free page hit counter

Tips Mencegah Data Center Terhindari Dari Bahaya Petir

Sekitar empat bulan yang lalu kita dikejutkan dengan kabar bahwa data center milik Google disambar petir. Bahkan kejadian naas yang terjadi pada tanggal 20 Agustus kemarin terjadi hingga 4 kali secara berturut-turut. Padahal bisa dibayangkan jika data center yang dimiliki oleh Google tentunya bukan sembarang data center, tapi kenapa masih saja bisa terkena petir, bagaimana dengan data center Anda? Maraknya pengguna data center membuat data center Indonesia market semakin meningkat. Namun, masalah keamanan terhadap pusat data tersebut memang harus diperhatikan. Jangan sampai data center yang Anda miliki juga bernasib naas seperti Google.

Kerusakan data center karena petir

Petir bisa menghancurkan beberapa komponen listrik, barang elektronik dan juga data center. Seperti yang dialami oleh Google, karena sambaran petir tersebut Google harus melakukan beberapa perbaikan. Setidaknya ada 5% perangkat yang mengalami kerusakan diantaranya harddisk server yang tidak berfungsi lagi baik digunakan untuk membaca data ataupun untuk menulis data. Pada umumnya kenaikan data center Indonesia market disebabkan semakin banyaknya perusahaan yang beralih ke cara lebih modern dan professional dengan menggunakan pusat data sebagai penyimpanan data penting mereka.

Jika data center terkena petir bisa jadi data yang ada didalamnya ikut hilang atau tidak bisa diakses. Pastinya Anda tidak ingin kehilangan data yang sangat berharga, apalagi seluruh data perusahaan telah tersimpan rapi pada  data center. Pada kasus yang dialami Google 4 bulan lalu, mereka kehilangan sedikit sekali data. Namun, eprbaikan tetap harus dilakukan agar data center benar-benar aman dari ganguan petir. Kejadian ini bisa menjadi satu masukan bagi perusahaan yang akan memilih pusat data di data center Indonesia market. Perusahaan harus benar-benar bisa memilih perusahaan data center yang berkualitas.

Mencegah bahaya petir pada data center

Mencegah lebih baik daripada kita harus memperbaikia data center, karena itu dari kejadian yang di alami oleh Google tersebut, Anda bisa mengantisipasi terjadinya kerusakan pada data center karena petir dengan beberapa hal dibawah ini.

  1. Pilih tempat data center strategis

Penempatan data center haruslah tepat, artinya terbebas dari ancaman bencana alam seperti gempa, banjir dan juga petir. Jika lokasi data center berada di daerah yang rawan terkena petir pastinya hal ini berpotensi besar terhadap kerugian yang ditanggung perusahaan. Anda bisa memilih data center Indonesia market yang benar-benar memberikan fasilitas terbaik terutama lokasi yang tepat untuk data center.

  1. Memilih perusahaan data center berkualitas

Bisa saja Anda meletakkan semua tanggung jawab data center kepada pihak lain, namun pastikan bahwa perusahaan tersebut benar-benar berkualitas. Perusahaan data center yang bisa Anda dapatkan di data center Indonesia market cukup banyak sehingga Anda harus benar-benar memilih perusahaan yang berkualitas terutama dari tingkat keamanannya. Semakin bagus tingkat keamanan yang dimiliki oleh perusahaan data center maka semakin kecil potensi kerugian Anda terhadap bahaya petir atau bencana lainnya.

  1. Monitoring

Monitoring terhadapdata center sangat penting mengingat saat ini banyak kejadian yang tidak bisa diprediksi demikian juga kejadian yang menimpa Google. Anda bisa memilih perusahaan IT di data center Indonesia market yang memberikan layanan monitoring secara teratur pada data center Anda. Monitoring data center bermanfaat untuk mencegah terjadinya kerusakan pada data center sehingga data center bisa bekerja maksimal.

  1. Pengaman anti petir

Pengaman anti petir pada data center sangat penting, alat ini bisa mencegah terjadinya kerusakan pada data center yang diakibatkan oleh petir. Untuk memilih peralatan perlindungan anti petir, Anda bisa memilih pengaman yang berkualitas. Dengan alat ini maka data center bisa terhindar dari sambaran petir yang bisa merusak data perusahaan.

Pertumbuhan data center Indonesia market dari tahun ke tahun ini harus dibarengi dengan kualitas layanan perusahaan IT. Anda juga harus memastikan bahwa data center yang Anda miliki benar-benar aman dari bahaya petir, banjir, gempa atau bahaya lainnya.

Bagaimana, apakah data center Anda sudah memiliki sistem pengamanan anti petir yang tepat?