free page hit counter

Meningkatkan Indeks Kebahagiaan Masyarakat Melalui Teknologi

Perjalanan perkembangan teknologi begitu pesat dari sejak pertama kali ditemukan hingga secanggih sekarang ini. Berbagai inovasi dilakukan untuk membuat teknologi terbaru. Adapun tujuan dari pembaruan teknologi yang dilakukan secara terus-menerus adalah untuk meringankan manusia dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Bisa kita lihat perbedaannya jika dulu semua serba dilakukan secara manual maka dengan adanya teknologi yang semakin maju, maka otomatisasi sudah bisa kita lihat di berbagai aspek kehidupan.

Dengan adanya teknologi, orang-orang dapat memenuhi kebutuhan mereka secara lebih praktis. Sudah menjadi rahasia umum bahwa kehadiran teknologi mampu menghemat energi, biaya, dan waktu yang harus dikeluarkan, jika dibandingkan dengan memakai teknologi manual. Jadi, tak heran jika teknologi mampu membuat masyarakat menjadi lebih bahagia. Berikut bagaimana cara meningkatkan indeks kebahagiaan masyarakat melalui teknologi.

Kehadiran Internet Mampu Menciptakan Kebahagiaan Pada Sebagian Besar Masyarakat

Menurut data yang dilansir dari CBS News sebanyak sembilan puluh persen orang mengatakan bahwa internet memberikan dampak yang cukup signifikan untuk kehidupan mereka. Hal ini bukanlah menjadi rahasia umum. Bisa kita lihat sendiri bahwa jaringan internet mampu membawa berbagai dampak cukup signifikan pada diri kita, termasuk cara manusia dalam berkomunikasi.

Dengan adanya internet, kini jarak yang jauh bukan lagi masalah karena seluruh orang dari seluruh dunia bisa terhubung dan berkomunikasi secara langsung. Hal ini tentu membawa perbedaan yang cukup besar. Zaman dulu, orang harus mengirim surat untuk bisa menyampaikan berita terkini ke tempat yang jauh sehingga perlu waktu berhari-hari hingga pesan tersebut sampai. Sekarang hal itu tidak lagi terjadi. Lamanya komunikasi antar benua hanya berselisih beberapa menit saja.

Internet Mampu Meringankan Aktivitas Masyarakat

Tak hanya dalam bidang komunikasi, internet juga memberikan dampak yang cukup besar bagi perkembangan dunia bisnis. Termasuk dalam hal ini adalah kemunculan fasilitas e-commerce. Jika dulu orang harus pergi berbelanja di toko secara langsung dan mengantre serta harus berjuang dengan kemacetan saat di jalan, maka dengan adanya internet hal tersebut jauh lebih praktis.

Dengan hanya gadget di tangan, Anda bisa berbelanja dari seluruh dunia dan tinggal menunggu hingga barang kiriman Anda sampai di rumah. Tentu hal ini membuat masyarakat bahagia karena kegiatan belanja dapat dilakukan dengan lebih praktis tanpa membuang-buang waktu dan tenaga.

Teknologi Juga Bisa Menjadi Bumerang

Setiap hal pasti ada sisi positif dan juga sisi negatif. Begitu juga dengan internet. Meskipun internet membuat kita lebih mudah terhubung dengan siapa pun di belahan bumi manapun dan juag membuat kita selalu update dengan informasi terkini, tapi tak menolak kenyataan bahwa internet juga bisa menjadi bumerang bagi kehidupan kita.

Kemudahan yang ditawarkan oleh internet membuat kita terlena sehingga kita pun mulai kecanduan dengan teknologi. Dalam hal ini contohnya adalah media sosial. Tidak sedikit kita lihat orang yang rela menghabiskan waktu mereka selama berjam-jam di depan layar gadget untuk melihat berita terkini dari orang lain. Selain membuat kecanduan, tak dipungkiri juga bahwa media sosial juga bisa menjadi wadah untuk tindak bully. Tentu hal ini cukup disayangkan.

 

Sekarang Anda sudah tahu bahwa teknologi memainkan peranan yang sangat penting untuk meningkatkan indeks kebahagiaan masyarakat. Satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah bahwa Anda harus mengontrol pemakaian teknologi karena kalau tidak, maka Anda justru akan kecanduan dan jika sudah kecanduan akan sangat sulit untuk menghentikannya. Yuk, cerdas dalam memakai teknologi!

 

Photo credit: Adrianna Calvo (pexels.com)