free page hit counter

SSD Storage: Manfaat dan keunggulan pada Cloud atau Data Center

Sudah menjadi pengetahuan umum, Data Center berfungsi untuk menampung data pengguna. Meski data yang tersimpan banyak jumlahnya, Data Center harus cepat tanggap ketika diakses pengguna. Kecepatan akses data pada Data Center atau Cloud kini didukung dengan Solid-State Drive (SSD) Storage. Komponen ini mungkin kini tak begitu asing bagi kita karena media penyimpanan tersebut juga sudah banyak diterapkan pada perangkat seperti laptop atau personal computer (PC).

Lantas apa itu SSD Storage? SSD adalah perangkat penyimpan data yang menggunakan serangkaian Integrated Circuit (IC) sebagai memori yang digunakan untuk menyimpan data atau informasi. Bisa dibilang, SSD adalah alternatif pengganti Hard Disk Drive (HDD) karena memiliki manfaat yang sama, hanya saja SSD unggul di beberapa sisi. Kelebihan SSD dibandingkan HDD adalah dari sisi performa, baik kecepatan baca-tulis data maupun latency yang lebih rendah. Selain itu, kelebihan SSD yaitu memiliki daya tahan yang lebih kuat.

 

Baca juga : Hybrid Cloud: Solusi Ketika Private Cloud Anda Butuh Dukungan Ekstra

 

SSD Storage kini perkuat Lintasarta Cloud

 

Bertepatan dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Lintasarta yang ke-32 pada awal April ini, Lintasarta menghadirkan sejumlah inovasi baru untuk memperkuat lini bisnisnya. Tak ketinggalan, layanan Lintasarta Cloud yang kini mendukung teknologi terbaru memberi kesempatan pelanggan untuk upgrade Flash SSD Storage.

Hal ini merupakan program lanjutan dari tahun sebelumnya, untuk tetap memberikan pelayanan prima bagi pelanggan Lintasarta Data Center. Dukungan SSD Storage sebelumnya sudah dilakukan Lintasarta pada fasilitas Data Center di TB Simatupang, Jakarta Selatan pada 2019. Namun, kini pelanggan Lintasarta Cloud yang tehubung dengan site Lintasarta Data Center di Technopark, Tangerang Selatan memiliki kesempatan yang sama untuk melakukan upgrade Flash SSD Storage tanpa dikenakan biaya.

Dengan upgrade Flash SSD Storage, pelanggan eksisting akan mendapatkan benefit dari sisi kecepatan akses data. Hal ini juga sejalan dengan strategi Lintasarta yang mengedepankan penyediaan Flash SSD Storage sebagai media penyimpanan untuk kebutuhan VM produksi.

Secara teknis, kapabilitas Input/Output dan latency dari SSD mencapai 10 kali lipat lebih cepat dari spinning drive tradisional. Dukungan tersebut akan mempercepat proses akses aplikasi bisnis perusahaan yang mendukung pemberian hasil secara realtime. Dengan demikian, implementasi Flash SSD Storage di layanan Lintasarta Cloud akan memudahkan keseluruhan proses bisnis perusahaan sehingga menciptakan efisiensi dan produktivitas yang jauh lebih tinggi dibandingkan sebelumnya.

 

Baca juga : Apa yang Harus Anda Perhatikan Mengenai After Sales Service dari Cloud Service Provider?

 

Selain cepat, Lintasarta Cloud didukung sertifikasi keamanan

 

Perlu diketahui bahwa Lintasarta merupakan provider Cloud pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi PCI DSS Cloud Security diserahkan oleh TUV Rheinland pada pertengahan 2019. PCI DSS atau Payment Card Industry Data Security Standard adalah sebuah standar keamanan data pemegang kartu yang memenuhi persyaratan minimum untuk digunakan pada sektor keuangan, khususnya transaksi bisnis seperti credit card, debit card, dan lainnya.­­

Salah satu keunggulan PCI DSS adalah dapat membantu meminimalisir kerentanan dan melindungi data pemegang kartu. Untuk mendapatkan sertifikasi PCI DSS Cloud Security, diperlukan audit eksternal terkait dokumen, standar desain teknis dan non teknis secara end-to-end. Sebagai gambaran, untuk PCI-DSS Cloud, maka dari level lokasi fisik Cloud (Data Center), jaringan (network), perangkat (server), dan sistem di dalamnya harus memenuhi standar minimum yang ditentukan oleh lembaga standarisasi internasional.

 

Baca juga :4 Cara Membuat Public Cloud Lebih Aman dari Serangan Siber

 

Dari sisi keamanan dan sistem, sertifikat PCI DSS menjadi acuan untuk jaminan Service Level Agreement (SLA) dan keamanan data pelanggan yang disimpan di dalam Cloud server.

Dengan dukungan Flash SSD Storage dan sertifikasi keamanan tersebut, Lintasarta Cloud siap membantu berbagai perusahaan mengembangkan bisnis melalui teknologi. Silakan hubungi kami jika Anda tertarik free upgrade Flash SSD Storage Lintasarta Cloud atau membutuhkan informasi lebih lanjut terkait layanan Lintasarta Cloud.