free page hit counter

Pertimbangan Standar Keamanan Lokasi Data Center di Indonesia

Standar Keamanan Lokasi Data Center di Indonesia- Apakah Data center itu? Data center adalah pusat data yang merupakan sebuah perangkat dari sekumpulan jaringan komunikasi yang dapat menampung atau menerima data lokal maupun yang bersifat internasional. Data center biasanya berpusat dalam satu lokasi yang telah dianggap layak serta terjamin dan dapat diandalkan untuk menjadi sebuah pusat data.  Sebuah data center harus memiliki beberapa ketentuan-ketentuan khusus seperti keamanan yang terjamin, bangunan dengan tingkat keamanan yang sangat baik, spesifikasi yang super tinggi dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jika anda memiliki sebuah usaha dan usaha atau bisnis anda semakin berkembang dan bertambah pesat satu sama lain, maka mau tidak mau mennggunakan jasa data center adalah sebuah keharusan. Di Indonesia memang terdapat banyak data center yang berdiri dan banyak digunakan jasanya oleh perusahaan, organisasi atau bisnis yang lain. Namun tentu saja, semua data center ini mungkin tidak memiliki kualitas yang sama baiknya. Terdapat beberapa hal yang mungkin dapat membedakan kualitas yang mereka miliki.

Sebuah data center yang baik tentu harus memiliki standard Internasional serta merujuk kepada standar yang ada untuk keamanan informasi. Dalam membuat seluruh standar keamanan untuk informasi, banyak lokasi data center di Indonesia yang memiliki berbagai pertimbangan seperti berikut ini:

  1. Adanya framework yang terarah, terukur dan juga baku serta harus mendapat pengakuan dari dunia internasional terutama dalam hal keamanan informasi yang disimpan dalam data center.
  2. Adanya efisiensi dan juga efektifitas dalam kendali keamanan sebuah data center. Kendali keamanan ini pun harus memiliki tingkat akuntabilitas yang tinggi.
  3. Compliance yang digunakan harus merupakan compliance dengan standart internasional? Mengapa? Hal ini untuk memudahkan serta agar dapat dilakukan audit sesuai dengan standar internasional yang ada.
  4. Adanya jaminan informasi bahkan ketika adanya kerjasama dengan pihak yang terkait dalam hal berbagi informasi. Jaminan keamanan ini pun dilakukan untuk membuat adanya keamanan yang terlindung baik untuk pihak internal maupun eksternal.

Pertimbangan-pertimbangan seperti inilah yang seharusnya dimiliki oleh banyak Lokasi Data Center di Indonesia yang baik. Selain berbagai pertimbangan di atas, sebuah keamanan informasi yang dimiliki oleh data center pun harus mengacu kepada framework yang memiliki basis seperti berikut ini:

  • Framework yang digunakan harus memiliki bentuk atau pola seperti siklus dimana pengelolaan informasi dapat dilakukan secara terus menerus.
  • Sebuah framework harus memiliki pandangan bahwa informasi yang disimpan merupakan sebuah organisasi yang memiliki nilai intangible dan tangible.
  • Semua pengamanan pun harus dilakukan setelah adanya analisis dari berbagai resiko serta harus mampu melakukan identifikasi terhadap ancaman – ancaman keamanan yang dihadapi.
  • Business Impact Analysis. Hal ini merupakan sebuah analisi yang mampu memberikan gambaran akan besarnya kerugian yang akan didapatkan jika terjadi sebuah ancaman keamanan.
  • Sebuah lokasi data center di Indonesia yang baik harus memiliki kendali keamanan yang sangat spesifik berdasarkan pada beberapa ancaman yang ada dan juga spesifik terhadap sebuah kendali yang terhubung.
  • Adanya sebuah proses revisi dalam hal perbaikan setiap aspek yang berhubungan dengan keamanan dari informasi sebuah data center.

Itulah tadi beberapa basis atau dasar dari framework data center. Sementara itu, untuk memastikan sebuah perusahaan memiliki kualitas layanan data center yang dapat diandalkan, perusahaan tersebut memiliki sertifikat IS0 9001:2008 tentang sistem manajemen mutu, ISO 27001:2013 tentang sistem manajemen keamanan informasi, ISO 14001:2013 tentang sistem manajemen lingkungan, ISO 20000-1:2011 tentang manajemen layanan teknologi informasi dari British Standards Institution (BSI) dan sertifikasi OHSAS 18001 : 2007 tentang sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja dari Bureau Veritas.

Data Center juga harus dikelola oleh tenaga ahli yang berkompeten dibidangnya serta telah tersertifikasi CDCP (Certified Data Center Profesional), CCIP (Cisco Certified Internetwork Professional), CCSP (Cisco Certified Security Professional) dan Certified Ethical Hacker.

Jika anda hendak menggunakan jasa sebuah data center, maka pastikanlah bahwa penyedia data center yang anda pilih memiliki standar keamanan tersebut. Hal ini akan lebih menjamin kualitas sebuah jasa Penyedia data center dan tentunya akan membuat data perusahaan atau bisnis yang anda percayakan menjadi lebih aman. Oleh karena itulah, berbagai Pertimbangan standar keamanan ini harus diperhatikan secara teliti.