free page hit counter

Mencari perusahaan penyedia layanan data center di Indonesia

konsultan data center di jakarta Selatan

Bagi para pelaku bisnis tak lagi heran atau bertanya apa itu data center, bahkan data center tidak hanya digunakan oleh para pebisnis, organisasi- organisasi juga banyak yang memanfaatkan layanan data center ini. data center atau yang lebih dikenal pusat data merupakan sebuah fasilitas yang digunakan untuk penempatan beberapa kumpulan server atau sistem komputer da sistem penyimpanan data (storage) yang dikondisikan dengan pengaturan daya, pengaturan udara, kelembaban udara, pencegah bahaya kebakaran dan banjir, dan biasanya dilengkapi dengan keamanan fisik bisa saja dari cctv atau sistem penjagaan ketat. Pada era saat ini data center telah menjadi sesuatu yang sangat penting khususnya bagi para pelaku bisnis. Sebagai inti dari layanan bisnis, maka data center harus mampu memberikan layanan optimal sekalipun sedang terjadi suatu bencana sehingga bisnis dalam suatu korporasi tetap mampu bertahan dan bahkan menghasilkan laba. Berangkat dari peran data center yang begitu signifikan, kemudian dikaitkan dengan berbagai isu yang ada pada data center akhir- akhir ini seperti masalah global warming terutama masalah disaster recovery planning, kajian mengenai data center menjadi salah satu topik menarik dalam lingkungan bisnis. Saat ini memang sudah tidak susah untuk mencari konsultan data center jakarta selatan yang terpercaya karena perusahaan masa ini sudah melek akan teknologi, jadi semakin banyak persaingan antara perusahaan penyedia layanan data center di Indonesia.

Kriteria perancanan data center itu sendiri ditujukan untuk menghasilkan format sesuai dengan kriteria berikut ini :

  1. Availability, pusat data yang diciptakan untuk mampu memberikan operasi yang berkelanjutan dan terus- menerus bagi suatu perusahaan baik dalam keadaan normal maupun dalam keadaan terjadinya suatu kerusakan yang berarti atau tidak.
  2. Scalability dan flexibility. Data center harus mampu menyesuaikan diri dengan pertumbuhan kebutuhan yang cepat atau ketika adanya service baru yang harus disediakan oleh data center tanpa melakukan perubahan yang cukup berarti bagi data center secara keseluruhan.
  3. Security, data center menyimpan banyak data dan aset yang penting dan berharga bagi perusahaan, oleh karena itu sistem keamanan dibuat seketat mungkin baik pengamanan secara fisik maupun pengamanan non fisik.

Ada beberapa hal yang dapat menjadi faktor pendorong kinerja seorang konsultan data center di jakarta Selatan diantaranya :

  1. Arsitektur dan para engineer pihak yang pertama mendukung penyusunan data center dengan melakukan kinerja berupa perancangan pola data center yang akan digunakan. Rancangan sistem data center inilah yang selanjutnya digunakan oleh pihak lainnya untuk menjalankan penusunan data center yang selanjutnya.
  2. End user, inilah pihak kedua yang secara jelas dalam perjalanan sistem data center. Tanpa adanya end user tentu saja solusi data center di Indonesia tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal dalam pembuatan infrastruktur pusat data di Indonesia.
  3. Perusahaan manufaktur. Faktor terakhir ini dalam pelaksanaan data center tentunya dibutuhkan untuk mendukung sarana dan prasarana yang nantina akan dijalankan dalam solusi data center yang akan dibangun oleh perusahaan penyedia layanan data center.

Sebelum memanfaatkan fasilitas data center anda dapat memahami arti data center itu sendiri. Dari pemahaman itulah anda dapat menjalankan pelaksanaan data center yang ada di Indonesia, selain itu data center ini nantinya akan membawa kelancaran dalam kinerja konsultan data center jakarta selatan untuk menjalankan sistem data terpusat yang akan dilaksanakan. Data center yang baik terdiri dari beberapa komponen yang saling terintegrasi satu sama lain seperti ruangan data center yang terdiri dari partisi baik itu gypsum maupun kaca, spesifikasi tahan air, pencahayaan, control panel, power panel, precision coling unit, security sistem dan lain sebagainya. Untuk pembagian ruangan data center disesuaikan dengan kebutuhan seperti NOC, production room, development room, utility room, lobrary room dan yang lainnya. Perangkat yang ada di dalam data center memiliki berat yang sangat luar biasa, sehingga diperlukan kalkulasi engineering yang matang di dalam desain dan membangun data center, kemudian harus diperhatikan juga terkait masalah hemat energi pemakaian listrik.

Sekian informasi yang saya berikan mengenai data center atau pusat data, semoga bermanfaat …