admin-pemasaran-la

July 18, 2018

5 Kelemahan Aplikasi Gratis yang Belum Anda Ketahui

Seberapa seringkah Anda menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi dengan rekan sekantor? Mungkin hampir setiap menit untuk koordinasi selama bekerja dari jarak jauh seperti Working from Home (WFH) karena pandemi. Aplikasi komunikasi dan media sosial telah banyak membantu kita di era digital ini. Whatsapp, Facebook Messenger, Telegram, Skype, LINE dan lainnya dengan cepat menjadi kebiasaan kita untuk berkomunikasi dengan keluarga dan rekan kerja. Terlepas dari kemudahan mengakses aplikasi-aplikasi gratis di atas, penggunaannya untuk aktivitas pekerjaan kadang tidak dapat diandalkan.



Apa saja kekurangan menggunakan aplikasi gratis untuk komunikasi bisnis di lingkungan kantor? Simak pembahasan berikut ini.



Tidak ada jaminan keamanan data pribadi perusahaan



Ketidakmampuan Anda dalam mengontrol data mana yang dapat atau tidak dapat dibagi khususnya yang bersifat rahasia akan menjadi potensi penyalahgunaan data. Whatsapp, misalnya, adalah perusahaan yang dimiliki oleh Facebook, sebuah aplikasi yang mengandalkan data untuk mendapatkan revenue. Bahkan, Whatsapp telah meluncurkan adanya fitur yang dapat menghubungkan bisnis dengan pelanggan.



Menggunakan Cloud server yang berada di luar Indonesia



Selama terhubung dengan Internet, kita dapat mengakses layanan mereka, namun tahukah Anda, aplikasi-aplikasi ini (sejauh ini) tidak dijalankan diatas Cloud yang berada di Indonesia? Hal ini tidak sejalan dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 82 Tahun 2012 yang menyebutkan bahwa penyelenggara sistem elekotronik untuk pelayanan publik wajib menempatkan Pusat Data (Data Center) di Indonesia. Jika bisnis Anda mengandalkan aplikasi yang datanya berlokasi di Data Center di luar Indonesia, Anda dapat terkena risiko pelanggaran peraturan pemerintah. Selain itu, Anda akan lebih sulit dalam mengendalikan data secara penuh.



Tidak ada jaminan ketersediaan layanan



Aplikasi gratis tidak memiliki Service Level Agreement (SLA) tertentu yang dapat Anda andalkan sehingga ketika ada gangguan di tengah kondisi yang mendesak, penyelesaiannya tidak bisa dilakukan pada saat itu juga.



Pengembangan dilakukan berfokus pada kebutuhan komunikasi non bisnis



Kurangnya pengembangan fitur yang dibutuhkan bisnis (misalnya live presentation sharing, video conference dan security) menjadi kelemahan aplikasi gratis. Hal ini akan membatasi Anda dalam berkomunikasi bisnis dengan rekan atau atasan Anda.



Kurangnya layanan dukungan bagi perusahaan



Gangguan dapat datang dengan faktor apapun, termasuk dari server penyedia layanan maupun server Anda. Bantuan teknisi atau customer support yang dapat diandalkan menjadi peran penting pada saat hal ini terjadi.



Jika perusahaan Anda membutuhkan layanan yang lebih cocok untuk kebutuhan bisnis, berikut beberapa poin yang perlu Anda pastikan dari penyedia layanan collaboration:





  • Fitur-fiturnya dapat memenuhi kebutuhan pengguna pada tiap perusahaan

    Pada saat ini, Anda sebagai pengelola IT perusahaan dapat mewawancarai pengguna dan membuat daftar kebutuhan yang kemudian menjadi acuan Anda dalam memilih perangkat atau layanan dari penyedia.




  • Kualitas komunikasi atau rapat dan ketersediaan terjaga

    Bagaimanakah rincian SLA yang dapat dipenuhi penyedia layanan? Apakah penyedia dapat memberikan demonstrasi untuk meyakinkan Anda dan tim? Jika merupakan layanan berbasis Cloud, seberapa andal Cloud mereka?




  • Memiliki bantuan teknis pelanggan yang cekatan

    Apakah penyedia layanan dikenal dengan pelayanannya yang mendukung atau sebaliknya? Anda dapat mempelajari hal ini dari website penyedia, pengakuan-pengakuan perusahaan lain terhadap layanannya dan pengalaman Anda sendiri.




  • Sejalan dengan regulasi pemerintah

    Jika layanan berbasis Cloud, di manakah server dan Data Center berada? Pelanggaran terhadap regulasi pemerintah dapat membuat layanan ini dihentikan kapan pun.




  • Terjangkau

    Apakah nilai manfaat yang diberikan layanan ini sesuai dengan kemampuan perusahaan? Jika tidak, mungkin ada beberapa spesifikasi yang dapat disesuaikan sehingga Anda tetap dapat menikmati kelebihan layanan kolaborasi berkelas ini.





Setelah membaca artikel ini, semoga Anda dapat memilki gambaran lebih jelas tentang perbedaan layanan komunikasi gratis dan berbayar serta keunggulan dan kelemahan masing-masing bagi perusahaan.



Ingin berkonsultasi dengan ICT Solution Architect kami mengenai solusi collaboration yang terbaik bagi perusahaan Anda? Klik di sini.

Artikel Lainnya