penulislintasarta

January 11, 2018

Memilih Virtual Machine Terbaik untuk Kebutuhan Anda

Perkembangan teknologi memungkinkan kita untuk melakukan segala sesuatunya dengan lebih mudah. Berbagai inovasi terus dikembangkan agar manusia bisa memenuhi kebutuhannya dengan sangat mudah. Termasuk dalam bidang IT yang kian hari kian canggih dengan berbagai inovasi yang muncul di dalamnya.

Mungkin Anda sudah sering mendengar istilah virtual machines atau mesin virtual. Anda pun bertanya-tanya apa yang dimaksud dengan mesin virtual ini. Seperti namanya virtual machine merupakan mesin maya yang memungkinkan penggunanya untuk mengimplementasikan perangkat lunak pada sebuah mesin komputer yang mana mesin ini dapat menjalankan program layaknya komputer asli.

Mesin virtual sangat menguntungkan karena bisa dimanfaatkan untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang tidak mungkin dilakukan pada komputer asli atau melakukan tes tertentu yang membutuhkan Environment tersendiri yang mengharuskan penggunanya untuk menginstal virtual machine ini.

Selain itu, virtual machine juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan ekstensi terhadap penggunaan pusat data. Karena tak hanya ada satu penyedia layanan virtual machine ini, lalu bagaimana cara memilih virtual machine yang terbaik bagi perusahaan Anda?

Sesuaikan Ukuran Mesin dengan Kebutuhan

Mesin virtual hadir dalam berbagai pilihan ukuran. Hal ini tentu saja untuk menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jadi, jangan sampai Anda salah memilih. Sebelum memilih, pikirkan terlebih dahulu apa saja yang akan Anda manfaatkan dari mesin virtual tersebut. Jika Anda belum yakin dengan mesin virtual mana yang harus Anda pilih, maka sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu dari kebutuhan yang paling mendasar.

Seiring berkembangnya perusahaan Anda yang berimbas pada pemenuhan yang semakin kompleks, maka di situlah saatnya Anda memikirkan untuk melakukan upgrade terhadap ukuran mesin virtual Anda. Hal ini jauh lebih efektif dibanding Anda langsung membeli mesin virtual dengan ukuran yang lebih besar sedari awal. Jadi yang penting, ketahui kebutuhan Anda terlebih dahulu lalu pilih mesin virtual sesuai kebutuhan dan jika di tengah jalan ternyata membutuhkan ukuran yang lebih besar, Anda hanya perlu melakukan upgrade.

Ada Berbagai Tipe Mesin Virtual, Pastikan Memilih yang Tepat

Selain ukuran yang beragam, jenis mesin virtual juga hadir dengan beragam jenis. Setiap jenis memiliki fungsi masing-masing misalkan untuk optimisasi storage, optimisasi memori, ataupun untuk fungsi umum. Nah, agar mesin virtual Anda tepat sasaran dalam memenuhi kebutuhan perusahaan, maka pilihlah jenis yang paling Anda butuhkan.

Jika Anda kurang paham mengenai jenis layanan mesin virtual apa saja yang ditawarkan oleh perusahaan penyedia layanan tersebut, Anda bisa menanyakannya secara langsung untuk meminta saran atau pertimbangan. Penyedia jasa layanan lebih paham akan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah perusahaan Anda terkait mesin virtual ini. Tidak ada salahnya Anda memahami secara detail masing-masing benefit yang akan Anda dapatkan dari jenis mesin virtual.

Sesuaikan dengan Budget

Nah, setelah Anda memikirkan jenis dan ukuran mesin virtual mana yang akan Anda pilihan dan satu hal yang tidak boleh Anda lupakan. Yakni masalah budget. Budget mempengaruhi kualitas mesin virtual yang akan Anda pilih. Semakin besar budget Anda maka sekain banyak opsi yang bisa Anda pilih. Sebaliknya, jika budget yang Anda miliki terbatas, maka jangan sampai salah pilih. Perhatikan betul kebutuhan Anda dan pastikan Anda memilih mesin virtual yang tepat demi kelangsungan kegiatan operasional perusahaan.

HK Express merupakan salah satu maskapai yang sudah memanfaatkan teknologi mesin virtual. Mereka memanfaatkan mesin virtual untuk meningkatkan keamanan dan juga kemampuan AI mereka. Jadi, sudah siap memilih mesin virtual terbaik untuk perusahaan Anda?

Artikel Lainnya