free page hit counter

Selangkah Lebih Maju untuk Mengembangkan Bisnis dengan Data media Sosial

Ketika media sosial Facebook keluar untuk pertama kalinya, hampir semua penggunanya adalah anak muda. Tetapi ketika Mark Zuckerberg mulai mengembangkan Facebook menjadi lebih universal, sekarang hampir semua kalangan masyarakat sampai perusahaan menggunakan Facebook.

Untuk kalangan profesional, seperti perusahaan atau pebisnis Facebook bisa jadi salah satu alat marketing yang sangat kuat. Selain sangat mudah digunakan, Facebook bisa menjadi sarana untuk lebih dekat dengan pelanggan. Bahkan beberapa perusahaan besar di Amerika Serikat lebih memilih Facebook untuk mengumumkan hal-hal penting daripada website perusahaan. Tidak hanya Facebook, beberapa media sosial lain seperti Twitter, Instagram atau bahkan LinkedIn juga menjadi alat marketing yang sangat kuat.

Tetapi ada masalah yang terkadang muncul, yaitu masih banyaknya pebisnis muda atau pebisnis pemula di Indonesia yang masih tidak mengerti bagaimana mengoptimalkan media sosial dengan baik. Pertama mereka hanya sekedar melakukan posting setiap hari, lalu mereka tidak pernah melihat bagaimana interaksi di dalam kolom reply atau komentar. Hasilnya walaupun selalu di-update setiap hari, media sosial tidak berpengaruh apa-apa terhadap engagement ataupun penjualan.

Agar media sosial bisnis Anda lebih optimal dari sebelumnya. Sekarang kita akan mencoba membahas bagaimana cara mengoptimalkan media sosial untuk bisnis dan bagaimana cara menggunakan data media sosial untuk mengambil keputusan.

Media Sosial untuk Mengukur Efektivitas Kampanye

Media sosial merupakan salah satu cara yang pas bagi Anda pemilik usaha untuk mengetes keadaan pasar. Ketika Anda mempunyai barang baru, rebranding, promo ataupun diskon, mencoba menyebarkannya melalui media sosial adalah hal yang tepat.

Pertama di dalam media sosial, followers Anda dapat dipastikan sudah menyukai lini bisnis Anda. Jadi ketika Anda menyebarkan promo atau campaign di media sosial, ini bisa mengukur sejauh mana keberhasilan promo atau campaign Anda. Jika ternyata campaign Anda berhasil, Anda bisa melanjutkan dengan lebih melebarkan campaign. Tetapi jika yang terjadi sebaliknya, Anda bisa melakukan evaluasi mengapa campaign Anda tersebut tidak diterima oleh followers.

Media Sosial untuk Lebih Dekat dengan Pelanggan

Salah satu keunggulan dari media sosial adalah Anda bisa lebih dekat dengan pelanggan. Jika selama ini lini bisnis Anda ini berfokus kepada penjualan online, tentu aktivitas di dalam media sosial lah yang bisa menentukan bisnis Anda ini bisa berkembang atau tidak. Usahakan untuk setiap hari melihat aktivitas di dalam media sosial, entah itu hanya sebatas komentar atau melihat perkembangan likes/followers.

Tidak hanya itu, melalui media sosial Anda bisa mengetahui komplain pelanggan. Beberapa perusahaan besar seperti JetBlue, sangat serius dalam menangani komplain pelanggan. JetBlue adalah salah satu maskapai besar di Amerika Serikat, pada 2015 lalu ada pelanggannya komplain bahwa TV di depan kursinya rusak di Twitter. Tidak berselang lama, JetBlue ternyata membalas dan mengatakan akan mengganti dengan voucher terbang gratis.

Pentingnya Mengetahui Analisis Media Sosial

Salah satu hal yang sering dilupakan oleh para pebisnis adalah mereka sama sekali tidak melihat analisis media sosial bisnisnya. Padahal media sosial seperti Twitter, Facebook dan LinkedIn ini mempunyai analitik sendiri. Di Facebook ada Facebook Insight, di Twitter ada Twitter Analytics dan di LinkedIn ada Connections.

Di sana, Anda bisa melihat sangat dekat bagaimana aktivitas followers. Pertama dari jam berapa followers sering online, lalu tipe post mana yang paling banyak engagement. Dari sini, Anda bisa lebih berkembang dalam memanfaatkan media sosial untuk bisnis.

Media sosial memiliki potensi yang sangat besar untuk mengembangkan sebuah usaha. Tetapi ada beberapa hal yang benar-benar Anda mengerti, mulai dari bagaimana cara membuat caption, mengambil foto yang pas, sampai belajar analitik media sosial. Berapa pun likes atau followers Anda, hal yang disebutkan di atas akan sangat membantu Anda lebih mudah mengembangkan bisnis.

Photo credit: pixabay.com