free page hit counter

Pentingnya IaaS untuk Mempercepat Pertumbuhan Bisnis Anda

Menggunakan infrastruktur sebagai basis utama dalam memberikan layanan, IaaS (Infrastructure as a Service) lebih akrab disebut sebagai komputasi awan. Secara lebih lengkap, IaaS dapat diartikan sebagai layanan komputasi awan yang idealnya berupa suatu paket perangkat hardware komputer untuk virtualisasi, jaringan internet, bandwidth, dukungan alamat IP, keseimbangan beban, jaminan online secara real time, dan di-backup dengan sistem keamanan khusus.

IaaS dapat membantu Anda dalam memaksimalkan pertumbuhan bisnis. Mengingat sifatnya yang scalable, IaaS dapat membantu menyesuaikan kapasitas infrastruktur terhadap kebutuhan bisnis Anda. Tak hanya itu, IaaS juga dapat memberikan berbagai keuntungan ini kepada Anda.

Penghematan Biaya

Salah satu keuntungan utama yang akan Anda dapatkan dari IaaS adalah biaya infrastruktur yang relatif lebih rendah. Dengan menggunakan IaaS, Anda tak lagi perlu repot memasang berbagai hardware dan merawatnya. Belum lagi jika Anda harus mengganti hardware tersebut secara berkala. IaaS memungkinkan Anda untuk melakukan pembayaran sesuai kapasitas yang Anda butuhkan. Hal ini dapat terjadi karena model “pay as you go” yang diterapkan. Dengan begini, tak ada lagi pengeluaran yang berlebihan.

Skalabilitas dan Fleksibilitas

Idealnya, IaaS memiliki kemampuan untuk scale up dan scale down. Apabila ternyata Anda membutuhkan IaaS dengan kapasitas yang lebih besar, Anda bisa melakukan scale up. Namun, jika ternyata IaaS yang Anda gunakan memiliki terlalu banyak kapasitas, Anda bisa segeara melakukan scale down. Skalabilitas pada IaaS memungkinkan Anda untuk segera merespon perubahan yang terjadi pada bisnis Anda. Terlebih jika bisnis Anda baru berdiri, di mana kondisinya cenderung belum stabil sehingga ada banyak perubahan yang akan terjadi.

Time-to-Market yang Lebih Cepat

Apapun bidang bisnis yang Anda tekuni, kompetisi tak dapat dihindari. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan agar bisa unggul dalam kompetisi tersebut adalah dengan memiliki time-to-market yang lebih cepat. Nah, mengingat karakteristik IaaS yang scalable dan fleksibel, Anda bisa dengan mudah menyesuaikan diri sehingga pekerjaan dapat selesai lebih cepat. Hal ini tentunya akan berimbas positif terhadap proses marketing produk barang atau jasa Anda kepada pelanggan.

Dukungan DR dan Availibility yang Tinggi

IaaS memiliki sistem disaster recovery (DR) yang telah terkonsolidasi. Jadi, ketika ada hal buruk terjadi, Anda dan tim masih dapat mengakses infrastruktur data menggunakan koneksi internet dari mana pun. Hal ini juga mencakup seluruh hal yang dibutuhkan perusahaan, seperti email, aplikasi penting, atau web server. IaaS akan melakukan quick recovery tanpa ada satu data pun yang hilang.

Fokus terhadap Bisnis Anda

Proses mengembangkan bisnis membutuhkan fokus yang tinggi. Pada masa awal berdirinya bisnis, mungkin Anda harus membagi fokus terhadap banyak hal sekaligus. Dengan memindahkan infrastruktur pada model berbasis layanan seperti IaaS, Anda dan tim akan menghemat banyak waktu karena tak lagi harus repot melakukan maintaining hardware. Artinya, Anda bisa lebih fokus pada hal-hal lain yang terkait langsung dengan pertumbuhan bisnis, seperti melayani feedback pelanggan atau memikirkan strategi marketing selanjutnya.

 

Kelima poin di atas membuktikan bahwa IaaS dapat membantu Anda dalam mempercepat pertumbuhan bisnis. IaaS memungkinkan Anda untuk menghemat waktu, biaya, dan tenaga—lalu mengalihkannya untuk hal-hal lain yang membutuhkan fokus tinggi. Semoga bisnis Anda bisa segera tumbuh berkat penggunaan IaaS!

Photo Credit: StockSnap (Pixabay)