free page hit counter

Tips Mengukur Kinerja Tim Anda Menggunakan Aplikasi Berbasis Cloud

Memiliki sebuah tim yang solid adalah dambaan setiap karyawan. Dengan tim yang solid, semua masalah seakan bukan lagi menjadi halangan ketika masalah datang menghantam. Perusahaan yang memiliki banyak tim solid yang bisa diandalkan, tentu tidak mengalami kesulitan ketika akan membawa perusahaan ke tingkat yang lebih lanjut. Tim yang produktif adalah ujung tombak pertumbuhan perusahaan ke arah yang lebih lanjut,

Namun, jika ternyata tim tersebut kurang maksimal dalam memberikan kontribusi untuk perusahaan, tentu saja hal tersebut bukanlah pertanda baik. Performa tim yang menurun akan membuat produktivitas perusahaan juga menurun. Oleh sebab itu, penting untuk selalu mengevaluasi performa sebuah tim agar tim bisa tetap terkontrol. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengukur kinerja tim di perusahaan Anda.

Update Hasil Kinerja Melalui Cloud

Buatlah sebuah form evaluasi yang akan diisi oleh masing-masing anggota tim. Kita tahu bahwa kinerja tim yang satu berkaitan satu sama lainnya sehingga dengan adanya form yang tersimpan di cloud, setiap anggota bisa memberikan penilaian secara langsung dan semua orang bisa melihat nilai anggota lainnya.

Namun perlu diingat, dalam hal ini adalah penilaian yang berasal dari sesama anggota tim atau tim lainnya. Sedangkan untuk penilaian secara personal, anda harus meringkas keseluruhan nilai dan menyampaikannya secara langsung. Dengan adanya cloud, anda bisa lebih hemat waktu dalam mengumpulkan penilaian dari masing-masing anggota. Dan tentu saja, cara ini lebih praktis dan fleksibel.

Mendengarkan Keluh Kesah Mereka dengan Baik

Selain melalui cloud, dalam melakukan penilaian Anda juga harus berbicara secara empat mata. Dalam tahap ini anda tidak hanya melakukan evaluasi dan menilai karyawan secara searah, tapi juga sebaliknya Anda juga harus paham mengenai kondisi mereka kenapa mereka bisa mendapatkan penilaian seperti itu, terlepas dari baik buruknya performa mereka.

Dengan menanyakan kondisi, kesulitan yang mereka alami, serta bagaimana lingkungan perusahaan membantu mereka dalam jenjang karier, Ada bisa mengevaluasi perusahaan sendiri bagaimana agar bisa mendukung para karyawan untuk lebih produktif. Jadi dengan kata lain, evaluasi kinerja tim juga mampu melihat apakah ada yang salah dengan perusahaan dan apa kontribusi perusahaan dalam hal mendukung pengembangan diri karyawan. Perusahaan dan karyawan yang memiliki visi dan misi yang sejalan akan membuat rencana berjalan lebih lancar.

Membuat Rencana Selanjutnya

Setelah selesai melakukan evaluasi performa kinerja masing-masing tim, maka untuk ke depannya Anda harus membuat sebuah target rencana. Bagi rencana sesuai dengan masing-masing divisi. Agar setiap tim dapat melihat target tim lainnya, maka Anda harus upload rencana tersebut di media penyimpanan yang bisa diakses siapa saja. Yakni dengan memanfaatkan cloud.

Dengan adanya data yang disimpan di cloud, mereka bisa melihat target individu dan tim yang harus dicapai untuk periode tertentu. Selain itu, mereka juga bisa langsung melakukan update di storage tersebut sehingga semuanya bisa melihat dan saling berkompetisi. Teknologi cloud memudahkan Anda dalam mengukur kinerja tim.

Cara-cara di atas bisa anda lakukan untuk mengukur performa kinerja tim Anda. Ada baiknya jika Anda juga memberikan apresiasi bagi tim dengan performa kinerja terbaik. Dengan begitu, hal ini bisa menjadi motivasi bagi tim lainnya untuk berusaha lebih giat lagi. Untuk mendukung penilaian tersebut, Anda bisa melakukannya dengan memanfaatkan cloud.

 

Photo credit: geralt (pixabay.com)