Solusi Super App Untuk Pengelolaan Daerah

Saat ini, kita sudah terbiasa menggunakan aplikasi dalam keseharian seperti membeli kebutuhan, transportasi, melakukan pembayaran, hiburan, hingga melakukan kewajiban pekerjaan kita sehari-hari. Apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, kita harus membatasi mobilitas untuk menghindari risiko tertular sehingga dalam bekerja pun kita harus melakukan secara online yang tentunya menggunakan aplikasi sebagai pendukungnya.



Layanan aplikasi yang sangat popular dan mempunyai awareness tinggi di masyarakat Indonesia saat ini adalah Gojek dan Grab. Hal yang membuat kedua perusahaan ini banyak diminati adalah karena mempunyai kemudahan dan fleksibilitas di dalam satu platform. Mereka pun mengklaim sebagai solusi layanan Super App karena mengakomodasi berbagai jenis layanan dalam satu platform aplikasi, di mana hal tersebut merupakan definisi umum dari Super App.



Baca juga: Seperti Apa Konsep Smart City untuk Ibu Kota Baru?



Sejalan dengan aturan pemerintah terkait Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang bertujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya, penggunaan solusi Super App akan sangat dimungkinkan. Sekaligus sebagai bentuk nyata digitalisasi di Pemerintahan Daerah.



Pemerintah daerah baik kota maupun kabupaten dapat membangun suatu Super App yang akan dipergunakan untuk meningkatkan layanan masyarakat dengan menyediakan satu aplikasi untuk berbagai solusi kebutuhan masyarakat seperti: layanan kependudukan dan catatan sipil; pembayaran tagihan seperti pajak daerah, BPJS, PPOB (Payment Pont Online Bank), PLN, dan pulsa operator; Laporan Masyarakat; informasi Point of interest (POI) di setiap daerah, dan solusi lain yang bisa dikembangkan sesuai kebutuhan setiap daerah.



Dengan adanya Super App ini, masyarakat akan sangat terbantu dalam menjalankan aktivitas kesehariannya dan Pemerintah Daerah juga akan lebih mudah dalam mengelola daerahnya karena data yang terintegrasi dari berbagai instansi dinas atau OPD dan data terbaru dari masyarakat sehingga akan memudahkan dalam pengambilan keputusan oleh Pemerintah Daerah.



Baca jugaApa Manfaat Smart City bagi Masyarakat dan Pemerintah?



Melihat fenomena tren dan pemanfaatan teknologi di dewasa ini, hemat saya bagi bagi para pejabat pemerintah untuk segera mengimplementasikan Super App demi kemajuan daerah dan kemudahan dalam pengelolaan serta meningkatkan kualitas dan taraf hidup masyarakat.



SKOTA by Lintasarta dengan senang hati membantu untuk mengimplementasikan Super App dan pengembangan solusi digital lainnya untuk kemajuan daerah yang Bapak / Ibu pimpin. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.