sertifikat ini mereka akan dididik bagaimana untuk mempertahankan fungsi pusat data walaupun sumber listrik utama mengalami gangguan, yakni dengan memanfaatkan teknologi UPS.

Karena dalam sertifikasi ini para peserta diberi pengetahuan untuk melakukan yang terbaik agar pusat data dapat berjalan optimal, maka jika Anda akan memilih layanan pusat data maka pastikan vendor tersebut memiliki sertifikasi yang satu ini.

 

Photo credit: Field Engineer (pexels.com)