free page hit counter

Perluas Jaringan, Lintasarta Dukung Rencana Pitalebar

Source: flickr.com

Dalam rangka mencapai posisi sebagai negara berpendapatan tinggi tahun 2025, Indonesia membutuhkan dukungan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang memadai karena saat ini informasi menjadi sangat penting keberadaannya. Pada era ini, pola pikir masyarakat Indonesia masih menempatkan prasarana informasi dan komunikasi sebagai pelengkap dan pendorong harus menyesuaikan dengan kondisi gobal yang menuntut TIK menjadi salah satu fokus penggerak pembangunan.

PT. Aplikanusa Lintasarta sebagai ICT Total Solution Company berkomitmen untuk berkontribusi  memajukan perekonomian bangsa, salah satunya dengan menyediakan layanan komunikasi yang mudah diakses, cepat dan handal. Hal ini termasuk dukungan kepada program pemerintah melalui Rencana Pitalebar Indonesia (RPI) atau Indonesia Broadband Plan 2014-2019.

Program RPI 2014-2019 merupakan upaya pemenuhan akses internet dengan jaminan konektivitas selalu tersambung (always-on) dan mampu memenuhi standar kualitas layanan (QoS) serta kualitas pengalaman (QoE) pengguna. RPI menjadikan penyediaan, pengolahan dan pendistribusian informasi dilakukan secara lebih cepat, efisien, efektif, transparan dan akuntabel sehingga informasi tersebut tidak kehilangan nilai dan dapat menciptakan nilai tambah bagi masyarakat.

RPI harus dapat diakses dan dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat dan harus mengoptimalkan potensi dalam negeri dan berorientasi kepada pemberdayaan masyarakat agar pemanfaatan RPI menjadi lebih nyata.

Pada tahun 2019 ditargetkan fixed broadband mampu mengakses 71% dari total populasi rumah tangga dan 100% populasi gedung di Indonesia. “Agenda RPI yang dicanangkan oleh pemerintah sejalan dengan rencana Lintasarta untuk memperluas akses jaringan layanan komunikasi di seluruh pusat perbisnisan nasional,” ujar Arya Damar selaku Presiden Direktur Lintasarta.

Arya Damar mengatakan bahwa Lintasarta akan terus melakukan ekspansi salah satunya dengan meningkatkan penetrasi jaringan Fiber Optic (FO) hingga di seluruh Kabupaten/Kota pada tahun 2019. Hal ini merupakan dedikasi Lintasarta untuk secara konsisten menyediakan jaringan telekomunikasi yang berkualitas dan dapat diandalkan oleh para pelaku bisnis nasional.

Menurut Arya, Saat ini Lintasarta memiliki jaringan terrestrial di 120 kota (kawasan bisnis) yang terdiri dari media akses FO, Broadband Wireless Access (BWA), dan Radio Link. Khusus untuk jaringan FO, pada Juni 2015 akan melakukan penambahan jaringan baru di 50 kota dan tambahan 50 kota lagi di akhir tahun 2015. Sehingga, total akan ada penambahan 100 kota baru berjaringan FO Lintasarta di tahun 2015.

Lintasarta juga akan membangun coverage Lastmile  FO/GPON secara masif, sekitar 100 kota setiap tahunnya. “Program pembangunan 100 kota baru berjaringan FO Lintasarta setiap tahunnya akan menjadi solusi bagi para pelaku bisnis nasional yang memerlukan layanan ICT untuk mendukung ekspansi perusahaan di berbagai daerah,” katanya.

Sebagai salah satu pemain utama untuk penyediaan layanan komunikasi data, internet, dan IT Services di Indonesia, akses jaringan FO Lintasarta telah meliputi seluruh kota-kota besar seperti  Banda Aceh, Medan, Bengkulu, Padang, Palembang, Lampung, Batam, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Balikpapan, Makassar, Manado, Denpasar, Mataram.

Lintasarta memastikan siap untuk memberikan solusi bisnis yang dapat diandalkan untuk seluruh sektor industri mulai dari perbankan, asuransi, pembiayaan, minyak & gas, pertambangan, perkebunan, manufaktur, transportasi, logistik, hospitality, dan media.

Tidak terlewat, kualitas layanan after sales service menjadi fokus Lintasarta dalam memberikan pengalaman terbaik kepada para pelaku bisnis nasional. Melalui keberadaan, customer support 24 x 7, keberadaan kantor perwakilan di 44 kota di seluruh Indonesia, serta lebih dari 1.000 staff berpengalaman dan telah tersertifikasi, serta kepemilikan ISO 9001:2008 tentang standar internasional untuk sistem manajemen mutu menjadi jaminan kualitas layanan yang prima dan dapat diandalkan.

Lintasarta meyakini bahwa kenyamanan dan fokus dalam menjalankan bisnis utama menjadi hal mendasar untuk mendukung percepatan pertumbuhan bisnis perusahaan. Upaya memberikan layanan terbaik beriringan dengan komitmen Lintasarta dalam berkontribusi mendukung kemajuan perekonomian serta teknologi nasional.