free page hit counter

4 Spesifikasi Colocation Data Center yang Terbaik untuk Perusahaan Anda

Colocation adalah fasilitas data center di mana bisnis atau perusahaan dapat menyewa ruang untuk server dan perangkat keras komputasi lainnya. Biasanya, colocation menyediakan bangunan, pendingin, daya, bandwidth, dan keamanan fisik sementara pelanggan menyediakan server dan penyimpanan. Bagi banyak bisnis saat ini, colocation digunakan karena menyediakan infrastruktur dan keamanan data center khusus tanpa biaya besarserta dapat mempercepat pemenuhan kebutuhan akan operasional IT di era digital saat ini. Lantas, bagaimana cara memilih colocation data center terbaik untuk perusahaan Anda? Cek informasi spesifikasi yang dibutuhkan berikut!

 

Lokasi data center berada di Indonesia

Mengingat bahwa akses fisik adalah salah satu keunggulan utama colocation, mengapa Anda ingin colocation data center utama Anda berlokasi di belahan dunia yang lain, atau di wilayah negara yang berbeda? Sebaiknya, Anda memilih colocation yang lokasi data center-nya berada di Indonesia. Spesifikasi colocation data center terbaik bagi perusahaan Anda yang pertama ini memiliki banyak manfaat yang perlu Anda pertimbangkan.

Salah satunya adalah akses tujuh hari dalam seminggu. Banyak perusahaan yang memindahkan data secara off-site khawatir tidak akan memiliki akses terus menerus ke tumpukan server mereka, dan berisiko tidak dapat mengatasi keadaan darurat. Dengan memilih fasilitas colocation di Indonesia, Anda dapat memiliki akses ke perangkat keras Anda—dan data Anda—setiap saat. Anda juga dapat memeriksa keamanan sendiri, mengawasi redundansi, hingga penggunaan akses jaringan lokal.

 

Dilengkapi sistem keamanan maksimal

Idealnya, Anda harus memiliki beberapa tingkat keamanan fisik, baik di dalam maupun di luar pusat data. Sebelum Anda memilih penyedia colocation, tanyakan perimeter apa dan area eksternal mana saja yang dicakup oleh kamera. Pahami pula prosedur keamanan vendor dan jika Anda dapat menambahkan kamera keamanan Anda sendiri di dalam ruang mereka. Dengan begitu, colocation data center perusahaan Anda akan menjadi lebih aman dan tidak mengkhawatirkan. Selain itu, untuk memaksimalkan keamanan data center, Anda juga bisa menggunakan fitur private colocation dengan menggunakan sistem cage (pagar).

 

Kapasitas daya yang tinggi

Spesifikasi colocation data center selanjutnya yang terbaik bagi perusahaan Anda adalah kapasitas daya yang tinggi. Perlu Anda ketahui bahwa kepadatan daya data center terus meningkat karena munculnya teknologi yang lebih baru. Banyak klien membutuhkan kapasitas daya hingga 10 kW per rack. Namun, tidak banyak penyedia colocation menawarkan kapasitas daya yang cukup untuk mendukung teknologi masa depan. Jadi, Anda harus memperhatikan ketersediaan spesifikasi satu ini.

Mayoritas colocation data center dibangun sebelum munculnya kebutuhan kapasitas daya yang tinggi dan hanya dapat mendukung rata-rata 4 kW per rack. Untuk mendukung kebutuhan bisnis terhadap kapasitas daya yang tinggi, provider akan mendistribusikan beban melalui jejak yang lebih besar atau menerapkan sistem pendingin tambahan. Kedua pendekatan ini dapat menjadi solusi kebutuhan kapasitas daya tinggi, namun juga meningkatkan biaya yang harus dikeluarkan.

 

Ditangani tim yang ahli dan profesional

Sudah pasti infrastruktur layanan colocation dan staf teknisi ahli di lapangan adalah dua fitur paling penting dari setiap layanan colocation yang baik. Bangunan data center harus dibangun sesuai dengan standar tinggi yang lazim khusus untuk bidang ini dengan lantai yang ditinggikan, ruang yang luas, bahan bangunan yang lebih baik, dan menjaga keseimbangan ekosistem.

Staf pemeliharaan dan teknis yang sangat berpengalaman dan para ahli di lapangan harus hadir 24 jam sehari untuk mengawasi pengelolaan fasilitas dan mengelola masalah apapun secara instan. Harus ada staf lain yang hadir seperti manajer ahli, staf keamanan, dan anggota lainnya untuk mengurus semua hal lain di samping layanan terkait internet.

Nah, itulah informasi tentang spesifikasi colocation data center yang terbaik untuk perusahaan Anda. Melalui penggunaan colocation data center dengan spesifikasi yang tepat, bisnis atau perusahaan Anda akan mendapatkan manfaat penggunaan colocation data center secara lebih optimal. Semoga bermanfaat!