free page hit counter

Penyelenggaraan E-Government Berbasis Cloud Computing Indonesia

Teknologi cloud computing Indonesia yang terus berkembang mendorong cita-cita pemerintah dalam mewujudkan E-Government yang lebih canggih. Sebagai contoh saat ini misalnya pemerintah memberikan peluang bagi masyarakat yang ingin mendaftar sebagai wajib pajak melalui pembuatan NPWP yang sudah bisa dilakukan secara online. Pendaftaran CPNS pun sudah dilakukan secara online, juga berbagai lamaran pekerjaan di pemerintahan juga sudah mulai dikembangkan secara online. Adanya cloud computing di Indonesia sangat membantu pemerintah untuk mewujudkan system pemerintahan berbasis teknologi yang lebih modern. Meskipun demikian tak semua masyarakat siap dengan kondisi ini, perlu dilakukan pembelajaran intensif terutama di kalangan masyarakat tua yang sedikit lambat mengenal teknologi.

Para Penyedia layanan cloud computing di Indonesia berlomba-lomba menawarkan system produk terbaik untuk meningkatkan kerja dan cita-cita pemerintah dalam mewujudkan pemerintahan yang berbasis IT. Dengan adanya hal ini diharapkan kerja pemerintah bisa lebih mudah dan efektif, masyarakatkan bisa lebih mudah mendapatkan pelayanan dari masyarakat. Secara umum manfaat teknologi cloud computing dalam mewujudkan E-Government di Indonesia diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan cara yang lebih mudah, efektif, berkualitas dan biaya yang murah. Jadi dengan hanya mengklik internet diharapkan bisa memberikan efisiensi biaya bagi masyarakat. Bayangkan jika kita harus ke kantor pajak membuat NPWP, tentunya ada biaya operasional, namun jika pendaftaran dilakukan secara online, caranya akan sangat mudah saja. Tidak membutuhkan biaya operasional. Disamping itu masyarakat juga tidak berhadapan dengan pelayanan birokrasi yang kebanyakan tidak ramah dan bertele-tele.
  2. System online yang ditawarkan pemerintah dengan basis teknologi cloud computing saat ini bisa memangkas system birokrasi yang tidak beres di Indonesia, baik dalam hal pelayanan maupun kemungkinan-kemungkinan lain seperti pemungutan biaya yang tak dibenarkan dan sebagainya. Lebih mendisiplinkan pihak birokrasi dalam melayani masyarakat. Jadi yang sangat diuntungkan sebenarnya adalah masyarakat. Mengurangi celah korupsi, kolusi dan nepotisme di dalam setiap pengurusan administrasi di pihak pemerintah.
  3. Membuat pengarsipan data lebih rapi, lebih mudah diakses dan lebih terkelola dengan baik. Perapihan manajemen yang akan memudahkan kerja pemerintah itu sendiri. Masyarakat pun bisa secara adil terlayani tanpa harus antri panjang.

Sangat banyak manfaat lain yang bisa dirasakan baik oleh pihak pemerintah maupun masyarakat dalam ketersediaan teknologi cloud computing untuk penyelenggaraan pemerintahan berbasis teknologi tersebut. Penyedia layanan cloud computing di Indonesia saat ini mampu memberi solusi yang diinginkan pemerintah dalam mewujudkan manajemen pemerintahan yang lebih canggih.

Bagi para pejabat pemerintahan yang belum melengkapi instansinya dengan teknologi cloud computing yang canggih sebaiknya mencari referensi Penyedia layanan cloud computing di Indonesia saat ini. system konvensional memiliki banyak kendala dalam memberikan pelayanan yang lebih mudah kepada masyarakat. Masyarakat pun sering mengeluh karena alasan pelayanan yang tidak ramah, administrasi yang rumit, jadwal petugas yang terbatas dan banyak nya masyarakat yang antri dalam sebuah pelayanan. Oleh karena itulah sangat penting pemerintah menggandeng Penyedia layanan cloud computing di Indonesia yang terpercaya dalam memberikan layanan dan kemudahan kepada masyarakat. Ada banyak perusahaan penyedia cloud computing terpercaya di Indonesia saat ini, yang akan siap membantu pemerintah menghasilkan system pemerintahan yang lebih canggih dan disukai masyarakat.

Dalam memilih penyedia layanan cloud computing di Indonesia, sebaiknya memang yang sudah terpercaya dalam menangani kebutuhan pelanggan. Bukan hanya soal harga tapi memang sudah terbukti memiliki system jaringan yang handal dan mampu menjawab kebutuhan para pelanggan. Sangat penting mengecek para klien perusahaan tersebut karena akan membuktikan apakah perusahaan tersebut bonafit atau tidak. Bagaimana testimoni pihak-pihak yang memanfaatkan layanannya dan apakah sudah terdaftar di ISO 9001 atau belum. Perusahaan-perusahaan kini banyak yang bersaing dalam merebut tender-tender pemerintah, jadi memang harus dipastikan perusahaan penyedia layanan cloud computing di Indonesia yang Anda pilih memang yang terbaik saat ini. produk jaringan yang bagus tentu saja akan sebanding dengan harga yang ditawarkan. Wujudkan E-Government dengan menggandeng penyedia layanan cloud computing di Indonesia yang terpercaya.