lintasarta

March 26, 2020

Tips Tingkatkan Keamanan Siber Bagi Perusahaan

Ancaman keamanan siber saat ini masih menjadi salah satu hal krusial yang perlu diperhatikan oleh setiap perusahaan. Sebab, dampak kerugian yang dihasilkan tentu tidak sembarang dan berpotensi membuat bangkrut perusahaan.

Baca juga: Mengantisipasi Ancaman Siber pada Tahun 2020


Riset Frost & Sullivan bersama Microsoft pada 2019 menyebutkan satu serangan siber bisa memberikan kerugian sebesar Rp15 miliar bagi pelaku bisnis besar, sedangkan pelaku bisnis menengah dapat mengalami kerugian hingga Rp11 miliar. Tentu Anda tidak mau kerugian tersebut terjadi di perusahaan, bukan?

Guna meningkatkan keamanan siber bagi perusahaan, berikut beberapa langkah yang bisa diterapkan:

1. Mempersiapkan SDM


Faktor sumber daya manusia (SDM) atau man power sangat penting dalam pengamanan siber bagi perusahaan. Sudah banyak kasus kebobolan siber perusahaan karena ketidaktahuan, atau bahkan kecerobohan pegawai internal perusahaan itu sendiri. Belum lagi adanya kemungkinan perangkat pribadi pegawai digunakan untuk mengakses, menyalin, atau membagikan data perusahaan.

Oleh karena itu, setiap perusahaan wajib mempersiapkan SDM internalnya dengan pengetahuan dan pemahaman baik tentang keamanan siber perusahaan. Sebagai awal, perusahaan bisa meningkatkan kesadaran dan menyebarluaskan pengetahuan mendasar tentang keamanan siber perusahaan, seperti:

  • Tidak sembarangan membuka tautan (link) di email

  • Membuka lampiran dari pengguna tidak dikenal

  • Mengunduh berkas dan program dari sumber yang tidak bisa dipercaya dan sebagainya.


2. Jagalah aset


Oknum penjahat siber biasanya akan terus mencari celah keamanan yang berasal dari firewall, router, maupun perangkat IT lain, untuk menembus sistem keamanan sebuah perusahaan.

Baca juga: 4 Cara Membuat Public Cloud Lebih Aman dari Serangan Siber


Untuk mengantisipasi atau mencegah hal tersebut terjadi, sebaiknya perusahaan terus memastikan aset perangkat yang dimiliki telah terkonfigurasi dengan baik. Selain itu, pastikan juga software dan hardware selalu di-update secara berkala dengan menggunakan password yang aman.

3. Backup data dengan teratur


Tidak cukup hanya mem-backup data, tetapi perusahaan juga harus melakukannya secara teratur agar keamanan siber tetap terjaga. Serangan siber bisa datang kapan saja, tanpa bisa diprediksi. Jangan karena telah sekali atau dua kali mencadangkan data dan tidak pernah mendapat serangan siber, bukan berarti perusahaan tidak lagi perlu mencadangkan datanya di kemudian hari.

4. Gunakan solusi keamanan high end


Program antivirus memang sudah tidak terdengar asing bagi pengguna komputer atau digital gadget. Untuk penggunaan gadget pribadi atau bisnis skala kecil, program antivirus memang bisa memberikan peringatan dan perlindungan memadai terhadap serangan siber.

Sayangnya, keamanan siber perusahaan lebih dari sekadar memiliki program firewall atau antivirus. Pada level perusahaan sangat direkomendasikan menerapkan solusi keamanan high end untuk mendeteksi serangan siber. Solusi keamanan high end akan mencakup perlindungan jaringan surel, klien, lingkungan multicloud dan sebagainya.

5. Terapkan pengujian keamanan secara rutin


Solusi keamanan high end masih perlu ditunjang dengan pengujian secara rutin. Pengujian secara rutin dapat meliputi celah keamanan, penetrasi sistem, batas perimeter dan lainnya. Pengujian secara berkala dapat mendeteksi letak celah atau kelemahan dari sistem keamanan sehingga perusahaan bisa mengantisipasinya.

6. Gunakan VPN


Virtual Private Network (VPN) memang bak pisau bermata dua. Namun, dari satu aspek, VPN mampu mempersulit peretas dalam melacak koneksi yang perusahaan gunakan. Dengan begitu, penyerang siber sulit menyusup ke dalam jaringan yang hanya dilindungi oleh sistem standar.

Baca juga: Managed SOC: Solusi Pendukung Perbankan Digital


Seiring perkembangan teknologi, kejahatan siber akan selalu mengintai. Oleh karena itu, perusahaan wajib menjadikan keamanan siber sebagai prioritas. Jika Anda masih belum yakin untuk menerapkan keamanan siber di perusahaan sendiri, berbagai produk Lintasarta Security bisa menjadi opsi. Anda bisa menghubungi kami di sini untuk mengetahui info lebih detailnya.