free page hit counter

Petunjuk Sederhana Namun Efektif

image source : www.wired.co.uk

Banyak dari kita tidak pernah menyadari bahwa tidak ada kursus khusus tentang bagaimana mengoperasikan komputer atau gadget dengan efektif. Semuanya beranggapan bahwa kita pasti bisa menggunakannya. Kita utak-atik sendiri gadget yang baru kita beli. Tanya orang jika kita tidak tahu bagaimana caranya, atau jika ada bagian yang kita tidak tidak tahu. Ini karena semua beranggapan salah satu syarat utama gadget adalah harus mudah digunakan.

Menurut David Pogue, kita mempelajari perangkat teknologi dengan cara osmosis (menyerap) apa yang ada di sekitar kita. Kolumnis utama Yahoo Techology ini memberikan kita beberapa tips tentang hal-hal yang kita merasa tahu, padahal kita tidak tahu. Tips ini sederhana dan membuat kita bisa memanfaatkan perangkat teknologi kita dengan efektif dan efisien.

Ketika Anda sedang menjelajahi web ingin menggeser layar ke bawah, jangan gunakan mouse dan menggunakan scroll bar. Itu pemborosan waktu. Sebaliknya, tekan spasi. Tombol spasi menggeser satu halaman ke bawah. Tahan tombol shift untuk menggeser ke atas lagi.Ini bisa digunakan di semua browser untuk semua jenis komputer.

Ketika teks terlalu kecil, yang Anda perlu lakukan adalah menahan tombol Control dan menekan tombol plus, plus, plus. Itu membuat ukuran teks lebih besar setiap kali menekan Ini berfungsi pada semua komputer, semua browser. Serupa Anda lakukan tetapi menekan tombol minus, minus, minus untuk mengecilkan teks. Jika Anda menggunakan Mac, tahan tombol Command lalu plus atau minus.

Ketika mengetik pada Blackberry, Android, iPhone, jangan repot-repot mengganti tampilan ke tampilan tanda baca untuk memberi titik kemudian spasi dan membuat huruf kapital pada huruf berikutnya. Tekan saja spasi dua kali. Telepon otomatis menuliskan titik, spasi, dan huruf kapital.

Lalu soal ponsel. Jika Anda ingin menelepon seseorang yang Anda sudah telepon sebelumnya, yang harus Anda lakukan menekan tombol panggilan, otomatis nomor telepon yang terakhir Anda hubungi akan muncul, dan Anda dapat menelepon tanpa perlu memasukkan nomor lagi. Jadi Anda tidak perlu pergi ke daftar panggilan terakhir, jika Anda mencoba untuk menghubungi seseorang, cukup tekan tombol panggil lagi.

Sebagian besar dari Anda berpikir Google juga sebuah kamus. Ketik kata yang ada ingin tahu di kota. Anda bahkan tidak perlu klik apa-apa, definisi muncul saat Anda mengetik. Ini juga konversi unit dan mata uang. Sekali lagi, Anda tidak perlu mengklik hasil. Cukup ketikkan ke kotak, dan jawaban Anda muncul. Lalu soal kamera. Jangan repot untuk mengatur fokus. Tekanlah setengah tombol shutter, fokus akan muncul dan Anda tinggal klik setengahnya.

Ini bagi yang sering memberikan ceramah. Sering kali, para pendengar memilih untuk fokus ke slide yang ditampilkan dari pada ke Anda. Padahal waktu itu, Anda ingin pendengar fokus ke Anda. Ada cara yang mudah. Ini bisa dilakukan pada PowerPoint dan berfungsi di semua program. Hanya perlu tekan tombol B untuk blackout, itu akan mematikan slide dan memaksa semua orang melihat Anda. Lalu saat Anda ingin mereka melihat slide lagi, tinggal tekan kembali tombol B maka slide kembali tampak. Masih ada cara lagi untuk hal yang sama. Anda dapat menekan tombol W untuk whiteout, maka slide akan memutih. Untuk bisa mengembalikan lagi, Anda cukup menekan kembali tombol W.