lintasarta-blog

October 28, 2015

Apa itu WAN optimizer open source ?

Bagi orang IT atau yang mengetahui tentang programing baik itu software maupun hardware pasti tidak asing lagi dengan yang namanya WAN, tetapi bagi mereka orang awam pasti terasa asing bila mendengar wan optimizer open source. Wan atau wide area network optimizer adalah optimasi melebarkan area jaringan untuk memperoleh potensi sepenuhnya. Wan optimizer open source ini pastilah dibutuhakan oleh pelaku bisnis yang memiliki gedung perusahaan dan memiliki cabang. Wan optimizer berfungsi menghubungkan jaringan gedung perusahaan pusat dengan kantor cabang perusahaan terlebih lagi jika letak kantor cabang terpencil. Wan optimizer dapat mencegah terjadinya kehilangan data yang berharga.

Wan optimizer mampu mengelola perangkat keras dan mempercepat aliran data jaringan. Hal ini dapat memprioritaskaninformasi yang dikirimkan oleh jaringan, hal ini dikatakan cerdas karena melakukan tindakan secara real time. Wan optimizer merupakan sebuah solusi juga sebagai alat untuk menangani masalah jaringan seperti downtime dan keamanan, dapat diselesaikan dengan solusi hardware. Wan optimizer open source yakni upaya dalam mempercepat aplikasi dalam skala yang luas dan diakses oleh user yang telah terdistribusi, dengan menghapus transmisi yang tidak dibutuhkan, mengelompokan data pada level tertentu dalam local cache juga mengefisiensikan protokol.

WAN merupakan suatu jaringan yang digunakan untuk membuat interkoneksi antara jaringan lokal yang secara fisik tidak berdekatan satu sama lain, misalnya suatu perusahaan dengan kantor cabang terpisah provinsi bahkan lintas negarapun dapat menggunakan wan. Teknologi wan bergantung pada pihak ketiga yaitu pihak layanan telekomunikasi yang menyediakan hubungan jarak jauh bahkan lintas negara. Transfer data rate dalam komunikasi wan umumnya lebih jauh dari pada LAN. Wan optimizer open source artinya mengoptimasi untuk memperoleh potensi sepenuhnya dengan melebarkan atau meluaskan area jangkauan. Wan optimizer open source berfungsi sebagai meningkatkan daya kerja atau kinerja jaringan dan ekspansi. Penyimpanan memberikan pengarsipan data lokal untuk kepatuhan kebijakan dan optimasi wan. Wan optimizer meningkatkan kinerja dengan mengurangi jumlah komunikasi dan data yang ditransmisikan antara aplikasi dan server.

Wan optimizer juga memegang peranan sebagai akselerator aplikasi, wan optimizer kerap digunakan dalam layanan cloud, karena wan optimizer sangat dibutuhkan oleh perusahaan, perusahaan tidak perlu bingung memikirkan kebutuhan IT yang terus saja berkembang dan bertambah. Seringnya mengakses server cloud adalah kantor- kantor cabang perusahaan yang letak geografisnya jauh dari perusahaan pusat. Hal ini dapat mengakibatkan adanya latency dikeranakan banyaknya aplikasi yang diakses via server.

Kemajuan teknologi internet mempengaruhi lajunya perkembangan bisnis anda pastinya, dibutuhkan akses internet yang cepat, umumnya wan optimizer dikenal dengan wanos ialah optimasi software wan yang dapat mengurangi biaya jaringan dan mampu mempercepat kecepatan jaringan wanos berusaha untuk menjadi signifikan yang berguna, mudah digunakan dan dapat diakses oleh semua orang meskipun jaraknya terpisah. Wan optimizer opensource bersifat pengguna mampu memodifikasi wan optimizer sesuai dengan kebutuhan dan keinginan calon penggunanya dengan mengandalkan kemampuan kecepatan akses internet. Operasi wan optimizer open source merupakan investasi yang cukup kompleks dengan harga yang lumayan mahal, tetapi keberadaannya tetap diperlukan untuk menjalankan kantor- kantor cabang, kebutuhan untuk optimasi wan dan kemampuan wan dalam mengakselerasi data ada di hampir semua perusahan, tetapi tetap saja masalah utamanya adalah harganya yang cukup mahal. Kadangkala wan optimizer open source menggunakanlinux, atau freeBSD kelebihannya adalah mampu mengefektifkan dan trafik anterian dapat menggunakan Qos dalam sistem operasi. Aspek prioritas datang ketika kernel memutuskan lalu lintas untuk memungkinkan melalui ketika beberapa antrian.

Wanprooxy dapat digunakan secara transparan untuk kompres semua lalu lintas TCP anara dua endpoint. Manfaat dari penyaringan ini adalah anda akan mendapatkan manfaat ompresi sehingga data ganda tidak harus dikirim kembali melalui wan. Organisasi dan perusahaan IT diseluruh dunia memilih optimasi wan open source untuk mengatasi tantangan bahkan kendala kinerja jaringan.

Setelah anda mengetahui manfaat dari wan optimizer open source, apakah anda tertarik untuk menggunakan sistem operasi ini? Terlebih lagi bagi anda yang memiiki kantor cabang yang letak geografisnya jauh dari kantor pusat. Demikian yang saya bagikan semoga memberikan manfaat untuk anda dan kelangsungan hidup perusahaan anda.






Artikel Lainnya