free page hit counter

Multisite Cloud Backup: Cara Fleksibel Cegah Kehilangan Data

Dalam menjalankan bisnis, tentu saja banyak data yang harus dikelola oleh tim IT perusahaan. Data tersebut memiliki tingkat kepentingan dan kerahasiaan yang beragam, mulai dari data internal karyawan hingga data yang berhubungan dengan pihak external atau pelanggan.

Untuk menjamin keamanan dan kredibilitas data, diperlukan tempat penyimpanan data yang layak serta memenuhi standar tertentu di perusahaan Anda. Tak hanya itu, Anda juga perlu memahami faktor dan bahaya dengan hilangnya data milik perusahaan Anda. Berikut penjelasannya.

Faktor dan bahaya hilangnya data

Banyak sekali faktor yang membuat data Anda bisa hilang seperti:

  • 1. Virus dan Malware

Dalam sebuah sistem penyimpanan, bisa saja terserang virus dan malware yang nantinya akan merusak sistem penyimpanan dan menghilangkan data milik Anda secara tiba-tiba.

  • 2. Terhapus Secara Disengaja/Tidak Sengaja

Yang namanya sebuah sistem, terkadang ada masalah yang tiba-tiba muncul tanpa Anda sadari dan malah membuat data-data di dalam terhapus secara disengaja/tidak sengaja.

  • 3. Masalah Firmware

Di dalam sebuah sistem penyimpanan, pasti ada firmware untuk menjaga sistem itu bekerja. Dan ketika ada masalah firmware, maka bisa membuat data-data milik Anda hilang seketika.

Tentu saja dengan banyaknya faktor yang bisa membuat data Anda hilang, bisa menimbulkan bahaya besar pada kemudian hari. Apalagi jika itu adalah data-data penting. Perusahaan Anda bisa dalam bahaya karena bisa terkena masalah besar seperti Google pada tahun 2015 yang terkena masalah kehilangan data karena faktor cuaca.

Untungnya sistem cloud membuat data-data milik Anda terjaga dengan sangat baik. Dengan server virtual dan sistem pengamanan yang sudah teruji, maka Anda tidak salah memilih sistem untuk backup data perusahaan.

Teknologi Cloud yang ada saat ini memungkinkan fitur penyimpanan data di dalam server virtual yang bersifat fleksibel. Proses penyimpanan data dari server utama dapat dilakukan terjadwal dengan ukuran kapasitas sesuai dengan kebutuhan. Lokasi Cloud yang terpisah dari server utama menjamin keamanan data terhadap serangan yang mungkin terjadi di lokasi server utama. Untuk memenuhi kebutuhan perusahaan dalam melalukan proses bisnis secara efisien, Multisite Cloud Backup bisa menjadi pilihan yang tepat.

 

Pentingnya Multisite Cloud Backup

Agar bisa mendapatkan backup data yang baik, Anda bisa menggunakan Multisite Cloud Backup yaitu metode backup di lebih dari 2 lokasi Cloud. Sehingga, ketika terjadi masalah pada kemudian hari di dalam cloud pertama, maka Anda masih memiliki cadangan data yang ada di cloud kedua.

Jika Anda tidak yakin dengan sistem backup yang biasa-biasa saja dan hanya tersedia di satu cloud saja, Anda bisa menggunakan Multisite Cloud Backup untuk setiap penyimpanan backup data perusahaan Anda. 

Dengan memanfaatkan teknologiMultisite Cloud Backup,  keamanan dan kredibilitas data Anda dapat terjaga dengan baik. Pelajari lebih lanjut bagaimana Lintasarta Cloud dapat membantu berbagai kebutuhan penyimpanan data sesuai dengan kebutuhan Anda!