free page hit counter

Tingkatkan Strategi Marketing Anda dengan Bantuan Media Analytics

strategi pemasaran

Populernya internet pada umumnya dan media sosial telah mendorong kehadiran brand dan perusahaan di media online. Namun pada saat ini kehadiran media online tidak hanya terbatas pada blog atau akun media sosial, tetapi juga membuka peluang untuk strategi marketing yang lebih efektif.

Baca juga: 3 Infrastruktur Penting dalam Pembuatan Sistem Credit Scoring Perbankan

Media analytics merupakan alat penting buat tim marketing setiap perusahaan yang hadir secara online. Dengan menggunakan media analytics,  tim marketing dapat dengan cepat memperoleh data antara lain tentang isu, tren, perilaku pelanggan, dan kompetitor, tidak hanya dari media sosial tetapi juga dari media online pada umumnya. Pada gilirannya, data ini akan berguna untuk membantu merumuskan dan mengeksekusi strategi marketing dengan lebih baik.

Dalam merumuskan strategi pemasaran online, pertama kali Anda tentunya sudah harus menentukan sasaran bisnis, yang kemudian diterjemahkan sebagai sasaran pemasaran di media online.

Dari sasaran pemasaran ini, Anda bisa menentukan metrik/KPI (key performance indicator) yang sesuai untuk media online. Platform media analytics, seperti yang ditawarkan Lintasarta, menyediakan berbagai jenis metrik yang bisa menjadi KPI, namun belum tentu semuanya relevan dengan strategi pemasaran Anda.

Mari kita lihat beberapa fitur media analytics dan bagaimana mereka bisa membantu merumuskan strategi pemasaran yang lebih ampuh.

Melakukan riset pasar dan calon pelanggan

Riset pasar sangat penting untuk dapat merumuskan strategi marketing yang mengena dan lebih tepat sasaran. Kita bisa mendapatkan informasi dasar seperti lokasi geografis dan demografis calon pelanggan. Selanjutnya, media analytics dapat membantu mengumpulkan data yang relevan dengan mendengarkan percakapan di media sosial (social listening).

Baca juga: Selangkah Lebih Maju untuk Mengembangkan Bisnis dengan Data media Sosial

Media analytics memungkinkan pemantauan reaksi publik (sentiment analysis) terhadap suatu brand atau kompetitor, dan pada gilirannya membantu kita menentukan kebutuhan, pereferensi calon pelanggan, serta mempertahankan dan meningkatkan reputasi brand yang dimiliki.

Menganalisis kompetitor

Kehadiran kompetitor tidak bisa diabaikan ketika kita hendak merencanakan strategi marketing, termasuk kehadirannya di media sosial dan online media. Data tentang pesaing dari media analytics akan membantu kita untuk melihat keunggulan dan kekurangan eksekusi strategi marketing dan aktivitas pemasaran mereka di media sosial. Ini akan membantu kita untuk melihat ancaman dan peluang yang bisa dimanfaatkan lebih lanjut.

Pilih metode dan kanal yang sesuai

Media analytics bisa membantu mendapatkan respons dari publik tentang strategi marketing campaign yang sudah atau tengah berjalan. Anda mungkin perlu beradaptasi berdasarkan data yang didapatkan. Sebagai contoh, jenis konten yang populer di Twitter belum tentu cocok untuk di Facebook. Dari data seperti engagement atau reach, Anda bisa memilih dan menyesuaikan konten yang cocok untuk tiap kanal media sosial ini. Konten yang telah dirilis kemudian dapat diukur efektivitas dan responsnya di media sosial (hashtag monitoring).

Anda juga bisa mengidentifikasi kanal media tempat audiens Anda lebih aktif, dan kemudian lebih memfokuskan perhatian di sana.

Identifikasi media promosi

Populernya media sosial telah berdampak mendalam pada kelakuan pelanggan. Pelanggan tidak hanya berhenti pada membeli atau menjadi pelanggan setia, tetapi juga melakukan advokasi dan promosi kepada teman-teman dan sejawatnya. Ini dilakukan lewat komentar di media sosial, posting blog, review produk, yang pada gilirannya akan mempromosikan lebih lanjut produk dan layanan yang dia gunakan.

Baca juga: 5 Keuntungan Utama Menggunakan Cloud Infrastructure bagi Industry Supply Chain

Media analytics dapat menjadi penunjang strategi marketing Anda dengan mengidentifikasi akun-akun media sosial mana saja yang punya pengaruh lebih besar, dan bisa mempromosikan lebih banyak isu yang terkait dengan produk dan layanan milik perusahaan. Tim marketing bisa merangkul akun-akun ini dalam strategi pemasarannya.

Bidik konten berdasarkan ketertarikan dan tren

Dengan bantuan media analytics kita bisa menemukan isu yang populer atau viral saat ini, baik di media sosial ataupun media online pada umumnya. Media Analytics dari Lintasarta misalnya mampu melacak tren terkini yang terkait dengan produk atau brand Anda. Pada gilirannya, isu yang sedang populer atau viral tersebut dapat menjadi bahan untuk menciptakan konten yang sesuai.

Anda tidak harus menciptakan konten baru. Konten lama yang terbukti mendapatkan engagement baik bisa diangkat kembali. Bila Anda memiliki konten lama yang kebetulan cocok dengan isu terhangat, konten tersebut bisa saja dipromosikan lagi. Tertarik melakukan strategi marketing dengan menggunakan Media Analytic dari Lintasarta? Hubungi kami di sini untuk penjelasan lebih lengkapnya.