free page hit counter

Wan optimizer open source

wan optimizer open source

WAN merupakan suatu jaringan yang digunakan untuk membuat interkoneksi antara jaringan lokal yang secara fisik tidak berdekatan satu sama lain, misalnya suatu perusahaan dengan kantor cabang terpisah provinsi bahkan lintas negarapun dapat menggunakan wan. Teknologi wan bergantung pada pihak ketiga yaitu pihak layanan telekomunikasi yang menyediakan hubungan jarak jauh bahkan lintas negara. Transfer data rate dalam komunikasi wan umumnya lebih jauh dari pada LAN. Sedangkan untuk optimalisasi jaringan, anda dapat memanfaaatkan teknologi wan optimization antara data center dengan perusahaan atau antara perusahaan dengan kantor cabang dan bisa saja pengguna mobile yang kan melakukan akses ke cloud seperti pada aplikasi gojek. Optimasi penting dilakukan karena performa sebuah jaringan bagi network administrator merupakan hal yang sangat pokok dan penting karena ketika performa jaringan mulai melambat bahkan seringkali lebih parah dan gagal maka tentu seharusnya tidak segera ditindak lanjuti, hal ini sering memicu seorang network administrator harus memilih cara untuk menyelesaikan masalah tersebut diantaranya harus mengupgrade jaringan wan atau melakukan optimasi jaringan wan. WAN merupakan investasi yang kompleks dan mahal, namun kadang- kadang memang diperlukan terlebih lagi untuk perusahaan yang sudah besar yang memiliki banyak kantor cabang. Wan optimizer open source merupakan jaringan interkoneksi yang telah dioptimalkan untuk sebuah performa jaringan yang lebih baik dan konsepnya dapat dimiliki dengan cara mengambil atau mendownload secara gratis di internet, serta kode wan tersebut di publikasikan ke publik atau internet.

Umumnya orang akan memperbaiki kelemahan- kelemahan dari suatu software termasuk jaringan, hal ini bertujuan untuk memodifikasi tampilan atau bahasanya kemudian menguploadnya kembali ke internet dan pada saat yang sama cabang kantor akan mendownload software open source ini dan memperbaiki kelemahan- kelemahan yang lain, jadi tim IT di perusahaan anda juga memiliki peran dalam memperbaiki aplikasi perusahaan. Dengan adanya perbaikan kelemahan software open source dari beberapa pengguna (kantor cabang) maka pengembangan metode ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja aplikasi open source. Wan optimizer open source berarti seluruh pengguna aplikasi baik itu kantor pusat maupun kantor cabang perusahaan mampu atau dapat memodifikasi aplikasi tersebut atau menambah fitur jaringan tersebut, sehingga seluruh jaringan akan lebih lancar dan lebih baik.

Sebagian orang mengatakan jika software atau jaringan bersifat open source maka itu bersifat bebas, hal ini perlu digaris bawahi open source yang bersifat bebas ini bukan berarti bebas sebebas- bebasnya akan tetapi bebas disini adalah bebas untuk digunakan, dikembangkan, disebarkan ulang dengan mempertanggung jawabkan secara bersama dan tidak menghilangkan hak cipta pembuatnya, hal inilah yang menjadi alasan suatu software atau jaringan open source yang tersebar saat ini menjadi lebih berkualitas, termasuk WAN optimizer open source. Jaringan atau software yang bersifat open source ini biasanya dikembangkan oleh suatu lembaga atau komunitas yang ahli di bidangnya secara bersama- sama sehingga masalah yang ditemukan bisa cepat diatasi. Nah jadi wan optimizer open source ini memang berguna bagi perusahaan yang memiliki banyak kantor cabang hanya saja biasanya wan optimizer open source user interfacenya cenderung rumit bagi user yang masih awam bahkan biasanya ada kesulitan instalasi dan penggunaan hal ini karena biasanya jaringan atau software dengan konsep open source gratis jadi tidak dapat dipungkiri bahwa dalam penerapannya jaringan dengan sifat open source ini masih kalah atau tidak dapat menggantikan kinerja jaringan atau software yang berbayar, namun dengan adanya konsep open source ini anda dapat memanfaatkan keahlian tim atau staff IT anda dalam mengembangkan wan yang telah dioptimasi, sehingga banyak mendapatkan fitur dan kompleks dengan kemampuannya, selain itu kinerja perusahaan tentunya lebih baik dan income yang didapatkan oleh perusahaan tentu saja akan meningkat, sehingga dapat disimpulkan perusahaan dapat lebih produktif, jadi untuk anda yang memiliki perusahaan dan belum menggunakan wan optimizer open source semoga informasi ini dapat berguna. Semoga informasi tentang wan optimizer open source dapat bermanfaat untuk anda.