free page hit counter

Seberapa Aman Penggunaan Cloud Bagi Pemerintah?

penggunaan cloud

Seiring berkembangnya zaman, data menjadi sangat berharga, dan dapat dibilang data  “is the new gold”. Dengan data, baik individu maupun institusi dapat menjadi sangat “powerful”. Maka dari itu, penyimpanannya pun menjadi salah satu hal penting yang harus di prioritaskan. Banyak pilihan terkait bagaimana cara menyimpan data ini, baik dalam skala kecil maupun skala yang besar. Salah satu pilihan fleksibel yang sangat digemari adalah Cloud.

Baca juga: [Infografis] Tips Memilih Layanan Cloud Computing untuk Perusahaan Anda

Apa itu cloud? Secara mudah, cloud dapat diartikan sebagai tempat penyimpanan data yang bisa dilakukan dengan komputer pribadi dan semua orang bisa melakukannya. Jika diibaratkan, cloud membuat Anda bisa menyimpan data dengan hanya mengunggah data tersebut secara mudah layaknya sedang mengunggah foto di media sosial. Semudah itu penggunaan cloud. Ada beberapa cloud yang sering digunakan, yaitu Google Drive dan Dropbox yang lebih fokus untuk penggunaan personal.

Tapi tidak hanya perseorangan, cloud juga baik untuk digunakan oleh pemerintah. Dengan sistem cloud, banyak hal menguntungkan yang bisa didapatkan. Namun, ketika berbicara mengenai pemerintah, maka dibutuhkan sistem yang aman. Pertanyaannya sekarang adalah seberapa aman penggunaan cloud bagi pemerintah?

Cloud bisa memuat banyak data

Sebelum masuk ke dalam penjelasan keamanan Cloud, ada beberapa keunggulan dari Cloud yang harus diketahui. Salah satunya adalah fitur fleksibilitas kapasitas yang dimiliki oleh Cloud. Institusi pemerintah tidak perlu khawatir dengan kapasitas  yang disediakan oleh Cloud., karena kapasitas yang dimiliki adalah tidak terbatas.Kapasitas ini akan menyesuaikan dengan kebutuhan yang dimiliki oleh pemerintah, tanpa perlu menunggu penambahan perangkat yang membutuhkan waktu (jika dibandingkan dengan server konvensional pada umumnya).

Cloud memudahkan koordinasi antar instansi

Keunggulan kedua dari cloud adalah kemudahaan dalam koordinasi antar instansi. Pemerintah tidak hanya memiliki satu instansi. Jelas, dengan banyaknya instansi yang mereka miliki, pemerintah memerlukan pusat penyimpanan data yang mudah diakses, saling terintegrasi dan bisa dikoordinasikan antar instansi dengan lebih mudah. Kemudahan akses dari manapun dan kapanpun, membuat ketersediaan data lebih terjamin.

Baca juga: Apa yang Harus Anda Perhatikan Mengenai After Sales Service dari Cloud Service Provider?

Untuk itu, cloud sangatlah penting untuk kelangsungan kinerja pemerintah sehingga memberikan hasil yang lancar dan cepat, seperti yang diinginkan oleh masyarakat.

Cloud lebih aman karena memiliki enkripsi khusus

Sekarang masuk ke dalam pertanyaan, “Seberapa aman penggunaan cloud bagi pemerintah?” Tenang saja, hal itu sudah diantisipasi oleh developer cloud yang ingin memberikan keamanan terkuat untuk kerahasiaan data-data yang ada di dalamnya.

Salah satu caranya adalah menggunakan enkripsi khusus. Enkripsi khusus yang disediakan perusahaan cloud sudah pasti sangatlah kuat karena enkripsi memberikan keamanan berlapis yang bisa menghindari dari serangan pihak luar. Enkripsi memang sangatlah dibutuhkan untuk pemerintah karena kerahasiaan data harus dijaga sepanjang waktu.

Cloud memiliki kemampuan back up data

Keamanan cloud juga didukung dengan kemampuan back up data yang baik. Banyaknya data yang tersimpan di dalam cloud pastinya perlu banyak keunggulan agar tetap terjaga tanpa adanya masalah berarti.

Selain penggunaan enkripsi khusus yang berguna untuk keamanan data di dalam cloud, back up data tentunya wajib dimiliki. Data-data yang sudah ada perlu dibuat backup agar ketika salah satu data hilang secara tiba-tiba, maka back up yang sudah ada bisa digunakan. Jadi, lebih baik mencegah dari awal, daripada harus kesulitan karena mendapatkan masalah di akhir.

Baca juga: Panduan Utama Penggunaan Cloud Video Conferencing

Melihat bagaimana cloud sangat berguna dan aman untuk pemerintah, Lintasarta menyediakan cloud service dengan berbagai fitur menarik seperti public cloud, private cloud, cloud backup dan cloud disaster recovery. Semua fitur tersebut bisa Anda sesuaikan dengan keinginan Anda sendiri. Lintasarta selalu memberikan pelayanan terbaik dalam dunia teknologi karena di sanalah keahlian mereka sejak lama. Hubungi kami di sini untuk mendapatkan informasi lebih detail mengenai Lintasarta Cloud.