free page hit counter

Solusi ICT Untuk Fokus di Core Bisnis

Source: flickr.com

Perkembangan bisnis yang sangat pesat menyebabkan ketatnya persaingan antar para pelaku industri di Indonesia, terlebih lagi dengan dimulainya era Masyarakat Ekonomi ASEAN atau pasar bebas ASEAN. Pasar bebas ASEAN bertujuan untuk menstabilkan perekonomian negara-negara di kawasan Asia Tenggara, ditandai dengan pertukaran barang dan jasa di Asia Tenggara yang berlangsung tanpa hambatan.

Hal tersebut juga berlaku di Indonesia, era Masyarakat Ekonomi ASEAN diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Dimulainya era Masyarakat Ekonomi ASEAN menjadikan tantangan tersendiri bagi para pelaku industri di Indonesia.

Para pelaku industri di Indonesia harus menyiapkan strategi untuk menghadapi daya saing yang semakin ketat pada era ini. Namun, hal tersebut juga bisa menjadi bumerang untuk Indonesia apabila tidak dapat meningkatkan daya saing. Era Masyarakat Ekonomi ASEAN menyebabkan para pelaku industri fokus pada bisnis utama agar dapat terus bertahan, sehingga pengelolaan operasional IT perusahaan diserahkan pada pihak ketiga.

PT. Aplikanusa Lintasarta sebagai penyedia teknologi komunikasi data, internet dan IT Services menawarkan solusi pengelolaan IT perusahaan melalui layanan Lintasarta Managed Services dan Lintasarta Private Cloud. Layanan ini menggunakan pola bisnis Opex (Operational Expenditure) yang tentunya bisa menekan budget perusahaan karena perusahaan tidak perlu melakukan investasi.

Penggunaan Opex ini ditujukan untuk menjaga kelangsungan aset perusahaan agar aktivitas perusahaan dapat berjalan dengan baik. Lintasarta Managed Services memastikan perusahaan dapat fokus dalam core business, efisiensi biaya melalui Opex model dan penerapan teknologi terbaru untuk tetap kompetitif di tengah persaingan pasar.

Lintasarta Managed Services memberikan layanan sesuai dengan kebutuhan yang terdiri dari Managed Network Services dan Managed IT Services. Managed Network Services terdiri dari Router, Firewall, Bandwith Optimizer, dan Encryptor/Decryoptor. Sedangakan Managed IT Services terdiri dari Server, Infrastructure Applications, Database, dam Email.

Ada banyak keuntungan ketika perusahaan menggunakan layanan Lintasarta Managed Services, diantaranya adalah perusahaan dapat fokus pada bisnis utama, berkonsep Opex model, monitoring dan dukungan 24×7 hari, single point of contact, dan tenaga IT yang telah tersertifikasi.

Solusi selanjutnya adalah Lintasarta Private Cloud sebagai inovasi pengelolaan data yang lebih aman dan sangat fleksibel. Contoh layanan Lintasarta Private Cloud adalah Infastructure as a Service (IaaS) dan Software as a Service (SaaS). IaaS menyediakan seluruh infrastruktur, termasuk fasilitas pusat data, hardware dan server. Sedangkan SaaS adalah layanan untuk aplikasi dan software yang dapat diakses melalui jaringan internet pribadi atau jaringan internet para konsumen. Lintasarta Private Cloud memastikan ketahanan terhadap kegagalan infrastruktur IT, manajemen tersentralisasi, mengurangi investasi yang tidak terpakai dan sumber daya IT profesional yang telah tersertifikasi.

Lintasarta Private Cloud juga memastikan pelanggan dapat fokus terhadap core business-nya karena berbagai kelebihan yang dimilikinya, diantaranya adalah kepemilikan 4 data center khusus cloud, berkonsep Opex model, tenaga IT bersertifikat standar internasional, corporate member dari Cloud Security Alliance (CSA), bersertifikasi CMSP (Cisco Cloud & Managed Services Program) dari Cisco, dimonitoring 24×7 hari dengan 99.9% SLA, Frost & Sullivan Indonesia Excellence Award 2014 untuk kategori Indonesia Infrastructure as a Service Provider of The Year (Indosat Group).