free page hit counter

Penyedia layanan cloud computing di Indonesia

penyedia layanan cloud computing di Indonesia

Sebenarnya apa sih cloud computing itu? Terus manfaatnya apa untuk  bisnis? Wah ketinggalan zaman ya padahal saat ini perusahaan penyedia layanan cloud computing di Indonesia makin marak dan berkembang, bahkan beberapa sistem yang anda pakai sebenarnya berkaitan erat dengan layanan cloud computing ini tapi memang pada dasarnya sebagian orang kurang mengerti apa itu cloud computing sebenarnya. Baik, cloud computing atau komputasi awan merupakan sebuah gabungan pemanfaatan teknologi komputer termasuk segala komponen- komponen yang ada didalamya, dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (inilah maksud dari awan) yang berfungsi untuk menjalankan aplikasi atau program. Penggunaan cloud computing ini sudah banyak di terapkan di berbagai aplikasi atau program seperti gmail, yahoo, google, bahkan sistem kasir atau point of sale dan juga sistem telekomunikasi indonesia menggunakan layanan cloud computing. Bukankah dalam sehari- hari kita sering menggunakan layanan cloud computing ini? kemudian manfaat yang diberikan layanan komputasi awan ini yaitu sistem data tersimpan secara terpusat, hal ini merupakan suatu kelebihan atau keunggulan dari sistem komputasi awan yang menyimpan data secara terpusat di satu server berdasarkan layanan yang disediakan komputasi awan, maka dari itu pengguna tidak perlu menggunakan bangunan infrastruktur untuk data center lagi sebagai media penyimpanan karena semua telah tersedia secara virtual. Kemudian cloud computing lebih fleksibel dan skalabilitas yang tinggi, pengguna dapat meningkatkan atau mengurangi kapasitas penyimpanan data tanpa perlu membeli peralatan tambahan seperti penyimpanan eksternal maupun internal tambahan. Jika sudah menyimpan server data secara virtual melalui internet. Penggunaan layanan cloud computing ini menawarkan berbagai kemudahan data akses kemanapun anda berada asalkan terkoneksi internet, hal ini yang menandakan fleksibilitas menggunakan cloud computing atau komputasi awan.

Salah satu perusahaan penyedia layanan cloud computing di Indonesia yaitu Vmware yang telah memiliki beberapa pelanggan dari perusahaan penyedia layanan cloud computing di indonesia. Perusahaan- perusahaan yang menjadi pemakai jasanya merupakan perusahaan besar seperti astra, pasifik satelit, telkom sigma, biznet network dan lain sebagainya. Bahkan nantinya Vmware ini akan mendapatkan kontrak pemakaian jasa cloud computing dan virtualisasi dari sebuah perusahaan customer goods yang memproduksi makanan ringan. Komputasi awan merupakan suatu landasan penting untuk instant- on enterprises, yakni tempat semua orang serta seluruh komponen dapat terhubung satu sama lain. IOE ini mengharuskan adanya lingkungan TI yang fleksibel, otomatis dan aman, serta dapat beradaptasi secara cepat untuk memenuhi permintaan pasar yang kerap berubah. Layanan komputasi awan ini memiliki beberapa kelebihan antara lain seperti pemasangan layanan baru yang lebih cepat, penghematan tenaga kerja IT serta pembayaran sesuai dengan pengoperasian. Namun komputasi awan juga memiliki kelebihan yaitu yang sebenarnya menjadi elemen penting bagi perusahaan seperti keamanan, ketersediaan, serta kemudahan integrasi. Tetapi anda jangan khawatir karena saat ini banyak sekali penyedia layanan cloud computing di Indonesia yang menawarkan berbagai macam fasilitas pada pemasangan layanan cloud coomputing. Bahkan saat ini pemerintah di Indonesia pun turut mendukung adanya perkembangan teknologi cloud computing ini, dan bisa dipastikan kelak pemerintah juga ada andil menggunakan komputasi awan.

Teknologi cloud computing atau komputasi awan ini memiliki potensi besar untk memeratakan akses teknologi informasi di kalangan perusahaan dari kecil, menengah, hingga kelas enterprise. Bisa dikatakan layanan komputasi wan ini merakyatkan teknologi informasi, karena komputasi awan hanya perlu membeli layanannya saja. Misalnya tinggal membeli pc, langganan internet dan tentu saja layanan komputasi awan, hal ini lebih terjangkau dari pada harus membeli server, mengelola sendiri, mulai dari pembelian sampai dengan pemeliharaan atau maintenance. Dengan kemampuan ini cloud computing sangat aplikatif untuk diterapkan pada industri kecil menengah yang jumlahnya mewabah di Indonesia. Hal ini akan menjawab segala kebutuhan tentang IT di perusahaan tersebut. Demikian pemaparan saya terkait penyedia layanan cloud computing di Indonesia semoga perkembangan komputasi awan ini mendapatkan dukungan penuh terhadap pemerintah dan akan semakin berkembang menjadi lebih baik kedepannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda ya

 

Info 3 cloud provider di indonesia