free page hit counter

Mengenal Lebih Jauh Mengenai Cloud Computing untuk Bisnis Anda

Cloud Computing Lintasarta

Mengenal lebih jauh mengenai cloud computing bagi bisnis Anda. Bagi sebagian orang, istilah ‘Cloud Computing’ mungkin akan masih terdengar asing. Namun sebenarnya, Cloud Computing memiliki beberapa peran di dalam kehidupan masyarakat terutama pada era seperti ini seperti contohnya penggunaan beberapa media social ataupun email. Jika Anda sedang mencari beberapa informasi mengenai Cloud Computing, Anda berada di tempat yang tepat. Nah, di bawah ini terdapat beberapa informasi yang terkait dengan cloud computing, mulai dari definisi sampai dengan manfaat yang diberikannya.

Definisi Cloud Computing

Cloud Computing atau yang sering juga disebut dengan komputasi awan adalah beberapa teknologi komputer yang digabung (komputasi) di suatu jaringan dan menjadikan internet sebagai basisnya. Hal ini memiliki beberapa fungsi seperti menjalankan aplikasi dan program dengan menggunakan beberapa computer yang memiliki koneksi yang sama dengan waktu yang bersamaan. Namun satu yang perlu anda ingat bahwa tidak semua computer yang terkoneksi menggunakan layanan cloud computing.

Dengan kata lain kita bisa menganggap bahwa teknologi Cloud Computing ini menjadikan internet sebagai pusat dari server dan akan digunakan untuk mengelola data dan aplikasi dari pengguna. Dalam penggunaan teknologi ini, pengguna tidak perlu melakukan proses instalasi dan memungkinkan pengguna untuk melakukan akses data pribadi menggunakan internet dengan computer mereka sendiri.

Mengenal Lebih Jauh Mengenai Cloud Computing untuk Bisnis Anda

Manfaat Teknologi dengan Basis Cloud Computing

Setelah anda mengetahui penjabaran dari cloud computing, kini ada beberapa manfaat dari sistem cloud computing yang bisa anda dapatkan di antaranya:

1. Data akan disimpan pada server dengan terpusat. Keunggulan dari sistem cloud ini memang memungkinkan penggunanya untuk menyimpan segala data pada satu server. Pengguna pun tidak perlu lagi menyediakan data center, storage dll karena memang semua sudah disiapkan oleh provider data center dengan sistem cloud secara virtual

2. Skalabilitas serta fleksibilitas yang cukup tinggi. Teknologi dengan basis cloud akan menawarkan kemudahan akses sebagai aspek fleksibilitasnya. Kita dapat menggunakannya kapanpun dan dimanapun sepanjang ada internet yang terhubung/ adanya koneksi interenet. Pengguna pun dapat mengurangi atau menambah kapasitas tanpa harus membeli hard disk baru.

3. Keamanan Penyimpanan data. Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan data karena pengguna akan mendapatkan jaminan keamanan data dari provider data center dengan adanya server yang telah disediakan. Hal ini didukung oleh beberapa tekhnologi platform yang mumpuni, jaminan data pribadi, jaminan ISO dan masih banyak lagi.

4. Sebagai sebuah investasi untuk jangka panjang. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa sistem teknologi dengan basis cloud akan memungkinkan penggunanya untuk tidak membeli beberapa inventaris seperti hardisk, dll. Hal inii tentu akan menjadi sebuah cara yang seacara tidak langsung akan memberikan penghematan dan efisiensi dalam hal ekonomi. Penghematan ini juga bisa dilakukan karena pengguna tidak perlu atau adanya pengurangan untuk membayar biaya royalty atau lisensi dari software.
Hal ini dapat terjadi karena semua telah dilakukan dengan komputasi yang didasarkan pada teknologi dengan basis cloud ini. Beberapa perusahaan IT terkenal di dunia pun telah menerapkan sistem cloud computing ini.

Nah, memang pada zaman sekarang ini banyak sekali perusahaan IT ternama baik di Indonesia ataupun di dunia mulai mempercayakan cloud computing sebagai basis teknologi mereka. Bahkan salah satu ahli IT ternama seperti mendiang Steve Jobs pun turut mendukung layanan cloud computing ini. Steve Jobs mengatakan bahwa membeli memori atau tempat penyimpanan data secara fisik seperti hardisk akan terasa percuma jika memang kita bisa menyimpannya dalam internet secara virtual.

Oleh karena itulah, mungkin teknologi cloud computing ini bisa menjadi salah satu solusi anda dalam menyimpan data karena akan memberikan beberapa manfaat yang telah dijelaskan diatas. Satu hal yang harus Anda perhatikan adalah untuk memilih provider cloud computing yang telah terpercaya serta memiliki beberapa layanan yang mumpuni sehingga data Anda pun akan tersimpan dengan aman. Demikian artikel tentang mengenal kebih jauh mengenai cloud computing untuk bisnis Anda.