lintasarta

October 11, 2019

Memahami Sistem Pengelolaan Data pada Private Cage Colocation Data Center

Dalam sistem pengelolaan data, colocation data center merupakan tempat khusus yang disediakan sebagai lokasi pusat penyimpanan data-data penting. Colocation data center tentu memiliki hubungan yang sangat erat dengan server, rack, data center, jaringan internet, dan sistem cloud computing. Keberadaannya sangat penting untuk melindungi aset digital perusahaan dari kerusakan, peretasan, hingga pencurian data-data penting.

Baca juga: Mengenal Komponen Inti Data Center dan Cara Kerjanya


Seiring dengan berkembangnya aktivitas bisnis perusahaan, tentu dibutuhkan fasilitas penyimpanan data dalam skala lebih besar dan terjamin keamanannya. Untuk itulah hadir sistem pengelolaan data yang dinamakan private cage colocation data center.. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai private cage colocation data center.

Cocok untuk yang membutuhkan lebih banyak rack


Layanan private cage colocation data center biasanya dibutuhkan perusahaan atau instansi yang bergerak di bidang teknnologi, pengelola website, programmer, serta bidang lainnya yang membutuhkan layanan dan pengelolaan data dalam jumlah besar. Di Indonesia, layanan ini banyak digunakan perusahaan yang bergerak di sektor perbankan. Hal tersebut dikarenakan private cage colocation data center memungkinkan perusahaan perbankan memiliki lebih banyak rack untuk menyimpan data-data internal, nasabah, hingga investor.

Setiap rack memiliki cage sehingga lebih aman


Sebelumnya, perlu diketahui, rack colocation merupakan layanan yang diberikan untuk menempatkan server maupun data-data penting milik perusahaan, melalui pihak ketiga sebagai penyedia layanan colocation. Berbeda dari layanan colocation data center, di private cage colocation data center setiap rack dilengkapi dengan cage untuk lebih menjamin keamanan penggunanya. Sama seperti namanya, layanan ini menjamin privasi masing-masing pengguna melalui cage yang dilengkapi dengan fitur keamanan, termasuk fingerprint dan ID Card.

Baca juga: Sudah Tahu Kerugian Jika Data Center Anda Berada di Luar Negeri?



Tidak sharing dengan rack milik klien lain


Pada penggunaan layanan colocation data center, umumnya rack yang Anda miliki bercampur dengan milik klien lain. Hal ini dilakukan demi menghemat space colocation yang disediakan penyedia layanan data center. Menariknya, dengan menggunakan private cage colocation data center, Anda tidak perlu berbagi rack dengan klien lain. Dengan begitu, keamanan lebih terjamin karena hanya pihak bersangkutan yang bisa mengakses rack tersebut.

Dilengkapi fingerprint dan ID Card


Layanan private cage colocation data center merupakan solusi terbaik bagi kebutuhan penyimpanan data dalam jumlah sangat besar yang dimiliki perusahaan. Selain menyediakan rack secara privat, layanan ini juga dilengkapi dengan fingerprint dan ID Card. Artinya, hanya klien yang bersangkutan yang bisa mengakses.

Terjadinya kebocoran data atau pencurian pun dapat lebih diminimalisasi dengan penggunaan private cage colocation data center oleh perusahaan berskala besar, terutama yang bergerak di bidang perbankan. Kerugian dapat dicegah sehingga kinerja perusahaan tidak terpengaruh dan kredibilitasnya pun tetap terjamin di hadapan para nasabahnya.

Lintasarta Data Center menyediakan layanan private cage colocation data center bagi Anda yang membutuhkan keamanan lebih dalam melindungi data-data penting perusahaan. Didukung dengan adanya layanan Disaster Recovery Center, operasional sistem perusahaan dapat berjalan dengan lancar meski terjadi gangguan. Selain itu, masing-masing data center di Lintasarta juga didukung power supply stabil serta memiliki pendingin ruangan presisi.

Baca juga: Apa Itu High-Density Colocation pada Data Center?


Lintasarta memiliki SDM kompeten dan profesional dalam bidangnya masing-masing untuk menjamin seluruh layanan diberikan secara maksimal kepada setiap klien. Jaringan Lintasarta juga telah mengantongi sertifikasi ISO 9001:2008 Quality Management Systems, serta Sertifikasi ISO 27001:2013 Information Security Management Systems. Informasi lebih lanjut terkait produk dan layanan dari Lintasarta, Anda bisa hubungi kami di sini.