free page hit counter

Pemanfaatan Cloud Computing Server Indonesia Untuk Sistem KRS Online di Universitas

Saat ini pendidikan berbasis IT sangat digalakkan oleh pemerintah. Salahnya pendidikan di tingkat perguruan tinggi yang membutuhkan sebuah system berbasis teknologi yang rapi guna mewujudkan pendidikan yang lebih maju dan memberi kemudahan bagi kalangan mahasiswa dan masyarakat akdemis. Saat ini pada umumnya universitas-universitas di Indonesia telah menggunakan system akademik berbasis online yang memanfaatkan teknologi cloud computing server Indonesia. Namun demikian, ketersediaan sumber daya manusia di dalam lembaga pendidikan sering kali menjadi alasan untuk penerapan system ini sehingga masih banyak sampai saat ini universitas-universitas yang melakukan kegiatan akademik nya secara manual.

Salah satu pemanfaatan cloud computing server Indonesia yang saat ini disenangi mahasiswa adalah system KRS online, system pengecekan nilai online dan sebagainya. Simple dan memudahkan. Para mahasiswa bisa melihat hasil ujian mereka kapan saja dan dimana saja melalui teknologi cloud computing yang sudah diimplementasikan dalam portal-portal akademik mahasiswa. Mengisi KRS dulu harus dilakukan secara manual dan repot kesana kemari, namun dengan adanya system komputasi awan tersebut, semuanya bisa dilakukan dengan lebih mudah dan efisien. Demikian juga dengan kegiatan belajar mengajar di kelas, penugasan dan sebagainya bisa dilakukan secara online dan lebih simple tentunya.

Penerapan teknologi komputasi awan atau cloud computing server Indonesia di bidang akademik telah memberikan banyak manfaat kepada masyarakat akedemik, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan efisiensi kerja karyawan dan birokrasi kampus, mengurus KRS misalnya tidak lagi dilakukan secara manual yang sungguh merepotkan. Mungkin Anda yang dulu merasakan mengisi KRS secara offline merasakan bagaimana repotnya berinteraksi dengan pegawai, meminta tanda tangan dari satu ruangan ke ruangan lainnya, sehingga pengisian KRS satu lembar saja memakan waktu berhari-hari lamanya. Namun itu semua sudah tidak dirasakan lagi dengan adanya pemanfaatan cloud computing server Indonesia yang lebih baik.
  2. Mengurangi beban mahasiswa baik secara ekonomi maupun mental. Intinya memang memudahkan semua pihak. Efisiensi biaya lebih tinggi. Dengan cukup duduk di dalam kamar di depan laptop, Anda sudah bisa mengisi kartu rencana studi. Tidak perlu ke kampus yang tentunya akan mengeluarkan biaya yang lebih. Petugas kampus pun lebih simple melihat data yang masuk.
  3. Melakukan perubahan pun lebih mudah karena dilakukan secara online. Biasanya jika ingin melakukan perubahan pengisian terhadap KRS misalnya, dibuat jadwal khusus yang juga akan membuat mahasiswa repot kesana kemari mencari dosen lalu meminta tanda tangan petugas dan sebagainya, belum lagi jika petugas tidak ada di tempat. Resiko terlambat akan terjadi dan mahasiswa biasanya akan jadi korban kena marah petugas. Inilah hal konvensional yang bisa dihapuskan dengan adanya system KRS online yang menggunakan teknologi cloud computing Indonesia.
  4. System online pada kegiatan akademik membuktikan sebuah universitas telah mampu dikelola berbasis IT sehingga membuktikan bahwa universitas bersangkutan telah siap bersaing secara global dalam hal teknologi. Dengan adanya teknologi yang lebih baik diharapkan kegiatan belajar mengajar di kampus akan lebih efisien lagi dan hasilnya para mahasiswa bisa mendapatkan hasil akademik yang lebih baik.
  5. System akademik online juga mengurangi anggaran biaya universitas, bisa lebih berhemat tentunya dan para karyawan pun bisa lebih bersantai dengan tugas-tugasnya. Diperlukan sumber daya manusia khusus yang lebih sigap dalam hal ini karena ternyata masih banyak petugas kampus yang tidak mahir dengan teknologi internet.

Jika Anda saat ini memiliki kampus yang masih dikelola secara manual, maka kini saatnya menggunakan layanan cloud computing server Indonesia untuk membuat univesitas Anda dikelola dengan basis IT. Ada banyak perusahaan penyedia cloud computing server Indonesia yang terpercaya. Pelayanan yang baik dengan harga yang sesuai dengan kualitas bisa Anda gunakan untuk meningkatkan efisiensi kerja dan pamor universitas di hadapan universitas lain. Teknologi akan membuat Anda sedikit lebih dipandang dari mereka yang tidak menggunakan teknologi. Jika ingin memiliki alumni yang handal dalam teknologi, mulai lah menciptakannya di lingkungan kampus.