penulislintasarta

January 08, 2018

Apa itu Virtualization?

Saat Anda melakukan bincang-bincang dengan rekan kerja atau seman dekat, mungkin Anda sering mendengar istilah virtualization. Namun, kurang begitu mengerti apa yang dimaksud dengan istilah ini. Istilah ini sendiri muncul seiring dengan semakin maraknya penggunaan cloud di era yang semakin modern seperti sekarang ini. Namun sebenarnya, istilah ini sudah dikenal sejak tahun 1960-an yang lalu. Tapi, karena teknologi pada waktu belum berkembang jauh sepetir sekarang ini maka di waktu itu istilah virtualization tidak begitu populer.

Virtualization sendiri merupakan upaya pembuatan versi virtual dari sesuatu yang bersifat fisik. Hal ini biasanya berkaitan dengan sistem operasi, penyimpanan data, maupun jaringan. Dari situ, tak heran jika muncul banyak jenis virtualisasi yang difungsikan untuk menjawab kebutuhan setiap perusahaan.

Misalnya seperti network virtualization, memory vrtualization, maupun application virtualization serta masih banyak lagi. Jika Anda masih bingung kenapa virtualisasi ini amat diperlukan, berikut alasan virtualisasi akan memudahkan pekerjaan Anda.

Melindungi Data dari Bencana dengan Adanya Disaster Recovery

Semakin banyak perangkat server maka akan semakin susah pula ketika terjadi bencana. Misalnya jika karena susut hal perangkat server Anda mengalami masalah, maka Anda harus mengeset ulang ke perangkat lainnya. Apa lagi jika bencana yang terjadi menimbulkan kerusakan pada semua server yang mengharuskan Anda untuk mengeset ulang server satu persatu. Tentu akan sangat memakan waktu.

Dengan adanya virtualisasi, Anda tidak perlu melakukan semua itu. Karena infrastruktur yang sudah tervirtualisasi, maka Anda tak perlu mengeset satu per satu perangkat server yang ada. Cukup melakukan backup pada file mesin virtual dan server pun sudah bisa dipakai kembali. . saat bencana menyerang, server-server hanya perlu direlokasi ulang dan hal itu tidak memakan waktu yang begitu lama.

Menghemat Tempat

Penyediaan server fisik tentu merupakan ruangan yang tidak kecil. Sayangnya, seiring kebutuhan perusahaan yang semakin meningkat lambat laun akan mengharuskan Anda untuk menambah server lagi dan lagi. Lalu, apa jadinya jika ruang penyimpanan untuk server ini sudah semakin penuh? Tentu Anda harus menyewa lahan baru,bukan?

Berbeda jika Anda menggunakan virtualisasi. Dengan memanfaatkan virtualisasi, Anda tidak perlu memiliki lebih banyak perangkat untuk menunjang kinerja server sehingga ruang yang terbatas pun bukan lagi menjadi masalah. Dengan lingkungan yang terbatas pun, Anda masih bisa melakukan kegiatan operasional dengan memanfaatkan virtualisasi.

Mengurangi Pengeluaran Perusahaan

Karena Anda tidak memerlukan instalasi banyak hardware, hal ini akan berimbas pada pengeluaran perusahaan. Anda tidak perlu membeli hardware baru untuk mengimbangi kegiatan operasional perusahaan yang semakin kompleks. Selain itu, perlu Anda ingat bahwa instalasi hardware juga memerlukan perawatan yang tidak gratis, maka dengan adanya virtualisasi ini memungkinkan Anda untuk memangkas semua biaya tersebut. Dengan begitu, Anda bisa mengalokasikan dana tersebut untuk kepentingan lainnya.

Virtualisasi menawarkan benefit yang banyak bagi perusahaan Anda. tak heran jika banyak perusahaan yang sudah menggunakan layanan virtualisasi ini dengan menggunakan mesin virtual. Beberapa perusahaan tersebut di antaranya ada Metori yang merupakan perusahaan start up yang bergerak di bidang finansial. Metori memanfaatkan virtualisasi untuk berkompetisi dengan para pesaingnya dan juga melakukan berbagai inovasi terbaru. Selain itu ada juga Grisard yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur. Bagaimana, apa Anda tertarik untuk menggunakan teknologi virtualisasi ini?