free page hit counter

Panduan memilih penyedia SD-WAN yang tepat untuk perusahaan

Di tengah pandemi seperti saat ini, koneksi Internet menjadi kebutuhan utama untuk tetap terhubung dengan keluarga maupun rekan kerja. Beberapa operator di Indonesia bahkan melaporkan peningkatan trafik, utamanya untuk layanan berbasis broadband hingga 15%, selama work from home (WFH) diberlakukan, dibanding hari biasa. Hal ini juga diungkapkan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Telekomunikasi Indonesia (ATSI) yang dikutip Katadata, dimana kenaikan trafik data tercatat sekitar 10-15%.

Hal yang sama juga berlaku untuk perusahaan yang tetap beroperasi normal di masa WFH, meskipun tak semua karyawan dikerahkan. Misalnya sektor perbankan yang masih mengharuskan para karyawan untuk melayani pelanggan di tengah pandemi. Jaringan Internet di kantor terkait tentu harus selalu aktif, baik di kantor pusat maupun di kantor cabang agar sistem perusahaan tetap dapat berjalan dengan optimal.

 

Baca juga: SD-WAN: Bangun Sendiri atau Managed Service?

 

Terlepas dari kebutuhan tersebut, di mana ekonomi tak bisa diprediksi, perusahaan harus mengambil langkah strategis dalam mengelola pengeluaran termasuk dalam hal jaringan perusahaan. Untuk melakukan efisiensi jaringan, perusahaan dapat menggunakan SD-WAN yang sekaligus dapat diaplikasikan pada WAN (wide area network). Namun pemilihan vendor atau penyedia SD-WAN adalah hal penting yang perlu diperhatikan, agar tujuan untuk efisiensi jaringan bisa terealisasi dengan baik.

 

Tips memilih vendor SD-WAN yang tepat

 

SD-WAN adalah bentuk aplikasi spesifik dari teknologi software-defined networking (SDN) yang diaplikasikan pada koneksi WAN (wide area network) dan digunakan untuk menghubungkan jaringan perusahaan termasuk kantor-kantor cabang dan data center yang memiliki jarak geografis luas. Cakupan jaringan yang luas, utamanya untuk perusahaan yang memiliki kantor cabang di berbagai wilayah, memerlukan penanganan yang tepat. Disinilah peran vendor SD-WAN diperlukan untuk mengatasinya.

  • Pengelolaan Terpusat
    Jaringan yang dikelola oleh software akan mengurangi kompleksitas infrastruktur yang mendasarinya. Dalam pengoperasiannya, SD-WAN yang menawarkan solusi tersebut juga harus mudah digunakan dan dikelola. Sistem yang mengatur SD-WAN pun harus menampilkan konektivitas yang menyatukan semua jaringan perusahaan secara lengkap, dan dimulai dari WAN hybrid di kantor cabang ke infrastruktur Cloud. Sistem ini pun seperti menjangkau end-user yang menggunakan jaringan LAN berkabel maupun nirkabel. Vendor SD-WAN yang menawarkan pengelolaan terpusat ini akan memudahkan Anda dalam mengawasi jaringan perusahaan.

 

  • Orkestrasi
    Solusi SD-WAN yang efektif harus menerapkan orkestrasi berbasis software dan panduan bisnis yang ditetapkan di seluruh jaringan, mencakup WAN hybrid, Cloud, dan LAN kabel maupun nirkabel di kantor cabang. Sebagai informasi, orkestrasi di sini adalah konfigurasi otomatis, koordinasi serta manajemen sistem dan software. Sederhananya, vendor SD-WAN harus memberikan layanan otomatis seperti optimasi WAN yang didasarkan pada panduan bisnis Anda. Untuk orkestrasi ini, kriteria yang selayaknya dipenuhi oleh vendor SD-WAN di antaranya konektivitas otomatis yang aman ke dan antar jaringan Cloud ke jaringan kantor cabang, intergrasi sempurna dengan critical network service seperti optimalisasi WAN.

 

Baca juga: Solusi Lintasarta Managed SD-WAN mendukung Industri Logistik di masa Pandemi COVID-19

 

  • Implementasi secara remote
    Konsep SD-WAN yang berbasis Cloud dibutuhkan karena penggunanya tersebar dengan jarak yang jauh. Dengan demikian, solusi SD-WAN harus memiliki konektivitas dan struktur orkestrasi dari pusat manajemen ke tempat pengguna berada secara remote. Vendor SD-WAN juga seharusnya memiliki kemampuan untuk melakukan integrasi dengan router yang ada hingga peralatan lain yang mampu menyediakan jaringan cepat dan terpadu secara optimal.Selain itu akses Wi-Fi tamu harus dirancang cukup mudah dengan akses yang tetap cepat dan aman, guna mengantisipasi karyawan yang membawa perangkat sendiri.

 

  • Visibilitas Jaringan
    Visibilitas jaringan memiliki peranan penting khususnya dalam jaringan software-defined. Sebaiknya Anda memilih vendor SD-WAN yang menyediakan alat terintegrasi dan memberikan visibilitas end-to-end dari end-user ke Cloud.Visibilitas jaringan sangatlah penting, misalnya untuk pemilihan jalur ke aplikasi atau untuk memprioritaskan lalu lintas jaringan berdasarkan aplikasi, pengguna maupun lokasi. Visibilitas ini akan membantu Anda mengawasi lalu lintas jaringan, mengetahui aplikasi mana yang lebih sering digunakan pengguna, masalah apa yang terjadi pada jaringan hingga siapa yang menggunakan jaringan tersebut.

 

  • Melindungi bisnis Anda
    Tidak ada bisnis yang kebal terhadap peretasan. Namun demikian, upaya keamanan tetap perlu dilakukan perusahaan termasuk dari sisi jaringan. Keamanan SD-WAN sendiri seharusnya termasuk dalam paket layanan. Dukungan terpusat untuk keamanan yang sudah termasuk dalam paket yang disediakan vendor, dapat membantu menyederhanakan dan mengonsolidasikan manajeman peralatan jaringan secara keseluruhan. Hal ini penting, utamanya untuk kantor cabang dan lokasi lainnya.

 

Baca juga: Apa Itu SD-WAN dan Kenapa Anda Membutuhkannya?

 

Dengan pengalaman selama lebih dari dua dekade, Lintasarta dapat menjadi pilihan sebagai vendor SD-WAN yang tepat. Melalui Lintasarta Managed Service SD-WAN, solusi ini dapat membantu Anda menyediakan infrastruktur jaringan, perangkat SD-WAN, tenaga ahli yang profesional, serta memonitor dan memelihara perangkat lain sebagai penunjang teknologi SD-WAN.

Teknologi SD-WAN milik Lintasarta sendiri memiliki keunggulan lebih, berkat fitur High Performance Network yang berfungsi untuk mengatur alokasi trafik di setiap cabang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Dari sisi keamanan, Lintasarta Managed Service SD-WAN didukung dengan fitur Unified Threat Management (UTM) dan paket layanan tambahan Lintasarta Mobile Workforce VPN yang mampu menjaga keamanan jaringan perusahaan dari ancaman luar. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut jika Anda berminat menggunakan Lintasarta Managed Service SD-WAN.