free page hit counter

Cloud 101: Mengapa Cloud Computing penting bagi bisnis?

Selain berfungsi sebagai tempat penyimpanan, ada sejumlah manfaat lain yang membuat Cloud penting bagi bisnis perusahaan. Simak penjelasannya berikut.

Teknologi hadir untuk membantu memudahkan kehidupan manusia. Inovasi teknologi juga begitu bermanfaat bagi perusahaan dalam menjalankan bisnis. Tak terkecuali dengan Cloud Computing yang kini banyak diandalkan oleh berbagai perusahaan untuk mempermudah proses bisnis.

Sebagai pembanding, sebelum menggunakan Cloud Computing, kebanyakan dari Anda menjalankan sebuah aplikasi atau program dari pemrograman yang diunduh pada komputer atau server di perusahaan. Saat itu bahkan perusahaan berupaya membangun Data Center sendiri demi mengalokasikan sejumlah besar sumber daya IT. Berkat hadirnya Cloud Computing, perusahaan tak perlu lagi menggelontorkan banyak dana untuk membangun Data Center sendiri.

Eksistensi Cloud Computing juga sempat menjadi tren dan banyak diterapkan oleh perusahaan. Hal ini menggambarkan betapa Cloud menawarkan solusi yang bermanfaat bagi bisnis perusahaan. Cloud tidak hanya berfungsi sebagai penyimpanan cadangan untuk sistem yang berjalan, tapi juga terdapat sejumlah manfaat lain yang membuat Cloud penting bagi bisnis perusahaan seperti berikut:

  1. Fleksibel

Cloud sangat penting untuk diterapkan pada lingkungan kerja saat ini, di mana mobilitas yang tinggi menuntut sistem perusahaan yang fleksibel. Cloud menawarkan fleksibilitas yang lebih besar bagi karyawan dalam praktik kerja mereka.

Jika Anda memerlukan akses ke dokumen dan data saat berada di luar kantor atau di rumah, hal tersebut tak lagi menjadi kendala karena dapat dilakukan dengan mudah. Anda dapat berinteraksi dengan kantor virtual Anda secara cepat dan mudah kapan pun Anda membutuhkannya melalui berbagai perangkat seperti laptop atau smartphone.

  1. Menghemat biaya dan investasi

Cloud Computing akan sangat menghemat biaya IT perusahaan. Anda tidak pelu mengeluarkan biaya untuk membeli inventaris seperti infrastruktur atau hard disk dalam jumlah banyak. Sebagai gantinya, Anda hanya akan dikenakan biaya yang terjangkau sebagai kompensasi per bulan atau jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan dengan penyedia layanan. Dengan demikian, perusahaan Anda tak perlu lagi membayar biaya royalti pada lisensi software karena semua berjalan berbasis Cloud.

  1. Kolaborasi yang lebih efisien

Model Cloud Computing memungkinkan bisnis Anda berkomunikasi dan berbagi dengan lebih mudah dibanding metode konvensional. Cloud penting bagi bisnis karena dapat memungkinkan kolaborasi yang lebih baik antara karyawan, memungkinkan banyak pengguna untuk berbagi serta bekerja pada data serta dokumen yang sama di saat yang sama sekaligus.

Dukungan Cloud juga memudahkan para ahli desain dan konstruksi perusahaan yang banyak menghabiskan waktu mereka di lokasi kerja di luar negeri atau di berbagai bidang demi mendapat informasi, dokumen serta catatan terkait pekerjaan dengan cepat dan aman.

  1. Skalabilitas

Layanan berbasis Cloud sangat ideal untuk perusahaan dengan kebutuhan bandwidth yang fluktuatif. Bisnis Anda dapat meningkatkan atau menurunkan operasional serta kebutuhan sumber daya penyimpanan dengan penyesuaian yang cepat sehingga memungkinkan fleksibilitas perusahaan. Jika kebutuhan perusahaan meningkat, proses untuk memperbesar kapasitas Cloud pun dapat dilakukan menggunakan server jarak jauh.

  1. Kontrol dokumen

Semakin banyak mitra dan perwakilan perusahaan yang bekerja sama dalam sebuah dokumen, semakin besar pula kebutuhan pengendalian dokumen dalam waktu yang cepat. Sebelum hadirnya Cloud Computing, karyawan harus mengirimkan dokumen bolak-balik ke antar divisi sebagai lampiran email untuk diproses oleh klien dalam waktu bersamaan. Pada titik tertentu, proses manual ini dapat berisiko mengacaukan dokumen, format atau hal lainnya. Namun, kemudahan yang ditawarkan Cloud dapat membantu Anda terhindar dari risiko tersebut, sehingga dokumen bisnis Anda dapat dipantau dengan mudah.

  1. Daya saing

Persaingan industri yang semakin ketat mendorong perusahaan untuk lebih cepat dalam menanggapi perubahan di pasar. Solusi Cloud Computing yang dapat disesuaikan dan dapat memberikan banyak manfaat, berguna untuk membantu perusahaan menjadi lebih gesit dalam menjalankan bisnis.

  1. Keamanan

Layanan Cloud menyimpan informasi di server dan hardware yang tidak dikendalikan perusahaan secara langsung. Server yang berada di luar kantor ini memiliki langkah-langkah keamanan yang ketat dan akan mencegah segala bentuk pelanggaran data. Mereka biasanya memerlukan firewall paling kuat, kredensial akses dan protokol keamanan untuk memastikan klien nyaman menyimpan informasi penting di server mereka. Datanya bahkan disimpan di repositori pusat yang dikelola 24/7 oleh pakar keamanan.

Menimbang pentingnya Cloud bagi bisnis, maka Anda perlu memilih penyedia layanan Cloud yang kredibel di Indonesia. Jika Anda sedang mencari penyedia layanan penyimpanan data melalui Cloud, Anda patut mempertimbangkan Lintasarta yang menyediakan layanan Lintasarta Cloud Service. Layanan ini menawarkan web/application hosting hingga konsolidasi data center Anda secara aman, mudah serta hemat biaya tanpa harus membangun infrastruktur IT sendiri.

Lintasarta Cloud Services akan membantu menyederhanakan kompleksitas IT Operation serta menjamin kelancaran bisnis di perusahaan Anda. Dengan mekanisme on-demand dan pay as you grow. Lintasarta Cloud Services menawarkan fleksibilitas yang tinggi sehingga perusahaan dapat memilih layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan skala bisnis. Anda juga dapat dapat menambah kapasitas server kapan pun dibutuhkan sesuai pertumbuhan bisnis perusahaan.

Dengan pengalaman di industri IT selama lebih dari tiga dekade, Lintasarta merupakan pilihan tepat untuk mengembangkan bisnis. Hubungi kami jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut terkait Lintasarta Cloud Service maupun layanan lainnya.