free page hit counter

Bagaimana Cara Menghindari Serangan Cyber yang Marak di Internet?

serangan cyber

Memiliki dampak yang besar serta merugikan masyarakat atau perusahaan, serangan cyber atau serangan siber menjadi hal yang ditakuti oleh banyak orang. Di Indonesia sendiri, data Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mencatat terjadi 12.9 juta serangan selama 2018. Untuk menghindari serangan tersebut, Anda perlu memahami hal-hal berikut.

Baca juga: Sedang Cari Internet Service Provider Baru? Pertimbangkan Dulu Hal Ini

Tipe serangan cyber di internet

Serangan cyber di Indonesia memiliki banyak jenis dan semuanya tentu saja merugikan, baik dari segi perorangan hingga perusahaan besar. Beberapa serangan cyber yang sering muncul di Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Keylogger

Keylogger merupakan jenis serangan software yang digunakan untuk merekam data korban dari apa yang mereka input melalui keyboard komputer. Keylogger akan menyerang komputer melalui malware. Tujuannya adalah untuk mencuri semua data komunikasi yang dikirimkan ke sebuah sistem PC pelaku kejahatan tersebut.

  • Man in the Middle

Pada dasarnya, serangan cyber ini memiliki pola, yakni penyerang (hacker) berada di antara dua orang yang berkomunikasi, contohnya adalah web dan user. Hacker ini akan membajak semua aliran informasi dari kedua orang yang melakukan komunikasi tersebut. Serangan seperti ini tergolong berbahaya, mengingat hacker bisa saja memodifikasi infromasi dan menggunakannya untuk keperluan yang melanggar hukum.

  • Malware/Ransomware

Ransomware ialah program dalam sebuah komputer atau internet yang bertujuan untuk membajak dokumen korbannya melalui algoritma dan enkripsi khusus. Apabila dokumen dan data-data penting sudah dikunci oleh jenis serangan cyber ini, maka hanya bisa dibuka dengan kode tertentu yang dimiliki oleh pelakunya. Biasanya para korban akan diancam oleh pelaku kejahatan ini dengan uang tebusan untuk dapat membuka kembali peranti komputer atau jaringan internet yang dibobol tersebut.

Baca juga: 5 Pertimbangan jika Perusahaan Manufaktur Ingin Memilih Provider Internet

Memilih ISP yang memiliki fitur security terbaik

Serangan siber dapat Anda hindari dengan beberapa hal. Salah satunya adalah dengan memilih internet service provider (ISP) yang memiliki fitur security terbaik. Adapun beberapa fitur security internet terbaik tersebut di antaranya adalah:

  • Next-Generation Firewall on Premise

Fitur ini diberikan oleh ISP dengan penyewaan perangkat yang ditempatkan pada lokasi data center. Dengan begitu, data center yang ada dapat terlindungi dari malware, spyware, dan berbagai virus lainnya. Semua perangkat tersebut dilengkapi dengan berbagai lisensi dan fitur lengkap.

  • Next Generation Firewall on Cloud

Adanya fitur ini memungkinkan jaringan Anda semakin terjamin keamanannya dari serangan internet. Tidak hanya itu, fitur ini juga mampu mengenali beragam virus yang ada di sebuah aplikasi yang sering keluar-masuk server pada data cloud Anda.

  • Managed Antivirus

Keamanan dari serangan internet juga harus memperhatikan perangkat yang digunakan oleh pengguna. Fitur managed antivirus yang ditawarkan oleh ISP dapat memberikan perlindungan pada perangkat komputer perusahaan. Sehingga semua data dalam komputer menjadi semakin aman dan dapat diandalkan.

  • Managed Antivirus for Server

Selain untuk perangkat yang digunakan, managed antivirus juga bisa digunakan untuk mencegah sever perusahaan dari malware dan virus berbahaya lainnya. Managed antivirus dapat menjadi pertahanan terakhir bagi server perusahaan.

  • Security Information and Event Management Service

Keunggulan fitur ini adalah dapat memastikan sistem IT security perusahaan terdokumentasi dengan baik. Fitur canggih ini bisa mendeteksi dan merespons segala bentuk serangan secara realtime. Hal ini akan memudahkan Anda dalam melakukan pengelolaan dan menanggulangi serangan.

Teknisi yang berpengalaman dan bersertifikat

Untuk menghindari serangan cyber di internet, diperlukan pula teknisi yang berpengalaman. Biasanya teknisi berpengalaman yang dimiliki oleh ISP terbaik mempunyai sertifikat terpercaya, keahlian mereka untuk menangani permasalahan jaringan internet di perusahaan pun tidak diragukan lagi.

Baca juga: Alasan Situs Web Anda Menggunakan Web Application Firewall (WAF)

Semua hal tersebut bisa Anda dapatkan dalam layanan Lintasarta. ISP terpercaya ini sudah lebih dari 31 tahun menangani permasalahan mengenai teknologi dan informasi di Indonesia. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai fitur-fitur terbaik Lintasarta, klik di sini. Lindungi jaringan internet Anda dari serangan cyber dengan internet service provider terbaik untuk operasional perusahaan yang lebih baik.

Info cyber