Perbedaan Colocation Server dan Dedicated Server

Colocation Server Indonesia Terbaik pastinya memiliki standard yang sangat tinggi serta jaminan keamanan yang maksimal. Pada zamann sekarang ini kita tahu bahwa dunia Teknolgogi Informasi semakin berkembang dari waktu ke waktu. Hal ini lah yang membuat kebutuhan terhadap berbagai media untuk menunjang teknologi informasi pun semakin berkembang pula dan beragam sesuai dengan kebutuhan. Salah satu media penunjang kebutuhan informasi yang semakin dibutuhkan adalah Server. Nah, dalam server ini pun terdapat 2 macam jenis yakni: Dedicated Server dan Colocation Server.

Dua hal ini merupakan sesuatu yang sangat berbeda antara satu dengan yang lainnya. Apa sajakah perbedaannya? Berikut ini akan kami berikan informasi mengenai Perbedaan Colocation Server Indonesia  dengan dedicated Server.

  1. Dedicated Server

Dedicated server merupakan sebuh layanan server yang sangat pas untuk di aplikasikan pada perusahaan yang besar dimana perusahaan tersebut membutuhkan space data server yang besar pula. Mengapa? Sebuah perusahaan yang besar biasanya memiliki kunjungan dan data dalam jumlah yang besar sehingga akan membutuhkan server yang khusus. Seperti halnya collocation server, sebuah dedicated server juga memiliki  control penuh terhadap server yang ada. Misalnya saja seperti control panel, memilih sistem operasi yang akan digunakan, menentukan besarnhya bandwidth dan masih banyak lagi yang lainnya.

Berbeda dengan Colocation Server, dedicated server merupakan sebuah server yang dibeli dengan cara menyewa sebuah server khusus atau hardware untuk digunakan secara pribadi oleh perusahaan, organisasi atau bahkan pribadi. Dengan hal ini, maka tidak aka nada sharing dengan pengguna lain. Biasanya dalam sebuah paket penyewaanh Dedicated server terdapat bandwidth serta pilihan apakah anda ingin melakukan penyewaan staff dari tempat anda menyewa server tersebut atau anda ingin mengatur semuanya sendiri. Semuanya dapat anda tentukan sesuai dengan kebutuhan.

  1. Colocation Server

Apakah yang dimaksud dengan Colocation Server? Colocation server adalah sebuah server yang dititipkan pada tempat yang dirasa aman untuk menyimpan server tersebut. Biasanya tempat seperti ini memiliki standard dan juga fasilitas keamanan server dengan standard yang tiggi. Hal ini lah yang selalu dimiliki oleh Colocation Server Terbaik di Indonesia. Tempat untuk menyimpan server ini biasa disebut juga dengan “data center” atau “collocation”.

Terdapat beberapa alasan mengapa server harus disimpan di dalam data center. Alasan tersebut antara lain:

  • Menghindari berbagai hal yang mungkin akan menghambat sistem
  • Menghindari gangguan yang akan menjadi penghalang eksistensi data yang ada di dalam server

Beberapa penghalang eksistensi di dalam server biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti misalnya arus listrik yang menyuplai server tidak dalam keadaan yang stabil, akses internet yang tidak stabil serta adanya tingkat keamanan yang tinggi.

Di dalam Colocation Server Indonesia Terbaik  yang akan anda gunakan, biasanya anda akan membeli firewall, setting, install dan switch sendiri. Anda juga harus mempekerjakan ahli server dan juga teknisi untuk merawat semua server yang anda miliki. Jika kita melihat hal ini, maka tentu saja biayanya akan sedikit lebih mahal. Namun meskipun begitu, kualitas sebuah collocation server biasanya sangan baik dan dapat menopang bisnis perusahaan anda yang besar.

Colocation server ini sangat cocok bagi anda atau bagi perusahaan yang memiliki cukup dana serta akan didukung dengan sumber daya yang dapat menopang server dalam waktu yang cukup panjang. Oleh karena itu, seringkali hanya perusahaan besar yang mampu menyewa fasilitas collocation server Indonesia terbaik ini. Jika mungkin ada perusahaan lain diluar perusahaan besar tersebut, maka biasanya perusahaan itu sudah melalui penilaian dan perhitungan yang sangat matang dan mendalam untuk menggunakan collocation server.

Perhitungan yang mereka lakukan biasanya disertai dasar apakah nantinya collocation server ini akan membebani mereka dalam hal permodalan dan sumber daya manusia atau SDM yang akan mereka keluarkan. Oleh karena itulah, kini anda pun dapat memilih server yang sesuai dengan bisnis anda setelah anda mengetahui perbedaan antara Dedicated Server dengan Colocation Server Indonesia Terbaik.