Fungsi Command Centre dan Cara Mengoptimalkan Pengunaannya

Mungkin banyak dari kita sering menonton film perang atau film yang berlatar belakang militer di mana terdapat adegan seorang pemimpin atau jenderal yang sedang mengawasi kegiatan anak buahnya, dan sesekali melakukan perintah melalui beberapa layar monitor yang terhubung ke kamera satelit di suatu ruangan yang dipenuhi peralatan komunikasi canggih lainnya.



Ruangan tersebut biasa disebut dengan Command Centre (CC) dan tentunya Command Centre tidak hanya ada dan dibutuhkan di dunia militer tapi juga ada dan dibutuhkan di dunia sipil (nonmiliter) seperti di pemerintahan, pengelola kawasan seperti bandara, pelabuhan, terminal, kawasan industri dan lainnya.



Baca jugaAutomated SOP untuk menjawab tantangan Smart City di Indonesia



Secara umum Command Centre dapat diartikan sebagai suatu tempat atau lokasi untuk menyediakan perintah, koordinasi, dan pembuatan keputusan cepat dalam mendukung atau merespons kejadian penting.



Dari sisi perusahaan, Command Center merupakan salah satu fasilitas yang diperlukan oleh perusahaan dalam menjalankan Crisis Management atau Business Continuity Management. Command Center adalah sebuah lokasi yang lengkap dengan infrastruktur yang diperlukan, di mana seorang direktur atau pengambil keputusan bersama-sama dengan tim, untuk melakukan pertemuan, mengambil keputusan menugaskan, mengkoordinasi, memonitor dan mengontrol seluruh tindakan yang diperlukan sebagai respon terhadap krisis yang dihadapi perusahaan, di antara lainnya meliputi tindakan tanggap darurat, action plan untuk perbaikan dan pemulihan, langkah pengadaaan, dan langkah penyediaan informasi publik.



Melihat pentingnya fungsi Command Centre saat ini, banyak pemerintah daerah baik kota atau kabupaten yang membangun Command Centre untuk mendukung operasional pemerintahan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Bahkan Command Centre juga dijadikan sebagai salah satu ikon implementasi Smart City di suatu daerah.



Baca jugaKota Pintar yang Berkelanjutan untuk Kesejahteraan Masyarakat Indonesia



Pengoptimalan Command Center



Pembangunan Command Centre memang bisa dijadikan sebagai inisiatif digitalisasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah, tetapi harus diikuti dengan pemanfaatan yang optimal dari Command Centre tersebut. Nyatanya, banyak Command Centre yang belum dimanfaatkan secara optimal, seperti misalnya hanya berfungsi sebagai monitor CCTV atau bahkan layar untuk video conference dan online meeting. Padahal fungsinya bisa lebih dari itu mengingat biaya investasinya yang tidak murah.



SKOTA by Lintasarta memberikan solusi untuk Command Centre, dari pembangunannya sampai pengoptimalan Command Centre itu sendiri sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dari sisi pengoptimalannya, SKOTA by Lintasarta akan memberikan solusi berupa platform Command Centre atau SKOTA Data by Lintasarta yang akan membuat Command Centre menjadi sangat bernilai sesuai definisinya untuk pengambilan keputusan berdasarkan pengumpulan (feeding dan supply) data yang dibutuhkan.



Baca jugaSolusi Super App Untuk Pengelolaan Daerah



Platform Command Centre akan berbasis pada integrasi data dari berbagai sumber yang akan diolah dan ditampilkan sesuai kebutuhan secara real-time dan dapat berfungsi sebagai dashboard yang sangat dibutuhkan oleh seorang pengambil keputusan.



Fitur dari platform Command Centre atau SKOTA Data by Lintasarta di antara lainnya adalah Geospatial Analytics, Dashboard Visualization, Early Warning System, dan Predictive Analytics, di mana fitur-fitur tersebut akan menjadikan Command Centre menjadi optimal dan produktif.



Solusi SKOTA Data by Lintasarta tersebut tidak hanya diperuntukkan bagi Command Centre yang dimiliki oleh Pemerintah daerah saja, tetapi juga bisa diperuntukkan untuk institusi lain seperti enterprise bisnis atau korporasi yang menggunakan Command Centre sebagai pendukung operasionalnya.



Jangan ragu untuk menghubungi kami untuk bisa berdiskusi terkait kebutuhan Command Centre dan pengoptimalannya.