free page hit counter

Perkembangan Pemakai Data Center Colocation di Indonesia

data center colocation Indonesia

Saat ini yang sedang jadi perbincangan hangat adalah pengelolaan data secara online. Jika kita orang awan, pasti kita berpikir bagaimana mungkin data dari satu tempat bisa diakses ke tempat lainnya. Atau bagaimana kita harus menyimpan data yang jauh lebih mudah, aman dan minim risiko kehilangan. Kita ambil salah satu perusahaan yang menggunakan teknologi cukup canggih untuk menjalankan operasionalnya. Bank adalah salah satu perusahaan besar yang ada di Indonesia yang menggunakan TI untuk menjalankan bisnis. Tanpa teknologi tersebut pasti sangat sulit bagi bank untuk melayani masabahnya. Data center berperan dalam hal ini karena ada cukup banyak jaringan yang dimiliki pihak bank. Bank A misalnya, mereka memiliki 100 kantor cabang di Indonesia, bagaimana kantor pusat bisa mendapatkan data yang lengkap dari semua cabangnya?

Jika Anda menjadi pimpinan bank tersebut, Anda bisa mengambil langkah paling mudah untuk menyelamatkan asset perusahaan yaitu dengan menggunakan data center colocation Indonesia. Data center merupakan pusat data yang berfungsi untuk menyimpan data, menempatkan peralatan yang terkait dan juga menempatkan sistem komputer. Dari data center ini, kita bisa lebih mudah untuk menjalankan bisnis demikian juga bagi perusahaan perbankan. Dalam suatu perusahaan perancangan data center diharapkan bisa memudahkan operasional perusahaan yang terus-menerus. Karena itulah banyak perusahaan yang memanfaatkan data center. Penggunaan data center sendiri juga harus mempertimbangkan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Siapa saja yang memakai data center colocation Indonesia?
Pastinya kita ingin bekerja lebih cepat, tak peduli kita harus bekerja di perusahaan apa, dimana dan bagaimana. Sepertinya teknologi memang menjelma di semua bidang, bahkan untuk istansi pemerintah atau swasta, mereka juga memanfaatkan teknologi. Anda yang ingin lebih mudah dalam menjalankan bisnis, bisa memilih layanan dimana Anda bisa menempatkan server data center. Colocation server adalah salah satu layanan yang bisa dipilih bagi pelaku bisnis untuk menempatkan server-server mereka sehingga mudah diakses dan dimonitor.

Colocation membantu Anda untuk monitoring selama 24 jam serta Anda tidak perlu pusing bagaimaa harus merawat server tersebut. Perusahaan data center colocation Indonesia memberikan layanan yang berkualitas untuk kebutuhan para pemakai. Perkembangan bisnis online menjadikan data center menjadi bagian terpenting untuk pertumbuhan bisnis. Data center memang menjadi solusi tepat untuk mengurangi bahkan mencegah berbagai bencana yang bisa terjadi terhadap data perusahaan.

Bagaimana soal biaya?
Semakin besar perusahaan mana biaya untuk penempatan data center juga semakin besar, apalagi jika ingin layanan yang berkualitas. Karena data center, perusahaan bisa bertahan sekalipun terjadi bencana atau kerusakan akibat ulah manusia yang menyebabkan hilangnya data perusahaan. Soal biasa sepertinya bukan masalah bagi para pelaku bisnis, kita tentunya ingin yang terbaik, bukan? Jadi, mengapa kita harus pelit biaya jika ingin menyelamatkan asset perusahaan yang teramat penting? Saat ini layanan data center colocation Indonesia semakin berkualitas mengingat banyaknya vendor yang memberikan layanan serupa.

Jika dulu kita hanya melihan perusahaan perbankan saja yang menggunakan data center dan beberapa layanan lainnya yang serupa, saat ini hampir semua perusahaan menengah ke atas menggunakan data center. Perusahaan yang menjalankan operasional secara online, mereka membutuhkan fasilitas yang lebih mumpuni, hal ini bisa didapatkan dari penyedia layanan data center. Colocation menempatkan data center pada tempat yang seharusnya sehingga sangat membantu akses agar lebih stabil.

Bagaimana dengan pemerintah?
Pemerintah Indonesia selalu mendorong pertumbuhan teknologi untuk membantu ekonomi masyarakat. Layanan data center colocation Indonesia memberikan nilai lebih bagi pelaku bisnis untuk meningkatkan efektivitas dan juga efisiensi pertumbuhan perusahaan mereka. Pemerintah Indonesia turut andil dalam layanan ini karena memang penyimpanan data dengan TI mengandung risiko yang cukup besar. Jika kita sebagai pelaku bisnis tidak selektif, bisa jadi data kita justru dibajak pihak yang tidak bertanggng jawab. Data center colocation Indonesia memang menjadi solusi yang tepat, namun sebagai pelaku bisnis, Anda juga harus was-was dan lebih selektif memilih penyedia layanan TI yang berkualitas dan bertanggung jawab.