free page hit counter

Mengenal Sertifikasi Cloud Engineer

Ketika akan menggunakan suat layanan, apa yang sering kali menjadi acuan Anda dalam menentukan nominasinya sebelum menjatuhkan pilihan pada vendor yang tepat? Tentu banyak faktor yang menjadi pertimbangan anda. Namun, ada satu yang menjadi alasan kuat kenapa Anda harus atau tidak harus menggunakan layanan tersebut, yakni bukti kualitas yang mereka berikan.

Selain mencari informasi mengenai layanan tersebut dari mulut ke mulut, Anda juga pastinya mencari tahu kredibilitas perusahaan melalui sertifikasi yang mereka miliki. Boleh dibilang, sertifikasi merupakan tolok ukur dalam memutuskan apakah perusahaan layanan tersebut dapat dipilih atau tidak. Termasuk ketika akan memilih vendor layanan cloud.

Cloud yang dianggap sebagai teknologi yang memainkan peranan sangat penting di dunia bisnis, membuat banyak pelaku bisnis yang beralih ke layanan ini dari metode penyimpanan konvensional. Nah, apakah Anda salah satunya? sebelum Anda memilih vendor layanan cloud, ada baiknya mencari tahu terlebih dahulu sertifikasi apa yang sudah mereka memiliki. Ada banyak jenis sertifikasi dalam teknologi cloud yang harus Anda ketahui. Berikut beberapa di antaranya.

Certification of Cloud Security Knowledge

Bagi pengguna layanan cloud, keamanan merupakan prioritas utama yang harus dipertimbangkan. Oleh sebab itu setiap penyedia layanan cloud harus memiliki sertifikat terkait masalah keamanan. salah satunya Cloud Security Knowledge. Sertifikasi ini dikeluarkan oleh Cloud Security Alliance. Perusahaan penyedia layanan cloud yang ingin mendapatkan sertifikasi ini harus mempelajari materi pada panduan CSA yang disebut Security Guidance for Critical Areas of Focus in Cloud Computing v3, dan Cloud Computing Risks Assessment dari ENISA.

Cloud Certified Professional

Sertifikasi ini dikeluarkan oleh CloudSchool.com. organisasi ini menyediakan sertifikasi cloud bagi untuk para vendor penyedia layanan cloud. Sertifikasi ini ditujukan untuk beberapa pihak sehingga ada banyak macamnya seperti Cloud Architects, Cloud Technology Professionals, Cloud Governance, Cloud Security, dan masih banyak lagi.

Untuk bisa mendapatkan sertifikasi ini, suatu vendor dapat mempelajari materi yang telah ditawarkan oleh CloudShchool di situs mereka. Bahak ada juga sesi belajar yang dipandu dengan seorang instruktur agar para peserta bisa lolos ujian untuk mendapatkan sertifikasi ini.

AWS Certified Solutions Architect

Sertifikasi ini dikeluarkan oleh Amazon. Sertifikasi Amazon Web Service ini bertujuan untuk menghargai para tenaga profesional di bidang teknologi informasi akan kemampuan mereka dalam mendesain, melakukan deploy, serta mengoperasikan infrastruktur. Dengan adanya berbagai macam skill tersebut, maka sertifikasi yang dikeluarkan oleh organisasi yang satu ini juga ada banyak seperti sertifikasi untuk arsitek IT, pengembang, operator, maupun profesional.

Untuk bisa mendapatkan sertifikasi ini, sebuah vendor harus memiliki pengalaman dalam bidang cloud computing minimal satu tahun lamanya. Sedangkan untuk level profesional, sebuah vendor harus memiliki minimal dua tahun pengalaman. Untuk memudahkan calon peserta, Amazon menyediakan material pembelajaran di situs mereka.

Pada umumnya, perusahaan yang sudah memiliki beberapa sertifikat tidak akan ragu untuk menunjukkan sertifikat mereka pada para calon pelanggan. Hal ini dengan alasan untuk membangun kepercayaan pada konsumen mereka bahwa perusahaan tersebut layak untuk Anda pilih. Selain itu, sertifikasi cloud engineer juga bisa menunjukkan keunggulan perusahaan penyedia layan cloud dibanding para pesaing lainnya.

Jika perusahaan tersebut tidak menginformasikan perihal sertifikasi mereka kepada Anda, Anda berhak menanyakannya karena itu menyangkut kualitas yang akan mereka berikan. Jadi, sudah siap memilih vendor terbaik untuk layanan cloud Anda?