Apa Saja Perbedaan Ethernet dan WiFi?

Ethernet adalah teknologi yang sudah eksis cukup lama. Namun, masih banyak dari Anda yang bingung dalam membedakannya dengan Internet. Ethernet adalah standar umum untuk menghubungkan kabel ke jaringan komputer. Perangkat yang menggunakan koneksi Ethernet, memanfaatkan jenis kabel tertentu untuk terhubung, mengirim dan menerima data dengan perangkat jaringan lainnya, serta untuk mendapatkan akses ke jaringan yang lebih luas seperti Internet.



Baca jugaAplikasi Bisnis Apa Saja yang Ideal untuk Layanan Metro Ethernet?



Dengan menggunakan koneksi Ethernet, Anda dapat menghubungkan dua perangkat secara bersamaan, atau membuat local area network (LAN) dengan beberapa perangkat. Praktik ini terdengar seperti WiFi yang tak membutuhkan kabel. Namun dibalik praktisnya WiFi, terdapat perbedaan antara Ethernet dengan WiFi. Lantas apa perbedaan Ethernet dan WiFi?  



Apa bedanya Ethernet dengan Wi-Fi?



Perbedaan Ethernet dan WiFi dapat dijabarkan dalam beberapa faktor seperti dari faktor kecepatan. WiFi menawarkan alternatif nirkabel atau tanpa kabel. Lain halnya dengan Ethernet yang membutuhkan kabel. Kedua metode ini memang memiliki kelebihan masing-masing.



Ethernet umumnya unggul dari sisi kecepatan dibanding WiFi. Kecepatan maksimum Ethernet berada di rentang 10 Mbps hingga 100 Gbps. Jika dibandingkan, jaringan WiFi memang jauh lebih lambat, di samping kekurangan lainnya seperti gangguan sinyal radio dan hambatan lain yang mengurangi kecepatan dan kualitas jaringan nirkabel.



WiFi dapat mengatasi hambatan fisik seperti dinding dan objek lain yang dapat menganggu atau menurunkan sinyal WiFi antar perangkat dan router jaringan. Akan tetapi, konsep ini bukan masalah bagi koneksi Ethernet apalagi jika Anda memiliki ruang untuk memasang kabel Ethernet.



Perbedaan lainnya muncul di sisi keamanan. Faktor ini merupakan masalah bagi jaringan WiFi karena jauh lebih mudah dapat diserang dibanding jaringan Ethernet, di mana Anda dapat mengakses secara fisik untuk menembus jaringan. Namun, bukan berarti Anda tidak dapat mengamankan WiFi. Anda tetap dapat mengamankan WiFi meskipun tak dapat menghilangkan serangan sepenuhnya.  



Baca jugaTransformasi Metro Ethernet: Dari kecepatan hingga efisiensi



Satu kelemahan Ethernet adalah kelebihan yang ditawarkan WiFi, yaitu memungkinkan perangkat mobile terhubung dengan praktis. Oleh karena itu, jaringan terbaik bagi perusahaan adalah mengombinasikan koneksi Ethernet untuk perangkat statis seperti komputer dan server. Koneksi WiFi dapat diterapkan untuk mengakomodir perangkat mobile seperti smartphone maupun tablet.  



Perluas Ethernet dengan Metro Ethernet



Seiring waktu, penerapan Ethernet semakin berkembang sehingga mampu mengakomodir perangkat secara lebih luas, seperti Metro Ethernet. Metro Ethernet merupakan singkatan dari metropolitan-area Ethernet. Perangkat ini merupakan jaringan Metropolitan-area Network (MAN) berbasis standar Ethernet yang jangkauannya lebih luas. Sederhananya, Metro Ethernet dapat diartikan sebagai sebuah teknologi Ethernet dengan cakupan yang lebih luas.



Baca juga: IEPL, Teman Tumbuh Global



Cara kerja Metro Ethernet mirip dengan Ethernet biasa. Hanya saja, jenis Ethernet ini memiliki jangkauan lebih luas. Dengan Metro Ethernet, Anda dapat membangun jaringan komunikasi yang lebih luas, misalnya untuk mencakup wilayah Jakarta hanya dengan Ethernet. Anda juga tidak harus mengandalkan WAN (Wide-area Network) atau MAN yang berbiaya tinggi.  



Lintasarta Metro Ethernet



Lintasarta Metro Ethernet dapat menjadi pilihan terbaik untuk menerapkan jaringan Ethernet di perusahaan Anda. Lintasarta Metro Ethernet melayani point-to-point dan koneksi point-to-multipoint, memungkinkan perusahaan seperti operator telekomunikasi, bank dan manufaktur bisnis, untuk menjangkau kantor cabang mereka yang berlokasi di beberapa daerah paling terpencil melalui solusi berbasis Ethernet Virtual LAN (VLAN).



Baca juga: Fungsi Metro Ethernet untuk perusahaan



Lintasarta Metro Ethernet akan bertindak sebagai jembatan atau hub antar lokasi yang menghubungkan LAN pelanggan yang berbasis di lokasi geografis yang berbeda. Metro Ethernet Network menyediakan layanan ini dengan menggunakan protokol Ethernet sebagai WAN dengan cara yang sama seperti LAN menggunakan protokol Ethernet.



Lintasarta Metro Ethernet menggunakan teknologi EPVL (Ethernet Virtual Private Line) dengan bentuk jaringan berupa point-to-point (P2P) dan point-to-multipoint (P2MP) untuk memastikan komunikasi efektif antara perusahaan dengan pelanggan sambil menghemat biaya yang dibutuhkan. 



Jika Anda tertarik untuk mengimplementasikan Ethernet untuk kepentingan bisnis Anda, Lintasarta Metro Ethernet dapat menjadi alternatif terbaik. Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih detail terkait Lintasarta Metro Ethernet.