Home Article Sulit mengakomodasi permintaan divisi lain? 5 Tips Produktif Menyelesaikan Pekerjaan

Sulit mengakomodasi permintaan divisi lain? 5 Tips Produktif Menyelesaikan Pekerjaan

0 97

Pekerjaan kantor sehari-hari memang banyak memakan waktu. Jam kerja 8 jam seakan masih kurang cukup untuk menyelesaikan pekerjaan harian kita sehingga Anda pun harus berpacu dengan waktu jika ingin menyelesaikan pekerjaan secara tepat waktu. Ketika ada divisi lain yang membutuhkan tenaga Anda untuk membantu mereka, Anda pun menjadi kelabakan karena sudah ada banyak pekerjaan yang menanti Anda. Mau tidak mau, Anda harus bekerja lebih produktif. Berikut tips yang bisa Anda lakukan.

Sebisa Mungkin Kurangi Multitasking

Banyak yang beranggapan bahwa bekerja secara multitasking bisa membuat pekerjaan cepat selesai. Mungkin hal ini manjur bagi beberapa orang, namun bagi yang kurang terbiasa justru akan membuat pekerjaan lainnya terbengkalai. Multitasking justru bisa membuat Anda sulit fokus terhadap satu pekerjaan sehingga memerlukan waktu lebih lama untuk selesai. Sebaiknya, selesaikan satu pekerjaan dulu kemudian baru beralih ke pekerjaan yang baru. Cara ini akan membantu Anda menyelesaikan pekerjaan lebih cepat.

Buat Jadwal Mengenai Prioritas Pekerjaan

Untuk menghindari multitasking, sebaiknya Anda membuat jadwal yang detil mengenai pekerjaan apa dulu yang harus Anda lakukan. Tempatkan pekerjaan dengan prioritas tertinggi di paling awal. Atau jika semua memiliki prioritas yang sama, maka lakukan pekerjaan yang paling mudah menurut Anda. Pekerjaan mudah memerlukan sedikit waktu untuk menyelesaikannya sehingga Anda bisa mengalokasikan waktu yang tersisa untuk pekerjaan lainnya yang lebih sulit. Jika Anda mengerjakan yang sulit terlebih dahulu, bisa-bisa waktu Anda akan lebih banyak tersita.

Mengistirahatkan Pikiran Saat Mulai Jenuh

Tak harus menunggu jam istirahat, ketika sudah 2-3 jam Anda bekerja tentunya akan merasa jenuh. Jangan biarkan kejenuhan ini semakin bertambah. Ketika Anda mulai merasa jenuh, coba carilah sesuatu yang bisa menyegarkan kembali pikiran Anda. Setiap orang memiliki cara yang berbeda. Cara simpel yang bisa Anda lakukan adalah misalnya dengan menonton video favorit atau membuka obrolan dengan teman. Bisa juga mencari informasi terkait hobi Anda. Lakukan selama 5 hingga 10 menit dan Anda pun bisa kembali bekerja secara lebih efektif.

Jangan Melewatkan Waktu Makan Siang

Mungkin Anda berpikir bahwa dengan melewatkan waktu makan siang, Anda bisa mengalokasikan waktu tersebut untuk bekerja lebih banyak. Justru hal ini salah besar. Anda harus tetap makan siang untuk memperoleh kembali energi yang telah terpakai sejak pagi untuk bekerja. Manfaatkan waktu makan siang ini dengan sebaik-baiknya untuk menyegarkan kembali pikiran Anda dan menabung energi agar Anda lebih produktif bekerja setelahnya. Jika Anda sudah selesai sebelum jam makan siang berakhir, maka boleh melanjutkan pekerjaan Anda.

Pastikan Meja Kerja Anda Nyaman

Percaya atau tidak, tingkat kenyamanan mempengaruhi produktivitas Anda. Agar Anda lebih produktif dalam bekerja, pastikan Anda mengatur meja kerja Anda senyaman mungkin. Meja kerja yang nyaman akan membantu Anda untuk lebih fokus. Sebaliknya, meja kerja yang berantakan akan membuat Anda enggan memandangnya sehingga menyebabkan semangat Anda menurun dalam bekerja. Meja yang rapi juga akan memudahkan Anda mencari barang yang diperlukan.

 

Bekerja memang bisa membuat Anda kelelahan. Meskipun hanya duduk di depan layar, tapi tetap lelah karena otak terus berpikir. Pikiran yang jenuh tentunya akan membuat produktivitas Anda menurun. Produktivitas yang menurun tentunya akan membuat Anda lebih lama dalam menyelesaikan pekerjaan. Dengan tips-tips dia atas, kini Anda bisa meningkatkan kembali produktivitas. Selamat mencoba!

 

Photo source: c1.staticflickr.com