free page hit counter

Perluas Jangkauan Komunikasi Antar Lembaga Pemerintah Daerah dengan Cara Ini

komunikasi

Komunikasi antar lembaga pemerintah daerah sangat penting diperhatikan karena membawa banyak dampak dan manfaat. Mulai dari kunci percepatan pembangunan, jalan menuju penerapan otonomi daerah secara maksimal, hingga peningkatan transparansi yang dibutuhkan. Pentingnya jalanan komunikasi antar lembaga pemerintah daerah tersebut membuat jangkauannya harus diperluas. Bagaimana caranya? Berikut informasi lengkapnya!

Baca juga: Apa Saja Pilihan Komunikasi dan Konektivitas untuk Perusahaan Pertambangan?

Masalah yang sering muncul di lembaga pemerintahan

Jangkauan komunikasi antar lembaga pemerintah daerah yang kurang memadai menghasilkan berbagai masalah yang harus dihadapi. Salah satunya adalah terhambatnya laju investasi di sejumlah wilayah Indonesia. Masalah tersebut dikemukakan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang menilai bahwa kurangnya koordinasi dan komunikasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah merupakan salah satu faktor yang menghambat laju investasi tersebut.

Dalam lembaga pemerintah daerah, kurang luasnya jangkauan komunikasi tentu menyebabkan berbagai masalah. Misalnya, tidak ratanya informasi yang diterima antar lembaga pemerintah daerah. Oleh karena itu, perlu dilakukan perluasan jangkauan komunikasi antar lembaga pemerintah daerah untuk mengantisipasi dan menghindari berbagai masalah yang sering muncul di lembaga pemerintahan sehingga memudahkan penyelesaian masalah yang ada.

Solusi komunikasi

Memperluas jangkauan komunikasi antar lembaga pemerintah daerah tentu bukanlah hal yang mustahil. Beberapa perangkat bisa dimanfaatkan untuk mendorong perluasan jangkauan komunikasi antar lembaga pemerintah daerah tersebut, di antaranya seperti Radio Trunking maupun VSAT. Baik Radio Trunking maupun VSAT bisa menjadi solusi atas masalah terbatasnya jangkauan komunikasi antar lembaga pemerintah daerah saat ini.

Radio Trunking secara umum merupakan sistem radio dengan basis repeater yang menggunakan lebih dari satu frekuensi untuk satu atau lebih menara. Pengguna dalam hal ini secara semi-privat bisa mempunyai kanal tersendiri dalam melakukan pembicaraan secara grup. Dengan memanfaatkan sistem ini, jangkauan komunikasi antar lembaga pemerintah daerah akan menjadi lebih luas dan mendorong percepatan sampainya informasi yang dibutuhkan.

Baca juga: 5 Contoh Pemanfaatan Solusi ICT dalam Industri Perkebunan

Sementara itu, VSAT yang merupakan singkatan dari Very Small Aperture Terminal juga menawarkan manfaat yang sama, yakni sama-sama mendorong perluasan jangkauan komunikasi antar lembaga pemerintah daerah. Sistem komunikasi setelit yang melayani pengguna rumahan dan juga bisnis ini dapat menjangkau lembaga pemerintah di daerah terpencil sekali pun. Dengan begitu, penggunaannya benar-benar bermanfaat bagi perluasan jangkaun komunikasi yang dibutuhkan.

Manfaat komunikasi

Infrastruktur Indonesia yang masih terbatas memang menjadi salah satu tantangan terbesar dalam terbangunnya komunikasi antar pemerintah daerah yang baik. Kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan juga membuat jangkauan komunikasi ikut terbatasi. Namun, dengan memanfaatkan Radio Truking ataupun VSAT seperti yang sudah disebutkan di atas, masalah komunikasi antar lembaga pemerintah daerah dapat diatasi secara optimal.

Tentu, jangkauan komunikasi antar lembaga pemerintah daerah yang sudah diperluas mampu memberikan banyak manfaat. Manfaat komunikasi tersebut misalnya seperti informasi seputar kebijakan dan keputusan pemerintah yang bisa diketahui dengan cepat dan secara merata oleh lembaga pemerintah daerah. Berbagai hambatan seperti yang terjadi terhadap laju investasi juga bisa diatasi dengan adanya jangkauan komunikasi yang baik antar lembaga pemerintah daerah.

Baca juga: Peran Teknologi Modern untuk Mendukung Objek Wisata Sejarah

Dengan melakukan cara di atas, diharapkan lembaga pemerintah daerah dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan lebih maksimal. Berbagai hambatan yang mengakibatkan masalah dan keterlembatan terhadap lembaga pemerintah daerah juga dapat diatasi dengan memperluas jangkauan komunikasi. Produk Lintasarta VSAT bisa menjadi solusi yang layak dipertimbangkan. Semoga bermanfaat!