free page hit counter

Peran SD-WAN dalam membantu perusahaan membangun infrastruktur IoT

Beberapa tahun belakangan ini, Internet of Things (IoT) telah menjadi bahan perbincangan dan terus mendorong transformasi digital untuk beragam sektor bisnis. Global Data memperkirakan pasar IoT akan berkembang pada tingkat pertumbuhan tahunan gabungan sebesar 22,4% dan mencapai USD96 miliar di wilayah Asia Pasifik pada 2023.

Perangkat IoT sendiri akan berjalan dengan optimal di atas jaringan 5G. Namun mengingat banyaknya perangkat IoT yang akan dikerahkan sebuah perusahaan, diperlukan integrasi yang baik agar fungsinya berjalan dengan lancar, termasuk dari sisi jaringan. Untuk mengatasi kebutuhan yang berkembang dari sisi trafik jaringan IoT yang akan semakin padat, perusahaan perlu meningkatkan cakupan jaringan seperti menggunakan software atau SD-WAN sebagai pendekatan pragmatis.

 

Bagaimana SD-WAN berperan dalam pembangunan infrastruktur IoT?

 

SD-WAN adalah evolusi jaringan dengan cakupan yang luas. SD-WAN mendukung aplikasi yang di-hosting di banyak lokasi melalui semua jenis jaringan dan jenis koneksi penyedia layanan. Berikut 3 manfaat SD-WAN dalam membangun infrastruktur IOT:

 

    1. Keamanan

Masalah keamanan data sudah tentu menjadi perhatian utama dalam bisnis karena semakin maraknya serangan siber. Studi yang dilakukan perusahaan riset Ovum menekankan pentingnya bagi perusahaan untuk meningkatkan infrastruktur keamanan untuk memenuhi permintaan IoT, yang melibatkan pengamanan trafik end-to-end agar data terlindung dari ancaman siber.

Jaringan 5G akan memungkinkan aplikasi untuk beroperasi secara virtual, dan SD-WAN berperan mencegah akses yang ilegal atas informasi yang sensitif dalam dua cara yaitu isolasi jalur dan kontrol keamanan. Isolasi jalur akan memungkinkan perusahaan untuk mengatur lalu lintas. Dari sisi keamanannya, SD-WAN memungkinkan perusahaan mengontrol atau mencegah lalu lintas berdasarkan kriteria tertentu.

 

    1. Manajemen yang dirancang sederhana

Salah satu komponen dasar SD-WAN adalah platform manajemen terpusat yang mampu menyederhanakan kontrol jaringan pendukung IoT. Dalam metode konvensional, pengaturan perangkat baru akan memerlukan konfigurasi manual di setiap lokasi. Disertai dukungan otomatisasi, SD-WAN memungkinkan perangkat IoT untuk ditambahkan ke jaringan tanpa perlu memprogram ulang software dan mengurangi persyaratan operasional.

Dengan menggunakan template pra-konfigurasi, bisnis dapat dengan cepat membuat perubahan pada lalu lintas jaringan terlepas dari jumlah lokasi. Semuanya dilakukan melalui satu dashboard manajemen.

 

    1. Skalabilitas

Perangkat IoT berjalan dengan mengumpulkan dan mengirimkan data mentah kepada perusahaan untuk lebih memahami pelanggan. Meski implementasi 5G masih dalam tahap awal, firma riset Strategy Analytics mencatat rata-rata penggunaan data pelanggan di Korea Selatan pada jaringan 5G adalah 24GB pada Juni 2019, atau 2,6 kali lebih tinggi dibanding rata-rata pengunaan 4G dalam periode yang sama. Tren ini cenderung berulang di seluruh wilayah.

Lonjakan data itu akan menimbulkan tantangan bagi bisnis khususnya pada infrastruktur jaringan tradisional yang pada saatnya akan memengaruhi kinerja aplikasi dan pengalaman pengguna. Solusi SD-WAN yang modern dapat menghindari masalah itu karena memberikan teknologi jaringan yang dapat ditingkatkan atau sebaliknya, berdasarkan tingkat kebutuhan aplikasi.

Selain fleksibilitasnya, kerangka kerja SD-WAN menyediakan latensi yang rendah dan andal ke beberapa penyedia layanan Cloud. Artinya, SD-WAN dapat memenuhi persyaratan skala perusahaan yang diperluas tanpa mengurangi kualitas koneksi meski terjadi peningkatan jumlah perangkat yang terhubung.

 

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa SD-WAN akan memainkan peranan yang lebih besar dan menjadi standar teknologi jaringan di masa mendatang, mengingat akan semakin banyak perangkat IoT yang terhubung. Dengan demikian, perusahaan Anda perlu memilih solusi SD-WAN yang tepat dan sesuai untuk memastikan bisnis Anda tetap dapat bersaing.

Lintasarta Managed Service SD-WAN dapat memenuhi kebutuhan tersebut karena didukung dengan fitur Unified Threat Management (UTM) yang dapat menjaga keamanan jaringan publik dari ancaman luar. Tidak hanya itu, Lintasarta Managed Service SD-WAN juga memiliki dukungan High Performance Network yang berfungsi untuk mengatur alokasi trafik di setiap cabang sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan layanan Lintasarta Managed Service SD-WAN dalam membangun infrastruktur IoT, Anda dapat menghubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.