free page hit counter

Pelanggan Baru atau Lama? Pemasaran Digital yang Cerdas Dengan Bantuan Teknologi AI

Pemasaran Digital teknologi AI

Di tengah tekanan anggaran, tim marketing harus mencari cara agar dapat melakukan kampanye pemasaran dengan lebih optimal. Berkat teknologi AI (artificial intelligence atau kecerdasan buatan), perusahaan yang hendak merencanakan kampanye pemasaran dapat melakukannya dengan lebih jitu dan efisien. Berbagai alat berbasis AI memungkinkan otomatisasi pada proses analisis data sehingga membantu praktisi pemasaran dalam membidik calon pelanggan baru dan lama.

Beberapa praktisi pemasaran mungkin akan terdorong untuk membidik pelanggan lama. Hal ini tidak mengherankan, karena biaya untuk mempertahankan pelanggan lama hanya seperlima biaya pelanggan baru. Pelanggan lama yang setia juga masih berpotensi membantu pemasaran lewat rekomendasi terhadap teman dan keluarganya.

Meskipun begitu, pelanggan baru tidak dapat diabaikan, terutama bila perusahaan berada dalam tahap perkembangan yang pesat. Beberapa sektor ekonomi dengan potensi akuisisi pelanggan lebih tinggi, seperti perbankan dan keuangan, juga harus memerhatikan upaya merebut lebih banyak pelanggan baru.

Baik untuk merebut pelanggan baru ataupun mempertahankan pelanggan lama, tim pemasaran harus melakukan kampanye pemasaran dengan efektif. Tim pemasaran harus dapat mengidentifikasi tipe calon pelanggan yang sesuai, lalu mempersiapkan rencana pemasaran yang paling jitu. Agar dapat menjaga loyalitas pelanggan lama, tim pemasaran harus mengetahui penawaran yang paling sesuai untuk para pelanggan setia.

Baca Juga: Lintasarta Intelligent Growth Analytics: Solusi digital marketing menghadapi New Normal

Ketika menggunakan AI untuk pemasaran, pengolahan data perusahaan menjadi kunci kesuksesan. Dalam banyak kasus, data milik perusahaan, tentunya termasuk data pelanggan, merupakan sumber daya yang tidak dimanfaatkan secara maksimal. MIT Technology Review mengklaim bahwa 99,5% data yang dikumpulkan perusahaan sama sekali tidak digunakan. Senada dengan itu, Gartner menyebutkan bahwa banyak perusahaan yang mengoleksi “dark data” atau data gelap, yang tidak diolah lebih lanjut. Dengan bantuan AI, pelaku bisnis dapat memperoleh wawasan yang lebih baik tentang produk dan pelanggan suatu perusahaan.

Menjaga kesetiaan pelanggan lama

Banyak perusahaan sudah mendapatkan data tentang pelanggan lamanya. Tidak hanya data pribadi, tetapi juga informasi tentang transaksi. Semua data ini dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesetiaan pelanggan lama.

Menjaga kesetiaan pelanggan lama ini tidak hanya berarti mereka akan tetap bertahan dengan produk lama, tetapi juga membeli produk baru. Misalnya, buat lembaga perbankan ini tidak hanya berarti nasabah tetap menyimpan uangnya di rekeningnya, tetapi juga memanfaatkan produk keuangan lain yang ditawarkan bank seperti kredit, investasi, atau asuransi. Teknologi pemasaran digital memungkinkan perusahaan untuk melakukan kampanye dengan lebih terarah, dengan hanya menawarkan produk yang paling sesuai untuk pelanggan tersebut.

Baca Juga: Teknologi AI: Tren Pendorong Transformasi Bisnis Tahun 2020

Merebut pelanggan baru

Dengan bantuan teknologi AI, data perusahaan yang ada juga dapat dimanfaatkan untuk merancang kampanye pemasaran yang lebih jitu. Berdasarkan data produk, profil pelanggan, dan data transaksi, tim pemasaran dapat mengetahui dengan lebih baik perilaku konsumen. Aplikasi berbasis teknologi AI dapat memberikan rekomendasi penawaran produk yang paling sesuai untuk tiap-tiap kelompok calon pelanggan. Perusahaan memperoleh kampanye pemasaran yang lebih efektif karena kampanye dilakukan dengan lebih terarah, dan kemungkinan kesuksesan akuisisi pelanggan baru lebih tinggi.

Baca Juga: Bagaimana Tingkatkan Pengunjung pada Sektor Pariwisata dengan Teknologi?

Lintasarta Intelligent Growth Analytics mendayagunakan kecanggihan teknologi AI untuk mendorong kampanye pemasaran Anda. Dengan bantuan Lintasarta Intelligent Growth Analytics, Anda dapat merumuskan kampanye pemasaran yang lebih efektif dan efisien, baik untuk meraih pelanggan baru ataupun menjaga kesetiaan pelanggan lama. Lintasarta Intelligent Growth Analytics praktis digunakan, karena tidak menuntut penggunanya untuk membuat kode script sendiri.

Bila Anda ingin tahu lebih lanjut bagaimana Lintasarta Intelligent Growth Analytics dapat membantu pemasaran perusahaan Anda, silakan hubungi kami.