lintasarta

February 07, 2020

Blank Spot: Apa Itu dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Keberadaan sinyal dalam komunikasi memang sangat penting, terutama bagi perusahaan yang membutuhkan mobilitas tinggi. Namun, pernahkah ketika Anda melakukan komunikasi, baik melalui telepon, pesan singkat, hingga menggunakan jaringan internet, tiba-tiba terputus begitu saja? Mungkin Anda mengira pulsa atau paket data internet sudah habis. Akan tetapi bila pulsa ataupun paket data masih mencukupi tetapi tidak bisa digunakan, tentu ada faktor lain yang melatarinya. Faktor tersebut bisa saja karena terjadi kendala pada jaringan seperti gangguan ketika cuaca buruk dan sebagainya.

Baca juga: Seperti Apa Pemanfaatan VSAT pada Perusahaan Pertambangan?


Atau bisa saja kendala tersebut disebabkan adanya blank spot. Blank spot sendiri adalah kondisi di mana suatu tempat tidak tersentuh atau tercover sinyal komunikasi. Baik untuk komunikasi analog seperti jaringan telepon atau komunikasi digital seperti jaringan internet. Bila suatu tempat terjadi blank spot, maka akan sulit terjadi komunikasi dua arah. Adanya blank spot tentu akan sangat merugikan berbagai pihak. Bukan hanya kerugian materi saja, tetapi juga bisa saja kehilangan data-data penting. Lalu, apa yang menyebabkan blank spot dan bagaimana mengatasinya? Berikut ulasan yang dapat Anda simak.

Penyebab terjadinya blank spot


Ada banyak hal yang melatarbelakangi terjadinya blank spot di suatu wilayah. Mulai dari faktor teknis maupun non-teknis seperti kondisi geografis dan faktor cuaca. Berikut penjabaran dari faktor-faktor tersebut.


  • Kondisi geografis




Kondisi geografis seringkali menjadi faktor utama minimnya sinyal yang ada di suatu tempat. Bahkan tidak jarang semakin sulit medan dan kondisi geografisnya, sinyal komunikasi hilang sama sekali. Contohnya saja, suatu tempat yang terpencil di tengah hutan atau di wilayah pegunungan. Sinyal akan sulit didapatkan karena tidak adanya sarana pendukung untuk menangkap sinyal yang ada seperti BTS dan kabel optik. Terlebih bagi daerah dengan kondisi geografis terjal, akan sulit untuk dibangun sebuah BTS mengingat sulitnya material yang dibawa menuju tempat tersebut.


  • Faktor cuaca




Selain faktor kondisi geografis, faktor cuaca juga sangat berpengaruh terhadap terjadinya blank spot. Cuaca buruk seperti ketika hujan deras akan melepaskan ion-ion tertentu, sehingga dapat mengganggu ketika menerima sinyal dan menghalangi gelombang radio. Selain hujan, terjadinya angin saat hujan pun dapat mempengaruhi arah jaringan. Alhasil, jaringan terganggu bahkan hilang karena menara penghubung maupun pemancar sinyal roboh akibat minimnya sarana dan prasarana. Jadi, karena buruknya sarana tersebut, ketika menghadapi cuaca buruk tidak dapat mengantisipasinya.

Baca juga: Bagaimana Pemanfaatan VSAT pada Perusahaan Minyak dan Gas?



Bagaimana mengatasi blank spot?


Meskipun begitu, masalah mengenai blank spot bukan berarti tidak dapat diatasi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, terutama bagi pihak penyedia layanan komunikasi dan pemerintah. Cara tersebut di antaranya bisa dilakukan dengan memperkuat sinyal atau dengan menggunakan layanan VSAT.


  • Memperkuat sinyal




Memperkuat sinyal adalah pilihan yang paling banyak digunakan oleh penyedia layanan komunikasi untuk memperkuat sinyal yang ada. Cara yang dilakukan biasanya masih konvensional, yakni dengan membangun menara-menara BTS untuk mendistribusikan sinyal. Kemudian cara lainnya adalah dengan membangun kabel fiber optik. Kabel optik dinilai mampu lebih baik ketika mendistribusikan sinyal kepada pengguna, namun masih terkendala dari segi biaya karena cukup mahal.


  • Menggunakan layanan VSAT




  • Cara berikutnya yang bisa dilakukan oleh perusahaan, instansi, hingga pemerintah dalam menjangkau sinyal dan menghindari blank spot adalah menggunakan VSAT. VSAT merupakan akronim dari Very Small Aperture Terminal atau stasiun penerima sinyal dari satelit menggunakan antena. Keunggulan dari VSAT ini selain jangkauannya yang luas hingga mencakup setengah permukaan bumi, juga pemasangannya yang cepat.


Baca juga: Apa Itu VSAT Dan Bagaimana Pemerintah Dapat Memanfaatkannya?


Penggunaan VSAT ini sangat cocok bagi industri yang bergerak di bidang energi, perbankan, hingga manufaktur yang membutuhkan koneksi dan sinyal stabil dalam menjangkau cabang perusahaan di daerah terpencil sekalipun. Di Indonesia, layanan VSAT kini semakin banyak digunakan, salah satunya adalah layanan VSAT dari Lintasarta. Dengan layanan pengoperasian di lebih 14.000 titik di Indonesia, layanan VSAT Lintasarta bisa Anda andalkan untuk kebutuhan perusahaan.

Itulah ulasan mengenai blank spot dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan!