free page hit counter

Pilihan layanan cloud Indonesia

layanan cloud

Layanan cloud merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer dan perkembangannya yang berbasis internet. Namun pada saat ini layanan ini tidak hanya menjadi salah satu software dalam komputer melainkan juga sudah merambah kedunia ponsel atau gadget yang lainnya. Ini merupakan salah satu software yang mampu mengcover berbagai penyimpanan data secara online langsung dari berbagai perangkat media yang digunakan. Ini juga menjadi perantara penggunaan dari keberadaan data center. Banyak menjamur software semacam ini namun pada dasarnya semua ini adalah layanan  online yang biasa digunakan untuk mengunggah dan juga  mengambil file personal dengan menggunakan perangkat lunak atau software. Dalam hal ini tentunya merupakan pengaplikasikan dari berbagai media online masa kini yang menganut pada perkembangan IT.

Menyimpan data secara online memang menjadi salah satu pilihan penyimpanan yang dianggap aman. Tetapi ini juga tetap memiliki resiko mengingat internet dapat diakses oleh siapapun dan kapanpun. Tetapi biasanya layanan cloud ini tetap menggunakan keberadaan akun yang dari para pemilik data. Maka jaminan keamanan dari layanan ini pada dasarnya terletak pada keamanan akun yang digunakan. Banyak sekali aplikasi yang berkembang sebagai layanan ini. Di berbagai aplikasi dan software ini tentunya menyediakan tempat penyimpanan  yang cukup untuk keperluan data yang semakin memakan ruang. Layanan  semacam ini tidak hanya menjadi pertimbangan bagi keperluan data personal melainkan juga banyak aspek yang lainnya.

Layanan penyimpanan data online yang dikenal dengan istilah cloud atau awan merupakan sistem penyimpanan yang menguntungkan bagi para penggunanya. Selain mudah dan praktis penyimpanan ini juga dapat dikatakan aman. Tentunya vendor penyedia layanan telah mempertimbangkan hal terkait penyimpanan tersebut secara detail. Seperti misalnya keamanan yang bebas retas dengan menyediakan akun yang mengandung privasi yang hanya dapat diakses oleh pemilik akunnya saja. Selain itu mereka juga memberlakukan password yang menjadi kunci utama keamanan. Para vendor ini juga menyediakan berbagai alternatif pengaturan berkaitan dengan masalah privasi para penggunanya. Keberadaan dari berbagai macam layanan ini dapat diterapkan dalam keseharian melalui jaringan internet baik sebagai software di komputer maupun perangkat IT lainnya.

Adapun banyak manfaat yang dapat diperoleh dalam penggunaan layanan cloud ini diantaranya skalability, manfaat yang satu ini merupakan salah satu nilai praktis yang dimiliki oleh layanan yaitu tidak perlu menambah atau membeli  peralatan tambahan ketika akan menambah kapasitas ruang menyimpanan seperti hardisk dan sebaginya. Aksesibilitas merupakan manfaat paling dicari para pengguna layanan internet yaitu dapat dengan mudah mengakses data yang diperlukan dalam layanan dimanapun dan kapanpun selama terhubung dengan koneksi internet. Dan ini merupakan satu hal yang sangat sesuai dan penting dalam pola hidup masyarakat masa kini yang penuh kemudahan atau sering dikenal dengan internet menggengam dunia sebagai kiasan berbagai hal mudah karena kinerja koneksi internet.

Keamanan dari penyimpanan data melalui layanan online ini memang mampu menjamin keamanan dari seluruh data yang disimpan. Seperti penjelasan sebelumnya ini merupakan layanan aman karena melibatkan akun dan sandi atau password  personal. Sehingga hanya di dapat diakses dengan akun tersebut. Sedangkan manfaat lain yang dapat dirasakan atau diperoleh bisa disebut dengan kreasi ini menjadi salah satu sorotan yang penting dimana adanya pengembangan kreatif secara langsung melalui aplikasi cloud. Ini adalah salah satu wujud upaya peningkatan berbagai aplikasi atau software  dalam menyimpan file atau data yang diinovasikan. Dalam mengguakan layanan cloud sebagai pilihan  penyimpanan data personal maupun data base tertentu akan dapat mengindarkan dari kecemasan para pemilik data. Karena sisi positif yang dimiliki sistem penyimpanan ini juga erat kaitannya dengan ketahanan penyimpanan, penyimpanan data online ini dapat menghindarkan kerusakan data atau kehilangan data bahkan saat terjadi gangguan seperti bencana dan sebagainya. Karena penyimpanan data ini bukan sebuah penyimpanan data fisik. Tetapi yang paling penting dalam penyimpanan ini adalah keberadaan dari koneksi internet yang harus memadai. Ini diperlukan pada saat proses penyimpanan dan juga proses aksesnya, sehingga akan selalu aman dan dapat diakses melalui koneksi penyimpanan  personal nya masing- masing.