free page hit counter

Apa itu Radio Trunking dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Sistem komunikasi radio hingga saat ini masih diandalkan oleh banyak kalangan sebagai alat komunikasi yang masuk ke dalam kategori Critical Communication. Alih-alih tergantikan karena digitalisasi, eksistensi komunikasi radio justru melengkapi berbagai sistem komunikasi yang kian canggih. Radio Trunking menjadi salah satu sistem komunikasi prioritas nomor 1 yang diandalkan di lintas industri dalam menjalankan bisnis. Radio Trunking adalah sistem yang secara bersamaan memanfaatkan sejumlah kecil jalur komunikasi (radio channel) dalam sebuah sistem. Sistem tersebut digunakan oleh beberapa orang pengguna yang tergabung di dalamnya.

 

Sistem Radio Trunking merupakan sistem radio yang berbasis repeater sebagai pemancar sinyal Radio untuk menjangkau coverage yang lebih luas. Penggunaan titik pemancar bisa satu atau lebih sesuai dengan kebutuhan cakupan area komunikasi dan antar titik pemancar bisa terhubung dengan jaringan. Secara teknis, Radio Trunking dapat menggunakan lebih dari satu repeater dalam satu system. Dengan demikian, pengguna yang melakukan komunikasi dapat memanfaatkan kanal komunikasi kosong dari alokasi kanal yang tersedia.

 

Baca juga: Karakteristik Perusahaan yang Membutuhkan Sistem Komunikasi Radio Trunking

 

 

Bagaimana cara kerja Radio Trunking?

 

Sistem Radio Trunking memiliki sebuah channel kendali yang secara terpusat mengalihkan pengguna ke saluran apa pun pada saat melakukan panggilan komunikasi. Sistem Radio Trunking merupakan salah satu jenis sistem radio yang kompleks. Radio Trunking menggunakan beberapa channel atau frekuensi dan memungkinkan channel tersebut dibagikan oleh sejumlah besar pengguna dalam beberapa grup percakapan tanpa saling mengganggu.

 

Sistem Radio Trunking beroperasi dengan asumsi bahwa tidak semua grup akan melakukan percakapan dan digunakan dalam waktu yang sama sekaligus. Hal ini memungkinkan channel untuk dibagikan oleh beberapa grup, sehingga mendapat band yang lebih efisien. Alih-alih mengalokasikan semua radio ke frekuensi yang sama, sistem Trunking memungkinkan banyak pengguna untuk berbagi beberapa frekuensi.

 

Baca juga: Manfaat Fitur Monitoring yang Ada dalam Sistem Radio Trunking

 

 

Keunggulan Radio Trunking

 

Sebagaimana disebutkan di atas, Radio Trunking lebih fleksibel untuk digunakan. Selain itu, sistem ini juga memiliki jangkauan yang luas, sehingga memungkinkan berbagai perusahaan untuk berkomunikasi langsung pada area operational yang luas maupun terpisah secara geografis cukup hanya dengan memencet tombol Push to Talk (PTT).

 

Setiap panggilan radio yang masuk, sistem Radio Trunking akan secara otomatis menentukan kanal komunikasi yang tersedia. Hal ini akan membantu pengguna memangkas waktu pencarian alokasi kanal frekuensi yang kosong/idle.

 

Keunggulan Radio Trunking lainnya yaitu dari sisi privasi dan interupsi (Jalur komando). Pasalnya komunikasi pengguna yang bersifat rahasia dapat dikeluarkan dari sistem Radio Trunking. Selain itu, Radio Trunking juga dilengkapi dengan fitur enkripsi yang membuat pesan sulit dibaca.

Baca juga: 5 Keunggulan Radio Trunking jika Dilihat dari Sektor Keamanan

 

Penggunaan Radio Trunking di Indonesia hingga saat ini masih menjadi alternatif komunikasi terbaik sebagai sarana koordinasi team secara langsung. Terutama bagi perusahaan besar yang bergerak di industri minyak dan gas (migas) serta pelayanan publik maupun industri lainnya yang membutuhkan akses komunikasi koordinasi secara group di lapangan. Jika Anda sedang mencari layanan Radio Trunking, Lintasarta menjadi pilihan terbaik dengan pengalaman lebih dari tiga dekade.

 

Dilengkapi dengan Base Station (Repeater) dan Terminal (Handy Talky dan Mobile Radio/Base Radio), Lintasarta Digital Radio Communication atau Radio Trunking dapat menghubungkan saluran komunikasi lapangan yang sulit mendapatkan sinyal dan beroperasi di frekuensi UHF dengan menggunakan standar Digital Mobile Radio (DMR) sesuai standarisasi European Telecommunications Standards Institute (ETSI).

 

Selain itu, Lintasarta Digital Radio Communication memiliki berbagai macam fitur seperti GPS Track yang sangat efektif dalam memonitoring pergerakan dan aktivitas tim di lapangan, baik secara live maupun historical. Kelebihan lain dari Lintasarta Digital Radio Communication yaitu mendukung kebutuhan otentikasi hingga enkripsi percakapan yang menjadikan komunikasi dengan layanan ini lebih secure. Didukung dengan infrastruktur jaringan dan tim support yang ada di seluruh provinsi di Indonesia, menjadikan Lintasarta sebagai pilihan utama dalam memenuhi kebutuhan Radio Komunikasi di mana pun.

 

Anda dapat menghubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait layanan Lintasarta Digital Radio Communication.