penulislintasarta

January 25, 2018

Tips Menentukan Spesifikasi Server yang Tepat Untuk Bisnis Anda

Dulu, untuk memindahkan data Anda bisa menggunakan USB ataupun mengirimnya lewat email kemudian menyimpannya di hardware Anda. Namun, seiring berkembangnya teknologi, cara tersebut dianggap menjadi ketinggalan zaman. Cara tersebut dianggap kurang praktis dan kurang efisien waktu. Jika diterapkan di era seperti sekarang, tentu akan membuat peserta bisnis menjadi tertinggal dari para pesaing mereka.

Sekarang semua telah beralih ke cloud. Anda tidak perlu lagi menyimpan data di komputer lalu memindahkannya lewat flashdisk jika ingin menyalinnya ke perangkat lain. Data yang tersimpan di cloud dapat diakses kapanpun dimanapun tanpa bantuan perangkat tambahan. Sebagai pengganti flashdisk fisik untuk menampung data Anda, sebuah sistem cloud membutuhkan storage yang ada pada sebuah server yang terletak di sistem cloud. Tak hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan, layanan berbasis cloud juga dapat menjalankan aplikasi perusahaan anda tanpa sulit diakses.

Tentu tantangan dalam menggunakan cloud adalah kehandalaan server cloud Anda yang sangat bergantung pada spesifikasi yang Anda pilih. Berikut tips untuk menentukan server yang tepat untuk bisnis Anda.

 

Semakin Besar Ukuran RAM Semakin Baik

Seperti yang kita tahu bahwa RAM merupakan otak dari sebuah perangkat, maka memiliki RAM dengan ukuran yang lebih besar selalu menjadi opsi yang lebih baik. Seiring bertambahnya kebutuhan perusahaan Anda, maka kebutuhan server akan RAM juga akan lebih besar. Oleh sebab itu, memilih server dengan ukuran RAM besar selalu menjadi pilihan yang terbaik.

Namun, semakin besar ukuran RAM biasanya juga akan berimbas pada biaya yang harus Anda keluarkan. Untuk itu, perhatikan betul kebutuhan perusahaan anda. yang paling penting, jangan memilih RAM yang paling minimal karena lambat laun Anda akan memerlukan penambahan RAM seiring meningkatnya kebutuhan perusahaan. Semakin besar RAM maka besar kemungkinan semua proses bisa dilakukan dengan lancar. Sebaliknya, RAM yang kurang mumpuni akan memberikan performa yang terbatas.

Storage Juga Perlu untuk Dipertimbangkan

Sama seperti RAM, semakin besar ukuran storage maka akan semakin menguntungkan untuk Anda. Setiap hari, jumlah data yang harus disimpan juga akan semakin bertambah sehingga storage yang besar akan lebih menguntungkan untuk Anda. Jika Anda memiliki budget lebih, maka tak perlu berpikir panjang. Segera pilih server dengan storage yang lebih besar karena ini akan memberikan keuntungan pada Anda untuk ke depannya.

Perhatikan CPU

Selain RAM, satu lagi spesifikasi yang memainkan peranan penting karena mempengaruhi kinerja server adalah CPU. CPU bertindak sebagai otak dari server itu sendiri. seperti yang kita ketahui bersama, sejauh ini ada dua pemain besar yang telah mengembangkan CPU mereka, yakni Intel dan AMD. Selain untuk prosesor komputer desktop ataupun notebook, dua pemain besar ini juga menyediakan layanan untuk server.

Jika memilih di antara dua produk ini memang cukup menguntungkan mengingat keduanya hampir memiliki spesifikasi yang sama dan saling bersiang satu sama lainnya. Jadi, masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan. Namun, sudah menjadi rahasia umum bahwa Intel yang merupakan pemain lama memiliki performa yang lebih tangguh di kelasnya. Dengan prosesor Intel, Anda bisa mendapatkan performa kinerja server yang lebih cepat dibanding dengan prosesor yang core-based.

Dengan tips-tips di atas, Anda bisa memilih server yang tepat bagi bisnis Anda. Jangan asal memilih server, tapi sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda. pemilihan server yang tepat akan berimbas pada kegiatan bisnis yang lancar. Selain itu, penting juga untuk mempertimbangkan budget Anda.  Jadi, sudah siap memilih server Anda?

Artikel Lainnya