free page hit counter

Solusi Komunikasi Handal di Lokasi Offshore

Sektor minyak dan gas (migas) menjadi primadona bagi para pelaku bisnis dengan potensi hasil investasi yang sangat menggiurkan. Besarnya kekayaan sumber daya alam Indonesia menjadi faktor pendukung betapa strategisnya sektor yang satu ini.

Tak hanya di Indonesia, di pasar dunia, kawasan yang memiliki sumber cadangan minyak yang sangat besar seperti negara-negara di timur tengah laksana sebuah “gadis cantik” bagi negara-negara maju. Namun, keuntungan yang sangat menggiurkan tersebut tentunya disertai dengan tantangan yang tak kalah besarnya.

Tantangan utama yang dihadapi pelaku usaha di sektor migas terkait menjaga kelangsungan rantai nilai meliputi aktifitas eksplorasi, produksi, transportasi, dan pemasaran. Setiap tahunnya pemerintah bersama dengan DPR RI juga menetapkan target produksi minyak dan gas yang terus meningkat.

Lantas, apa solusi untuk menjawab tantangan para pelaku usaha di sektor migas ?, jawabannya adalah melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk menerapkan efisiensi di setiap perusahaan. Kelancaran arus komunikasi baik berupa data, suara, dan video dapat menunjang bisnis utama perusahaan.

Lintasarta sebagai ICT Total Solution Company dengan pengalaman lebih dari 27 tahun atau sejak tahun 1988 menawarkan sebuah kemitraan yang bertanggung jawab dan profesional. Lintasarta hadir dengan solusi layanan IT yang didukung tenaga kerja profesional, kelengkapan infrastruktur, dan jaminan keamanan yang terpercaya.

Lintasarta telah melayani lebih dari 1.700 mitra perusahaan dengan berbagai sektor industri, menghubungkan lebih dari 27.000 jaringan, dan memanfaatkan infrastruktur canggih berbasis Platform Next Generation Network (NGN). Pelanggan juga akan didukung dengan local support di lebih dari 44 kota yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia.

Khusus untuk sektor migas dengan ciri khas daerah operasi terpencil hingga ke tengah lautan baik berupa kegiatan eksplorasi maupun eksploitasi sangat cocok untuk menggunakan teknologi satelit. Komunikasi informasi dengan menggunakan layanan Lintasarta very small aperture terminal (VSAT) melalui media akses satelit dapat menjangkau wilayah operasi hingga daerah terpencil sekalipun.

Kebutuhan pengiriman atau akses data produksi yang real time dapat terpenuhi dengan layanan VSAT Lintasarta. Lintasarta juga memiliki layanan untuk lokasi offshore yaitu Lintasarta Sea Star.

Lintasarta Sea Star dengan taglineYour Reliable Mobile Connection on The Sea merupakan komunikasi satelit yang dilengkapi dengan fitur auto-tracking yang dapat stay-tuned kepada satelit yang sedang digunakan walaupun dalam kondisi bergerak. Lintasarta Sea Star menggunakan frekuensi C-Band dengan diameter antenna 2.4 meter.

Layanan ini bekerja dengan baik untuk area kerja sektor migas dan pertambangan yang berada di lautan seperti floating rig dan kapal. Melalui Lintasarta Sea Star, pelanggan juga dapat memaksimalkan penggunaan banyak jenis komunikasi seperti data, voice, termasuk video tanpa terputus.

Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, Lintasarta Sea Star tersedia dalam dua paket layanan yaitu Sea Star Advance Private dan Sea Star Advance Teleport.

 

Lintasarta Sea Star Advance Private adalah koneksi data dengan konfigurasi site-to-land dengan lokasi tujuan langsung di kantor pelanggan. Kecepatan data yang tersedia mulai dari 64 Kilobyte per second (Kbps) hingga 1 Megabyte per second (Mbps).

Lintasarta Sea Star Advance Teleport adalah koneksi data dengan konfigurasi site-to-land yang melalui hub stasion Lintasarta Jatiluhur. Koneksi tersebut kemudian di teruskan ke kantor pusat pelanggan menggunakan jaringan fiber optic Lintasarta. Kecepatan data yang tersedia mulai dari 64 Kbps hingga 2 Mbps.

Lintasarta juga memberikan jaminan kenyamanan dengan layanan maksimal melalui Service Level Availability (SLA) hingga 99,5%. Serta, keberadaan lokasi sales support di tujuh kota besar yaitu Medan, Duri, Jakarta, Balikpapan, Surabaya, Makassar, dan Jayapura.

Melihat kebutuhan pelanggan yang bervariasi, Lintasarta menyediakan solusi bisnis lainnya berupa jaringan pribadi multi layanan Virtual Private Network (VPN). Layanan VPN yang berbasis Internet Protocol (IP) dengan jaringan Multi Switch Label Protocol (MPLS) menggunakan jaringan Wide Area Network (WAN).

Layanan IP VPN memastikan fleksibilitas fasilitas untuk mengatur manajemen trafik komunikasi data dan informasi. IP VPN menggunakan media akses jaringan fiber optik Lintasarta secara khusus ditujukan untuk kebutuhan pelanggan di kota-kota besar seperti Medan, Jakarta, Surabaya, Denpasar, dan Makasar.

Sedangkan Lintasarta Sea Star dengan media akses satelit akan memenuhi kebutuhan akan kelancaran komunikasi data dan informasi di daerah terpencil.

Memilih Lintasarta dengan pengalaman dan keahlian yang telah teruji akan memberikan sebuah kenyamanan untuk bisa fokus kepada bisnis inti dan menghemat anggaran perusahaan.

Sebuah resiko yang besar di industri migas perlu dihadapi dengan serius dan dengan kesiapan di segala sektor pendukung. Sistem layanan IT yang prima dan dikelola dengan pihak yang profesional akan menjamin dukungan penuh akan kemajuan perusahaan di sektor migas.