Yuk, Bekerja Cerdas

Image Source : www.flickr.com

Umumnya kita merasa bahwa waktu bekerja kita sempit, sementara banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Ketika waktu sudah benar-benar mepet, kita memaksa diri kita sendiri untuk bekerja melebihi kemampuan dan kapasitas alaminya. Hasilnya bisa ditebak. Kita bakal rentan mengalami gangguan fisik dan kedua, hasil pekerjaan kita tidak optimal.

Berikut ada beberapa tips yang bisa membuat kita bisa lebih produktif saat bekerja. Secara garis besar, tips ini akan membuat kita bekerja lebih cerdas, di mana kita bisa memberikan kemampuan optimal kita pada pekerjaan tambah kehilangan banyak energi.

  1. Skala prioritas

Penting untuk membuat skala prioritas dalam pekerjaan. Hampir semua tahu itu. Pembuatan skala prioritas ini bisa disesuaikan dengan karakter Anda atau karakter pekerjaa anda. Skala prioritas bisa dibuat dengan penjadwalan, bisa mingguan atau bulanan. Atau dengan daftar, mana yang harus diselesaikan paling awal, kemudian turut ke paling akhir. Bisa juga mana yang paling penting kemudian turun ke bagian yang kurang penting. Skala prioritas ini akan membuat Anda fokus dalam melakukan pekerjaan, terutama mencapai target yang telah ditetapkan.

  1. Rencanakan apa yang akan dilakukan

Pekerjaan yang telah disusun dalam skala prioritas itu jabarkan dalam langkah-langkah konkrit dan detail. Itu akan menjadi rencana apa yang akan dilakukan. Usahakan sebisa mungkin untuk menjalankan dan mematuhi rencana yang sudah anda tetapkan sendiri.

  1. Tangani apa yang bisa dilakukan segera

Anda memang harus mematuhi rencana yang telah Anda buat dan tetapkan sendiri. Tetapi, tidak semua berjalan sesuai dengan rencana. Apalagi jika itu berkaitan dengan hal di luar kendali Anda. Tidak perlu panik. Jika ada hal di luar rencana yang muncul, pilah. Mana yang bisa dilaksanakan segera, atau tidak memakan waktu lama. Maka segera lakukan itu. Jangan menunda. Sementara yang tak bisa segera, kumpulkan dulu, lalu cocokkan dengan skala prioritas yang sudah Anda buat.

  1. Buat sistem informasi terpusat

Ada baiknya, jika Anda membuat sebuah sistem informasi penting menyangkut pekerjaan secara terpusat. Ini akan memudahkan Anda untuk mencari segala yang diperlukan untuk pekerjaan Anda. Jika informasi penting terkait pekerjaan berada di banyak tempat dan alat, Anda akan perlu banyak waktu untuk mencarinya dan peluang lupa akan lebih besar.

  1. Mantapkan rutinitas dan buat menyenangkan

Terkesan sederhana, tetapi ini penting. Ada baiknya Anda mulai memantapkan apa yang menjadi rutinitas dalam bekerja atau melakukan pekerjaan. Misalnya, jika yang paling pertama dalam pekerjaan Anda mengecek e-mail, maka itu itu harus menjadi rutin. Anda datang, itu lah yang harus dikerjakan pertama. Kadang ada hal-hal lain di luar pekerjaan yang suka Anda lakukan, atau sebenarnya membawa dampak bagi pekerjaaan,browsing, misalnya. Mantapkan rutinitas itu. Tetapi ingat, sebaiknya kasih batas waktu agar apa yang ingin Anda selesaikan hari itu tercapai. Lakukan, tapi jangan melebihi waktu yang sudah Anda tetapkan.

  1. Bikin waktu kerja Anda sendiri.

Yang dimaksud di sini adalah waktu kerja yang disesuaikan dengan karakter Anda. Jika Anda bekerja lebih giat waktu pagi hari, maka usahakan lebih pekerjaan yang bisa dilakukan saat pagi hari. Jika Anda orang siang atau sore hari, maka lakukan lebih banyak pekerjaan di saat itu.

  1. Jangan multi tasking

Kapasitas otak dan kemampuan kita terbatas. Maka, sebaiknya jangan melakukan dua pekerjaan secara sekaligus. Itu akan membuat dua tugas yang kita lakukan hasilnya sama-sama tak optimal. Lakukanlah satu persatu, dan fokus. Pindah ke tugas berikutnya jika tugas sebelumnya telah selesai dikerjakan.

  1. Ambil jeda

Jika pekerjaan Anda banyak melibatkan kemampuan pikiran dan mental, ada baiknya jika mengambil jeda jika mulai merasa berat atau kehilangan fokus. Jeda itu bisa hal kecil, dengan berjalan-jalan di sekitar ruang kerja, atau bersosialisasi dengan kawan sekerja. Tetapi jangan kemudian keterusan. Ada baiknya kembali bekerja jika energi sudah terkumpul.

  1. Pastikan waktu pulang

Jika Anda bekerja di kantor, pastikan waktu kepulangan. Kepastian ini akan membuat kita tahu berapa banyak waktu yang kita miliki untuk bekerja. Jika Anda tidak menentukan itu, Anda akan menunda pekerjaan karena merasa selalu punya waktu untuk melakukan atau menyelesaikan pekerjaan.