free page hit counter

5 Tips Memilih Layanan Data Center di Indonesia untuk Perusahaan E-Commerce

Trend bisnis online

Trend bisnis online di Indonesia saat ini terus mengalami kemajuan yang pesat. Mall-mall online mulai berdiri dengan jumlah konsumen yang terus meningkat. Perusahaan pun berlomba-lomba mengambil peluang bisnis online dengan mendirikan aneka jenis bisnis E-Commerce di dunia maya. Kemajuan yang cukup pesat dari bisnis online di Indonesia bisa ditandai dengan banyaknya saat ini di layar televisi iklan-iklan yang disajikan oleh perusahaan-perusahaan bisnis E-Commerce di dunia maya. Untuk menjaga keamanan sebuah perusahaan E-Commerce, diperlukan system data center yang mendukung sehingga dapat mengantisipasi berbagai hal yang bisa saja terjadi. Keamanan di dunia maya sangat rentan, jika sebuah perusahaan tidak memiliki proteksi data yang baik, sebuah perusahaan E-Commerce akan mudah diretas oleh para penjahat-penjahat dunia maya. Dalam sekejap sebuah mall online yang besar akan lesap diretas hacker. Terlebih lagi persaingan terus terjadi setiap saat. Mereka yang bisa memproteksi keamanan dengan baik mereka lah yang akan terus bertahan. Kita tidak bisa menjamin persaingan bisnis akan berjalan dengan selalu sehat, sehingga kita sangat perlu mempersiapkan langkah antisipasi akan hal tersebut. Sebuah perusahaan E-Commerce misalnya, sangat penting untuk memiliki sebuah system data center yang handal yang tangguh.

Berikut ini beberapa tips yang bisa diperhatikan oleh sebuah perusahaan E-Commerce dalam memilih sebuah layanan penyedia data center yang akan dijadikan sebagai mitra:

  1. Pada aspek ketersediaan, penyedia data center harus bisa memenuhi kebutuhan penyediaan data secara berkelanjutan. Karena memang perusahaan Anda akan terus berkembang dengan pesat, sehingga pengelolaan data dibutuhkan secara berkelanjutan.
  2. Mengingat perusahaan bisnis Anda yang terus berkembang pesat, maka penyedia data center harus bisa memenuhi perkembangan penyediaan data yang ada, tidak cukup berkelanjutan namun juga harus bisa mengimbangi perkembangan data yang terus meningkat dari perusahaan Anda.
  3. Perhatikan system keamanan yang ditawarkan oleh penyedia jasa data center tersebut. Misalnya dalam hal lokasi. Pastikan bahwa lokasi tempat data center memang aman dari berbagai hal. Misalnya letaknya jauh dari lokasi perusahaan, sehingga jika terjadi bencana hal-hal yang tidak diinginkan secara fisik di kantor perusahaan Anda, lokasi data center tetap aman terkendali. Juga lokasi data center aman dari penyusup yang membahayakan arsip perusahaan. Soal letak juga diperhatikan, misalnya aman dari lokasi banjir, longsor dan sebagainya.
  4. Perhatikan kelengkapan fisik lokasi data center, misalnya di dalam ruangan harus ada pendingin ruangan yang memadai dengan kebutuhan. Sebab jika kondisi panas akan berpengaruh pada kerusakan alat dan berdampak pada keamanan data yang ada. Bagaimana penetrasi cahaya dan sirkulasi udara. Kebersihan ruangan dan peralatan dari debu-debu yang bisa mengganggu kerja peralatan elektronik.
  5. Perhatikan juga bagaimana testimony yang dibuat oleh para pelanggan penyedia tersebut. Pastikan testimony tersebut alami dan bukan direkayasa. Pastikan Anda memilih penyedia yang memiliki reputasi yang baik dan memang terpercaya melayani pelanggan dengan baik. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek reputasi sebuah perusahaan data center adalah dengan mengecek apakah memiliki ISO 9001 atau tidak.

Pastikan juga perusahaan penyedia layanan data center di Indonesia yang Anda pilih tersebut memiliki system back up yang baik. Disamping itu, jangan mengabaikan aspek lingkungan. Sebuah perusahaan penyedia layanan data center umumnya adalah penyumbang efek global warming yang besar, sehingga Anda harus memastikan bahwa penyedia jasa yang Anda pilih melakukan efisiensi penggunaan daya seminimal mungkin untuk menghindari dampak efek lingkungan yang serius. Selain itu, perusahaan penyedia layanan data center di Indonesia tersebut hendaknya juga bekerja setiap waktu, selama 24 jam pada 7 hari kerja. Hal ini untuk mengantisipasi terjadi berbagai kemungkian kerusakan agar bisa sesegera mungkin ditangani secara serius. Sebuah penyedia layanan data center berkualitas yang Anda pilih akan sangat mempengaruhi system keamanan data dari perusahaan Anda. Jangan sembarangan memilih pastikan memang memilih yang sudah berpengalaman dan terpercaya melayani pelanggan.