penulislintasarta

March 20, 2018

Apa itu Network Operation Center (NOC)?

Sebelum mencoba menggunakan suatu teknologi baru, sudah menjadi hal wajar jika kita akan berusaha untuk memperkaya informasi mengenai teknologi baru tersebut. Begitu juga dengan teknologi Cloud. Adanya teknologi Cloud membuat keberadaan pusat data semakin diperlukan akhir-akhir ini. Seperti yang kita ketahui bahwa keberadaan sebuah pusat data atau Data Center sangat vital bagi kelangsungan setiap perusahaan yang mencadangkan data mereka pada Cloud, maka pembahasan mengenai Data Center sendiri tidak akan ada habisnya.



Baca juga: Inilah Regulasi Penempatan Data Center di Indonesia



Bagi Anda sebagai calon pengguna layanan pusat data maupun penyedia layanan tersebut, harus memahami istilah-istilah yang sering muncul terkait operasi Data Center itu sendiri. salah satunya adalah NOC. Anda yang sering bergelut di dunia Data Center pasti sudah sering mendengar istilah yang satu ini. NOC merupakan kepanjangan dari Network Operation Center. Lalu, apa sebetulnya yang dimaksud dengan NOC ini sendiri?



Pengertian NOC



Seperti namanya, Network Operation Center (NOC) merupakan sebuah perangkat infrastruktur yang melakukan kontrol terhadap sebuah jaringan atau network. Kontrol ini meliputi kegiatan untuk mengawasi, mengendalikan, serta mencatat aktivitas jaringan yang sedang berlangsung untuk memastikan semuanya berjalan sesuai dengan yang dikehendaki. Oleh sebab itu, tujuan dari adanya NOC pada sebuah Data Center ini adalah untuk memastikan bahwa jaringan pada Data Center berfungsi baik-baik saja sesuai dengan standar yang ada.



Baca juga: Potensi Ancaman Keamanan Email Perusahaan yang Harus Diketahui



Jika terjadi suatu perubahan pada konfigurasi jaringan, maka hal itu sudah menjadi tugas NOC untuk mengontrolnya. Dalam hal ini, tugas NOC tak hanya mengawasi kondisi jaringan, tapi juga kinerja serta sistem keamanan sehingga bisa melakukan dokumentasi mengenai suatu layanan yang diberikan oleh sebuah Data Center.



Apakah pentingnya NOC pada suatu layanan Data Center?



Pada suatu Data Center, ruangan NOC berfungsi untuk mengatur dan mengawasi segala aset yang berhubungan dengan teknologi informasi sekaligus jaringannya. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua penyedia layanan Data Center memiliki ruangan khusus untuk NOC mereka. Jadi, perhatikan betul hal tersebut sebelum memilih pihak ketiga penyedia layanan Data Center.



Pada beberapa penyedia layanan Data Center, mereka memang tidak memiliki ruangan NOC khusus tetapi punya program untuk melakukan pengawasan secara otomatis. Pada umumnya, mereka adalah penyedia layanan Data Center dalam skala kecil. Namun sebaliknya, vendor pusat data dengan skala yang lebih besar akan menggunakan ruangan NOC khusus untuk menjamin performa Data Center mereka.



Seperti yang kita ketahui bersama bahwa sebuah Data Center harus bisa memberikan ketersediaan selama 24/7, maka keberadaan NOC sangat perlu untuk memastikan agar hal tersebut tetap berjalan. Dengan adanya NOC, pihak manajemen Data Center dapat memantau layanan yang mereka berikan pada pelanggan, termasuk pengontrolan sistem pendingin, sistem keamanan, dan ketersediaan sumber listrik.



Hal-hal apakah yang harus diperhatikan saat akan membangun NOC



Meskipun NOC sangat penting bagi keberlangsungan Data Center, namun seperti yang disebutkan di atas bahwa tidak semua memiliki fasilitas yang satu ini. Sebuah layanan pusat data dapat membangun infrastruktur NOC mereka secara internal maupun memanfaatkan outsource. Hal tersebut tentunya tidak sama antara perusahaan satu dengan yang lainnya karena dipengaruhi oleh besar kecilnya lingkup usaha serta tim yang mereka pakai.



Baca juga: Bahaya yang Mengancam Data Center



Jadi sebelum memutuskan untuk membangun NOC sendiri secara internal, pikirkan kembali apakah hal itu memang diperlukan oleh perusahaan Anda. Baik Anda membangun NOC secara internal atau akan meng-outsource-kannya pada pihak lain, masing-masing memiliki kelebihan.



Lintasarta turut menyediakan layanan Data Center Indonesia yang sudah dilengkapi dengan NOC. Melalui layanan Lintasarta Data Center, Lintasarta dapat membantu perusahaan menyediakan fasilitas penyimpanan data yang lebih besar serta andal. Lintasarta Data Center merupakan solusi bagi kebutuhan penyimpanan data perusahaan yang dilengkapi berbagai fitur pendukung dan infrastruktur lengkap, yang berlokasi di Technopark Data Center, TB. Simatupang dan DRC Jatiluhur. Data Center milik Lintasarta sudah memenuhi standar Uptime Institute (Tier III), tersertifikasi ISO dan PCI DSS.



Jika Anda tertarik menggunakan Network Operation Center (NOC), Anda dapat menghubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.