penulislintasarta

February 08, 2018

Pentingnya Proof of Concept/ Free Trial Sebelum Memilih Provider Cloud

Dengan memahami betapa pentingnya penggunaan teknologi cloud dalam mendukung kegiatan bisnis Anda, tentu Anda tidak perlu berpikir ulang untuk segera mulai memakainya. Setelah Anda mencari informasi di sana sini terkait layanan cloud yang ada, Anda pun memutuskan untuk memilih vendor pilihan Anda. Namun, ada satu langkah lagi yang dapat Anda lakukan. Sebelum memutuskan untuk memakai layanan tersebut, sebaiknya Anda memanfaatkan fitur free trial yang diberikan oleh vendor tersebut. Berikut beberapa alasannya.

 Membuktikan Sendiri Kualitas Produk yang Akan Dibeli

Tujuan utama Anda memakai free trial adalah untuk merasakan kepraktisan yang ditawarkan oleh vendor tersebut. Tentunya saat pertama kali, Anda tergiur dengan promo serta slogan mereka yang menawarkan ini dan itu, bukan? Hal tersebut bisa Anda buktikan secara langsung dengan mengambil free trial-nya. Dengan mencoba free trial yang ditawarkan selama beberapa hari, Anda bisa tahu apakah kualitas layanan yang mereka berikan sesuai dengan janji dan promo yang mereka lakukan.

Agar Tidak Menyesal di Kemudian Hari

Pertimbangan menggunakan layanan cloud merupakan investasi jangka panjang. Oleh sebab itu, karena Anda akan memakainya dalam waktu yang cukup lama, maka penting untuk memastikan bahwa layanan tersebut adalah yang terbaik untuk perusahaan Anda. Jangan sampai ketika Anda sudah menandatangani kontrak kemudian setelah beberapa hari berjalan ternyata layanan tersebut tidak sepadan dengan dana yang sudah Anda keluarkan. Untuk menghindari terjadinya hal ini, free trial dapat menjadi solusinya.

Memastikan Bahwa Produk Cloud Tersebut Bisa Mendukung Bisnis Anda

Tujuan Anda membeli layanan cloud adalah untuk membuat agar kegiatan operasional bisnis bisa berjalan semakin lancar. Dengan adanya free trial, Anda bisa mencoba layanan tersebut selama beberapa hari. Bahkan Anda free trial yang menawarkan hingga 30 hari masa percobaan. Tentunya ini akan sangat menguntungkan bagi Anda sebagai pengguna, bukan?

Selama masa percobaan free trial tersebut, coba Anda perhatikan benefit apa saja yang bisa Anda dapatkan dari produk tersebut. Bandingkan hasil kerja antara sebelum dan sesudah menggunakan layanan tersebut. Dengan begitu, Anda bisa tahu apa yang bisa diberikan oleh layanan tersebut dalam mendukung kegiatan bisnis Anda.

Mengenal Lebih Jauh Produk/ Layanan Cloud yang akan Digunakan

Sebelum membeli, Anda harus mengenali dan memahami terlebih dahulu layanan yang akan Anda gunakan. Dengan adanya free trial, Anda bisa “berkenalan” lebih jauh dengan layanan tersebut dengan cara mencoba semua fitur-fiturnya. Apakah fitur yang dimilikinya cukup lengkap sesuai yang Anda inginkan? Manfaatkan secara optimal kesempatan free trial atau Proof of Concept untuk mengeksplor dan membiasakan diri dalam menggunakan mayoritas fitur yang ada.

Itulah alasan kenapa sebagian besar penyedia layanan cloud memberikan free trial untuk calon pelanggan mereka. Selain agar Anda dapat merasakan sendiri layanan yang akan dicoba, free trial juga dapat dimanfaatkan oleh vendor untuk mendemonstrasikan kualitas pelayanan pada pelanggan.

Photo credit: Blue Coat Photos (flickr.com)